PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS VII DI MTs MIFTAHUL HIDAYAH GAYAM LOR BONDOWOSO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Febri Firmansyah STKIP PGRI Situbondo, Indonesia
  • Dassucik Dassucik STKIP PGRI Situbondo, Indonesia
  • Tri Astindari STKIP PGRI Situbondo, Indonesia
Keywords: Peran Guru, Kemampuan Literasi

Abstract

Guru sebagai stack holder memiliki peran penuh dan tanggung jawab keberlangsungan gerakan literasi sekolah. Dalam hal ini guru melalakukan berbagai upaya untuk menjaga program gerakan literasi sekolah. Terdapat bebarapa upaya yang bisa dilakukan oleh guru untuk mengembangkan dan melestarikan gerakan literasi sekolah, yaitu melalui perencanaan gerakan literasi sekolah dan proses gerakan literasi sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui kemampuan literasi siswa dalam perencanaan pembelajaran kelas VII di MTs Miftahul Hidayah Gayam Lor Bondowoso semester genap tahun pelajaran 2021/2022. (2) Mengetahui peran guru dalam menumbuhkan literasi siswa dalam proses pembelajaran kelas VII di MTs Miftahul Hidayah Gayam Lor Bondowoso semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu menganalisis data deskriptif  dengan cara memaparkan mendeskripsikan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan. Penelitian ini menggunakan prosedur pengumpulan data adalah observasi, wawancara dandokumentasi. Informan yang digunakan adalah kepala sekolah, wali kelas, dan siswa kelas VII. Hasil penelitian yang diperoleh dalam gerakan literasi adalah peran guru di MTs Miftahul Hidayah Gayam Lor dilakukan melalui perencanaan dan proses yang kemudian diimplementasikan dalam tahapan pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasyim, M. (2014). Penerapan Fungsi Guru Dalam Proses Pembelajaran. Auladuna, 1(2), 265–276.

Jariah, S., & Marjani. (2019). Peran Guru dalam Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 846–856. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2643

Lisdayanti, S., & Yudha, R. K. (2020). Penerapan kegiatan siswa membaca 15 menit sebelum pembelajaran di smp pancasila bengkulu. 70–76.

Lubis, E., Lisdayanti, S., & Yudha, R. K. (2018). Menumbuhkan Dan Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SMP Serunting 2 Kota Bengkulu Melalui Gerakan Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Kegiatan Belajar.

Miftah, M. (2013). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(2), 95–105.

Saat, S. (2015). Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna dan Kedudukannya dalam Pendidikan). Jurnal Ta’dib, 8(2), 1–17.

Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/938

Sai, N., Afisa, Z. R., & Setiawaty, R. (2022). Kultur Literasi Numerasi Sekolah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Luwang 01. Seminar Nasional LPPM UMMAT, 1, 4–8.

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Kemendikbudristek, (2021). Gerakan Literasi Nasional (GLN)

Syaefuddin, Udin, Mustafa, Bacruddin, 2021. Model Pembelajaran Membaca Terpadu Berbasis Sastra Anak untuk Meningkatkan Minat dan Kemampun Membaca Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah, Pekalongan : PT Nasya

Suryabrata, Sumadi, 2008. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono, (2013). Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung : Alfabeta

Susanti, E., & Syam, S. S. (2017). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Indonesia. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, November 2017, 1–6. https://www.researchgate.net/publication/328813314_Peran_Guru_dalam_Meningkatkan_Kemampuan_Literasi_Matematika_Siswa_Indonesia

Susanto, H. (2016). Membangun Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menghadapi Era MEA. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(1), 12. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i1.70

Teknologi, A., Sekolah, A., Smp, D. I., & Kota, N. (2017). Pengabdian Masyarakat Dengan Program Literasi ,. 51–56.

Published
2023-02-03
How to Cite
Firmansyah, F., Dassucik, D., & Astindari, T. (2023). PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS VII DI MTs MIFTAHUL HIDAYAH GAYAM LOR BONDOWOSO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(2), 381-391. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.583
Section
Articles