PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN IPS KELAS VIII SEMESTER GENAP DI SMP NEGRI 3 PANJI KABUPATEN SITUBONDO

  • Firman Jaya STKIP PGRI Situbondo
Kata Kunci: Lingkungan belajar, Hasil belajar

Abstrak

Hasil belajar siswa adalah hasil penilaian dari kegiatan belajar yang telah dilakukan dan merupakan bantuk perumusan akhir yang diberi oleh guru untuk melihat sampai dimana kemampuan siswa yang dinyatakan dalam bentuk simbu, angka, huruf maupun kalimat yang dapat mencerminkan  hasil yang sudah dicapai. Lingkungan ialah meliputi semua kondisi-kondisi dalam dunia ini yang dalam cara-cara tertentu mempengaruhi tingkah laku, pertumbuhan, perkambangan atau lifeprocesses kecualai gen-gen dan bahkan gen-gen dapat pula dipandang sebagai menyiapkan lingkunganbagi gen lain. Lingkungan belajar merupakan faktor penentu keberhasilan siswa untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan. Objek penelitian siswa kelas VIII sebanyak 100 orang.Setelah menganalisah data dan penguji hipotesis, dapat dinilai tingkat koefisien korelasi antara hasil belajar (Y) dengan lingkungan (X1) dengan mengabaikan lingkungan sekolah (X2) dan lingkungan masyarakat (X3) sebesar 0,3044. Sementara nilai tingkat koefisien korelasi antara hasil belajar (Y) dengan lingkungan sekolah (X2) dengan mengabaikan lingkingan keluarga (X1) dan lingkungan masyarakat (X3) sebesar 0,2788, sedangkan nilai tingkat koefisien korekasi antara hasil belajar (Y) dengan lingkungan masyarakat (X3) dengan mengbaikan lingkungan keluarga (X1) dan lingkungan sekolah (X2) sebesar 0,4228. Serta nilai tingkat koefisien korelasi antara ketinga variabel bebas secara serempak dengan kriteriumnya Ry(1,2,3) sebagai 0,604. Selanjutnyamembuktikan hipotesis kerja mayor dengan menggunakan uji F, hipotesis kerja mayor akan terbukti apabila F-hitung lebih besar dari F-tabel dengan taraf singnifikan 5%. Besar F-hitung adalah 18,373 sedangkan F-tabel adalah 2,6994 pada N = 100, berarti F-hitung lebih besar dari F-tabel segingga dikatan ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII semester genap di SMP Negeri 3 Panji.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Anni. 2006. Psikologi belajar. Semarang: UNNES
Arikunto, 2006. Prosedur penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Daryanto, 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Depdiknas, 2004. Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran IPS SMP dan MTs. Jakarta: Depdiknas
Indarto, 2012. Stretegi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Mudjino, 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Oemar Hamalik, 2001. Belajar Dan Faktor-faktorYang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Rustaman. 2013. Balajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Soejino. 2013. Belajar dan Pembelajaran Jakarta. Rineka Cipta
Soekarto, 2007. Science Education Research Tanya Jawab Seputar Penelitian Pendidikan Sains. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Diterbitkan
2021-07-26
Bagian
Articles