PENGARUH MEDIA SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X

  • Lova Aulia Savina Refonita STKIP PGRI SITUBONDO
  • Dyan yuliana STKIP PGRI SITUBONDO
  • Firman jaya STKIP PGRI SITUBONDO
Keywords: Sparkol Videoscribe, Motivasi Belajar, Penelitian kuantitatif

Abstract

Abstrak : Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat siswa lebih suka belajar dengan sesuatu yang baru, mudah dan menarik seperti melihat  gambar, video atau animasi pada tv, computer maupun gadget. Media pembelajaran menjadi factor yang sangat penting di dalam menunjang keberhasilan suatu proses belajar dan mengajar. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru di SMK Nurul Huda Kapongan, diperoleh informasi bahwa guru sering menggunakan media dalam proses pembelajaran sehingga dapat membantu siswa yang kurang memahami materi saat proses belajar. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan video sebagai media pembelajaran untuk menciptakan suasana kegembiraan peserta didik dalam belajar yang pada akhirnya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan dalam pembelajaran adalah Sparkol videoscribe.dan hal itu dibuktikan oleh hasil uji hipotesis dari setiap variabel yang menghasikan adanya pengaruh antar variabel X dan variabel Y. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi (rhitung) sebesar 0,729 sedangkan rtabel  dengan taraf signifikansi 5%  pada N = 29 sebesar 0,367 yang berarti rhitung > rtabel sehingga dapat dikatakan ada pengaruh kuat terhadap media Sparkol Videoscribe  terhadap motivasi belajar siswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-19
How to Cite
Refonita, L., yuliana, D., & jaya, F. (2021). PENGARUH MEDIA SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X. EDUSAINTEK: JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI, 8(2), 161-171. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v8i2.224
Section
Articles