MEMBANGUN IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP KEHIDUPAN UNTUK MEMBENTUK BUDI PEKERTI PADA ANAK

  • Defany Dwi Rahmadhani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraeni Dewi
Keywords: Kata Kunci: Implementasi, makna Pancasila, nilai-nilai Pancasila

Abstract

Abstrak: Pancasila adalah sebuah ideologi bangsa Indonesia sebagai pedoman dalam bermasyarakat. Nilai-nilai dalam Pancasila pun memiliki makna dapat membentuk generasi bangsa yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari untuk membentuk budi pekerti yang baik pada anak bangsa. Penelitian ini dilakukan dengan literatur, dengan mengumpulkan dari berbagai jurnal, tesis, yang berhubungan dengan pembahasan yang di angkat. Selanjutnya, dari sumber-sumber yang telah didapat mengenai pengimplementasian nilai-nilai Pancasila. Maka, dari penelitian ini diharapkan dapat membangun pengimplementasian kepada nilai-nilai Pancasila kepada bangsa Indonesia.

Kata Kunci: Implementasi, makna Pancasila, nilai-nilai Pancasila

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariska, P. A. (2018). Peran Guru Sebagai Pembimbing Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pakel Tulungagung Tahun Ajaran 2016-2017. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(1).

Chairiyah. (2014). Revitalisasi Niali-Nilai Pancasila Sebagai Pendidikan Karakter. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. Vol. 1, No. 1.

Damanhuri, D., Bahrudin, F. A., Legiani, W. H., & Rahman, I. N. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Untirta Civic Education Journal, 1(2).

Khab, J. (2013). Melacak Budi Pekerti Pada Pancasila. Tersedia Online di: https://www.kompasiana.com/junaidi_khab/5a04304eed967e5aee12c483/melacak-budipekerti-dalam-pancasila?page=all#sectionall.

Krisnamukti, B. P., Dhamayanti, K. G. H., Maharani, Y., & Putri, S. A. (2020). Implementasi Nilai Pancasila dalam Kehidupan Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya di Malang. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(1), 66-72.

Muzayin. 1992. Ideologi Pancasila (Bimbingan ke Arah Penghayatan dan Pengamalan bagi Remaja). Jakarta: Golden Terayon Press.

Nany, S., & Ch, Y. (2009). Menanamkan Nilai Pancasila pada Anak Sejak Usia Dini. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 9(1), 18127.

Octavia, E., & Rube’i, M. A. (2017). Penguatan pendidikan karakter berbasis pancasila untuk membentuk mahasiswa prodi ppkn menjadi warga negara yang baik dan cerdas. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(1), 111-124.

Octavian, W. A. (2018). Urgensi Memahami dan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari Sebagai Sebuah Bangsa. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 5(2), 125.

Rachmah, H. (2016). Nilai-nilai dalam pendidikan karakter bangsa yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. E-Journal WIDYA Non-Eksakta, 1(1), 7-14.

Santosa, A. D. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membangun Kemandirian dan Disiplin Siswa di MTsN Kanigoro Kras Kab. Kediri. Didaktika Religia, 2(1).

Siska, P. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas V Sdn 03 Negeri Batin Kec Blambangan Umpu, Kab Way Kanan. Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung.

Sutiyono, S. (2013). Penerapan Pendidikan Budi Pekerti Sebagai Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah: Sebuah Fenomena Dan Realitas. Jurnal Pendidikan Karakter, (3).

Wahyuni, S. (2009). Implementasi Pendidikan Budi Pekerti yang Diintegrasikan ke dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Margoyoso Pati. Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang.

Published
2021-12-21
How to Cite
Rahmadhani, D., & Dewi, D. (2021). MEMBANGUN IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP KEHIDUPAN UNTUK MEMBENTUK BUDI PEKERTI PADA ANAK. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 8(2), 234-242. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v8i2.123
Section
Articles