INSTRUCTIONAL DESIGN OF GERLACK & ELY MODEL IN THE APPLICATION OF PANCASILA MORAL VALUES IN CLASS XI AT SMAN 1 SUKODADI

  • Muhammad Rois Rohyan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Yayuk Chayatun Machsunah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
Keywords: Model Pembelajaran, Moral, Siswa

Abstract

Masa remaja merupakan masa paling bergejolak dalam diri manusia, sehingga banyak sekali perubahan dalam tingkah laku anak pada masa ini, penanaman nilai moral yang baik pada siswa sangat diperlukan untuk menjalani kehidupan baik di sekolah, rumah maupun di masyarakat. Artikel ini bertujuan memberikan sudut pandang baru dalam menyusun strategi pembelajaran di sekolah guna membantu memperbaiki dan meningkatkan akhlak pada siswa, menggunakan model pembelajaran Gerlack & Ely dengan harapan mampu membantu siswa memahami nilai-nilai moral yang terkandung dalam pancasila dan mampu mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan model pembelajaran tersebut siswa akan diajak untuk bekerja sama dalam memecahkan permasalahan dalam pembelajaran sehingga suasana belajar tidak akan membosankan. Pada umumnya pembelajaran di sekolah sangat sering menggunakan sistem komunikasi satu arah, yaitu guru menerangkan dan siswa hanya mendengarkan, hal ini akan terasa sangat membosankan dan memberi efek malas pada siswa. Penerapan model pembelajaran Gerlack & Ely dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam melaksanakan proses belajar sehingga materi yang diajarkan dapat lebih mudah dipahami dan nantinya akan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

References

Annisa Nidaur Rohmah. (2017). Belajar dan Pembelajaran (Pendidikan Dasar). Jurnal Cendekia: Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 09, 193–210.

Anwar, S., & Salim, A. (2019). Pendidikan Islam dalam Membangun Karakter Bangsa di Era Milenial. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2). https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i2.3628

Ari Sudana, I. P., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1). https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10128

Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 919–927. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.472

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 67–75. https://doi.org/10.21009/pip.321.8

Erviana, V. Y. (2021). Penanganan Dekadensi Moral melalui Penerapan Karakter Cinta Damai dan Nasionalisme. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.27149

Fikri, A. (2019). Pengaruh Globalisasi dan Era Disrupsi terhadap Pendidikan dan Nilai-Nilai Keislaman. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 117–136. https://doi.org/10.32533/03106.2019

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334–341. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.58

Hadist Awalia Fauzia. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 07.

Kristin, F., & Rahayu, D. (2016). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS 4 SD. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1). https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p84-92

Kurniawan, A., Daeli, S. I., Asbari, M., & Santoso, G. (2023). Krisis Moral Remaja di Era Digital. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 01(02).

Lase, A., & Ndruru, F. I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 35–44. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.6

Listari, L. (2021). DEKADENSI MORAL REMAJA (UPAYA PEMBINAAN MORAL OLEH KELUARGA DAN SEKOLAH). Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 12(1). https://doi.org/10.26418/j-psh.v12i1.46320

Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2). https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849

Nelawati, Andrizal, & Mailani, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Gerlach Dan Ely Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Pai Di Sd Negeri 020 Langsat Hulu Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. Jom Ftk Uniks, 1.

Nugrahaeni, A., Wayan Redhana, I., & Made Arya Kartawan, I. (2017). Pendidikan Kimia Indonesia 23 Amallia Nugrahaeni, I Wayan Redhana, I Made Arya Kartawan. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia. In Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia (Vol. 1, Issue 1).

Nurgiansah, T. H. (2022). Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310–7316. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3481

Taopan, Y. F., Oedjoe, M. R., & Sogen, A. N. (2019). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Perilaku Moral Remaja di SMA Negeri 3 Kota Kupang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(1). https://doi.org/10.33394/jk.v5i1.1395

Wahyu Bagja Sulfemi. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learningmeningkatkan Motivasidan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 05.

Yusnita, I., Maskur, R., & Suherman, S. (2016). Modifikasi Model Pembelajaran Gerlach dan Ely Melalui Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.29

Zebua, E., & Harefa, A. T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 251–262. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.35

Published
2024-12-10
Section
Articles