MEMBANGUN IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP KEHIDUPAN UNTUK MEMBENTUK BUDI PEKERTI PADA ANAK
Abstract
Abstrak: Pancasila adalah sebuah ideologi bangsa Indonesia sebagai pedoman dalam bermasyarakat. Nilai-nilai dalam Pancasila pun memiliki makna dapat membentuk generasi bangsa yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari untuk membentuk budi pekerti yang baik pada anak bangsa. Penelitian ini dilakukan dengan literatur, dengan mengumpulkan dari berbagai jurnal, tesis, yang berhubungan dengan pembahasan yang di angkat. Selanjutnya, dari sumber-sumber yang telah didapat mengenai pengimplementasian nilai-nilai Pancasila. Maka, dari penelitian ini diharapkan dapat membangun pengimplementasian kepada nilai-nilai Pancasila kepada bangsa Indonesia.
Kata Kunci: Implementasi, makna Pancasila, nilai-nilai Pancasila
Downloads
References
Ariska, P. A. (2018). Peran Guru Sebagai Pembimbing Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pakel Tulungagung Tahun Ajaran 2016-2017. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(1).
Chairiyah. (2014). Revitalisasi Niali-Nilai Pancasila Sebagai Pendidikan Karakter. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. Vol. 1, No. 1.
Damanhuri, D., Bahrudin, F. A., Legiani, W. H., & Rahman, I. N. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Untirta Civic Education Journal, 1(2).
Khab, J. (2013). Melacak Budi Pekerti Pada Pancasila. Tersedia Online di: https://www.kompasiana.com/junaidi_khab/5a04304eed967e5aee12c483/melacak-budipekerti-dalam-pancasila?page=all#sectionall.
Krisnamukti, B. P., Dhamayanti, K. G. H., Maharani, Y., & Putri, S. A. (2020). Implementasi Nilai Pancasila dalam Kehidupan Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya di Malang. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(1), 66-72.
Muzayin. 1992. Ideologi Pancasila (Bimbingan ke Arah Penghayatan dan Pengamalan bagi Remaja). Jakarta: Golden Terayon Press.
Nany, S., & Ch, Y. (2009). Menanamkan Nilai Pancasila pada Anak Sejak Usia Dini. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 9(1), 18127.
Octavia, E., & Rube’i, M. A. (2017). Penguatan pendidikan karakter berbasis pancasila untuk membentuk mahasiswa prodi ppkn menjadi warga negara yang baik dan cerdas. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(1), 111-124.
Octavian, W. A. (2018). Urgensi Memahami dan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari Sebagai Sebuah Bangsa. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 5(2), 125.
Rachmah, H. (2016). Nilai-nilai dalam pendidikan karakter bangsa yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. E-Journal WIDYA Non-Eksakta, 1(1), 7-14.
Santosa, A. D. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membangun Kemandirian dan Disiplin Siswa di MTsN Kanigoro Kras Kab. Kediri. Didaktika Religia, 2(1).
Siska, P. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas V Sdn 03 Negeri Batin Kec Blambangan Umpu, Kab Way Kanan. Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung.
Sutiyono, S. (2013). Penerapan Pendidikan Budi Pekerti Sebagai Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah: Sebuah Fenomena Dan Realitas. Jurnal Pendidikan Karakter, (3).
Wahyuni, S. (2009). Implementasi Pendidikan Budi Pekerti yang Diintegrasikan ke dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Margoyoso Pati. Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang.
Copyright (c) 2021 Defany Dwi Rahmadhani, Dinie Anggraeni Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.