PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN IPS KELAS VIII SEMESTER GENAP DI SMP NEGRI 3 PANJI KABUPATEN SITUBONDO
Abstrak
Hasil belajar siswa adalah hasil penilaian dari kegiatan belajar yang telah dilakukan dan merupakan bantuk perumusan akhir yang diberi oleh guru untuk melihat sampai dimana kemampuan siswa yang dinyatakan dalam bentuk simbu, angka, huruf maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah dicapai. Lingkungan ialah meliputi semua kondisi-kondisi dalam dunia ini yang dalam cara-cara tertentu mempengaruhi tingkah laku, pertumbuhan, perkambangan atau lifeprocesses kecualai gen-gen dan bahkan gen-gen dapat pula dipandang sebagai menyiapkan lingkunganbagi gen lain. Lingkungan belajar merupakan faktor penentu keberhasilan siswa untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan. Objek penelitian siswa kelas VIII sebanyak 100 orang.Setelah menganalisah data dan penguji hipotesis, dapat dinilai tingkat koefisien korelasi antara hasil belajar (Y) dengan lingkungan (X1) dengan mengabaikan lingkungan sekolah (X2) dan lingkungan masyarakat (X3) sebesar 0,3044. Sementara nilai tingkat koefisien korelasi antara hasil belajar (Y) dengan lingkungan sekolah (X2) dengan mengabaikan lingkingan keluarga (X1) dan lingkungan masyarakat (X3) sebesar 0,2788, sedangkan nilai tingkat koefisien korekasi antara hasil belajar (Y) dengan lingkungan masyarakat (X3) dengan mengbaikan lingkungan keluarga (X1) dan lingkungan sekolah (X2) sebesar 0,4228. Serta nilai tingkat koefisien korelasi antara ketinga variabel bebas secara serempak dengan kriteriumnya Ry(1,2,3) sebagai 0,604. Selanjutnyamembuktikan hipotesis kerja mayor dengan menggunakan uji F, hipotesis kerja mayor akan terbukti apabila F-hitung lebih besar dari F-tabel dengan taraf singnifikan 5%. Besar F-hitung adalah 18,373 sedangkan F-tabel adalah 2,6994 pada N = 100, berarti F-hitung lebih besar dari F-tabel segingga dikatan ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII semester genap di SMP Negeri 3 Panji.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Arikunto, 2006. Prosedur penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Daryanto, 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Depdiknas, 2004. Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran IPS SMP dan MTs. Jakarta: Depdiknas
Indarto, 2012. Stretegi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Mudjino, 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Oemar Hamalik, 2001. Belajar Dan Faktor-faktorYang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Rustaman. 2013. Balajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Soejino. 2013. Belajar dan Pembelajaran Jakarta. Rineka Cipta
Soekarto, 2007. Science Education Research Tanya Jawab Seputar Penelitian Pendidikan Sains. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.