PENERAPAN PENDEKATANSAINTIFIK MODEL NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJARSISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 KENDIT TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Arif Sholihin
Keywords: Pendekatan Saintifik Model NHT (Numbered Head Together), Aktivitas dan hasilbelajar siswa.

Abstract

Salah satu alternative untuk mengatasi masalah yang ada berupa penerapan model pembelajaran yang lebih mengutamakan keaktifan peserta didik
dan memberi kesempatan peserta didik untuk mengembangkan potensinya secara maksimal. Pembelajaran pendekatan saintifik model NHT merupakan salah satu model pembelajaran cooperative yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik. Tujuan penelitian ini untukmengetahuipeningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan
pendekatan saintifik model Numbered Heads Together padamata pelajaran IPS kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Kendit Tahun Pelajaran 2018/2019.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan tindakan kelas. Rancangan penelitian tindakan kelas (classroom Action Research). Penelian
ini akan dilakukan dengan dua siklus.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-24
How to Cite
Sholihin, A. (2020). PENERAPAN PENDEKATANSAINTIFIK MODEL NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJARSISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 KENDIT TAHUN PELAJARAN 2018/2019. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 6(2), 25-38. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v6i2.34
Section
Articles