ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PERUBAHAN KURIKULUM PADA PEMBELAJARAN IPA DI UPTD SMP NEGERI 1 GUNUNGSITOLI UTARA
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa mengalami kesulitan belajar dalam memahami materi pelajaran IPA yang telah berbeda dari kurikulum sebelumnya, sebab materi yang diajarkan dalam Kurikulum Merdeka memiliki pendekatan yang berbeda, sehingga siswa membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami siswa dalam perubahan kurikulum pada pembelajaran IPA di UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Utara, (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dalam perubahan kurikulum pada pembelajaran IPA di UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IX pada Tahun Pelajaran 2024/2025 dengan jumlahnya sebanyak 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan, yaitu: (1) Lembar observasi pembelajaran, (2) Lembar angket kesulitan belajar, (3) Lembar panduan wawancara. Hasil penelitian: (1) Kesulitan belajar yang dialami siswa yaitu siswa masih kurang mampu memahami konsep materi pelajaran yang disajikan, siswa masih sulit untuk menyesuaikan gaya belajarnya, siswa masih kurang termotivasi belajar akibat keterbatasan sumber dan bahan ajar. (2) Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dalam perubahan kurikulum yaitu faktor kurangnya konsentrasi siswa dalam memperhatikan materi pelajaran yang diajarkan oleh guru, rendahnya motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran dikelas, keterbatasan sumber dan bahan pelajaran, metode pembelajaran yang diterapkan masih kurang bervariasi, serta minimnya ketersediaan media pembelajaran.
Downloads
References
Amalia, F., & Asyari, L. (2023). Analisis Perubahan Kurikulum di Indonesia & Pengembangan Pendekatan Understanding By Design. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 65–72. https://doi.org/10.31980/caxra.v3i1.2590
Anis Aprianti, & Siti Tiara Maulia. (2023). Kebijakan Pendidikan : Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan Bagi Guru Dan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(1), 181–190. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i1.1507
Erin Aprillia, Cut Nurhayati, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Perubahan Kurikulum Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(4), 402–407. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i4.78
Fatah, Moh., Suud, F. M., & Chaer, Moh. T. (2021). Jenis-Jenis Kesulitan Belajar Dan Faktor Penyebabnya Sebuah Kajian Komperehensif Pada Siswa Smk Muhammadiyah Tegal. Psycho Idea, 19(1), 89. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v19i1.6026
Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed method dan Research and Development. Madani Media.
Gumilar, G., Rosid, D. P. S., Sumardjoko, B., & Ghufron, A. (2023). Urgensi Penggantian Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 148–155. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4528
Hartoyo, A., Melati, R., & Martono, M. (2023). Dampak Perubahan Kurikulum Merdeka Dan Kesiapan Tenaga Pendidik Terhadap Penyesuaian Pembelajaran Di Sekolah. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 412–428. https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i2.2773
Husna, N. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Materi Gerak Lurus Kelas VIII SMP Negeri 2 Indrajaya. UIN Ar-raniry Banda Aceh.
Imelda Pratiwi, E., Putri Ismanti, S., Fitriya Zulfa, R., Jannah, K., & Fauzi, I. (2023). Impresi Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Pembelajaran SD/MI. AL-IBANAH, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.54801/ibanah.v8i1.146
Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis kurikulum merdeka dalam mengatasi learning loss di masa pandemi Covid-19 (analisis studi kasus kebijakan pendidikan). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161.
Kemendikbud. (2023). Surat Keputusan Nomor 022 Tahun 2023 tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka.
Marissa, N. (2022). Pengaruh Sikap Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 32–45. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52947/meretas.v9i1.276
Muderawan, I. W., Wiratma, I. G. L., & Nabila, M. Z. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 17. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i1.20944
Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Pratycia, A., Putra, A. D., Salsabila, A. G. M., Adha, F. I., & Fuadin, A. (2023). Analisis perbedaan kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 58–64.
Priliyanti, A., Muderawan, I. W., & Maryam, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mempelajari Kimia Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 11–18. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.32402
Purwanto, N. (2019). Variabel Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 6115, 196–215. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.554
Rahman, A. R. A., & Hadi, H. (2024). Kegiatan Ekstrakurikuler Drum Band di SMA N 1 Batusangkar. EDUMUSIKA, 2(4), 248–257.
Rohimajaya, N. A., Hartono, R., Yuliasri, I., & Fitriati, S. W. (2022). Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka dalam Perkembangan Bahasa Inggris untuk SMA di Era Digital: Sebuah Analisis Konten. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, ISSN 26866(http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes), 825–829.
Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis perubahan kurikulum ditinjau dari kurikulum sebagai suatu ide. Jurnal Education and Development, 10(3), 694–700.
Setiawati, F. (2022). Dampak kebijakan perubahan kurikulum terhadap pembelajaran di sekolah. NIẒĀMULILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.1042/nizamulilmi.v7i1.124
Siang, J. L., Sukardjo, M., Salenussa, B. J., Sudrajat, Y., & Khasanah, U. (2020). Pengaruh model pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar IPA siswa SMP. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 40–52.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Urip, S. (2023). Metode Penelitian Kualitatif . PT Salim Media Indonesia.
Yani, R. (2019). Efektivitas Penerapan Desain Pembelajaran IPA Tipe Webbed Pada Kurikulum 2013 Revisi Untuk Siswa SMP Kelas VII. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 4(1), 173–177.
Yunus, V., Zakso, A., Priyadi, A. T., & Hartoyo, A. (2023). Pendidikan Inklusif Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 313–327. https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i2.2270
Copyright (c) 2025 Ismi Andani Maruhawa; Hardikupatu Gulo, Novelina Andriani Zega, Desman Telaumbanua

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.