MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI DESCRIPTIVE TEXT DI KELAS 5 SD NEGERI 122377 PEMATANGSIANTAR

Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematang Siantar, Indonesia.

  • Reni Rumanti Silaen Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Ikke Seventiana Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Carolina Fransiska Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Dony Wira Simbolon Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Marusaha Sianturi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Sahat Maruli Lumban Tobing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Herman Herman Pendidikan, Pengajaran, Linguistik, Linguistik Terapan Bahasa Inggris Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-6818-5142
  • Binsar Tison Gultom Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Benjamin Albert Simamora Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
Keywords: English; Vocabulary; Descriptive Text; Improvement.

Abstract

Observasi ini bertujuan untuk meningkatkan kosakata Bahasa Inggris peserta didik kelas V di SD Negeri 122377 Pematangsiantar melalui penerapan metode deskriptif. Metode deskriptif digunakan dalam pengumpulan data dengan melibatkan observasi, diskusi, dan penilaian terhadap kemampuan kosakata siswa sebelum dan setelah intervensi berupa pengajaran menggunakan Description Text. Observasi dilaksanakan dengan peserta didik kelas V sebagai subjek penelitian. Tim menggunakan pendekatan yang mengutamakan pemahaman konten teks dan diskusi interaktif. Setelah periode intervensi, dilakukan evaluasi kemampuan kosakata siswa melalui tes. Hasil observasi menunjukkan bahwa metode deskriptif efektif dalam meningkatkan kosakata Bahasa Inggris siswa kelas V. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode deskriptif dengan pendekatan berbasis teks dapat menjadi alternatif yang efektif dalam mengajar dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa di tingkat dasar.

References

Napitupulu, A. T., Simanjuntak, G. W., Silaban, L. P., Tampubolon, S. E., Sinaga, S. M., Br Simanjuntak, T. L., Herman, H., Munthe, M. V. R., Sitanggang, A., & Naibaho, W. (2023). Penggunaan Gambar Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Pada Peserta Didik Kelas V SD N 091288 Sibaganding. Beru’-beru’: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.31605/jipm.v2i1.2749 Purnomo, F. (2000). Kamus Lengkap = Inggris-Indonesia: Indonesia-Inggris. Surabaya: CV. Karya Abditama.

Siagian, C. B., Silaban, G. C., Marbun, E. M. Y., Purba, I. M., Panjaitan, A., Sirait, E. U. M., Purba, I. P., Herman, H., Sinurat, B., & Sibarani, I. S. (2023). Penggunaan “Fun With English” Dengan Metode Game Based Learning Untuk Melatih Kemampuan Kosakata Di Smp Negeri 3 Pematangsiantar. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 1(2), 75–84. Retrieved from https://publikasi.abidan.org/index.php/pmsdu/article/view/54 Sinaga, R. S., Sinaga, A. P., Br Simanungkalit, H. R., Sihombing, C. R., Gultom, Y. W., Gultom, Y. V. L., Herman, H., Siagian, A. F., Siagian, G., & Sianturi, R. (2023). Meningkatkan Keterampilan Mendengarkan & Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas XI IPA SMAS Umum Sentosa Melalui Aplikasi Instagram. Beru’-beru’: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 9-15. https://doi.org/10.31605/jipm.v2i1.2748 Simatupang, G. E., Sinambela, R., Manurung, A. O. P., Anggraini, D. F., Purba, T. M., Herman, H., Saragih, S. T., Hasibuan, R., & Siahaan, S. H. (2023). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Lagu Bahasa Inggris di Kelas 4 SD Swasta GKPS 2 Pematang Siantar. Beru’-beru’: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 16-25. https://doi.org/10.31605/jipm.v2i1.2745 Talitha, T. (2022). Pengertian Descriptive text & Contoh Descriptive text. Retrieved from: https://www.gramedia.com/literasi/descriptive-text/#google_vignette Tarigan, C. P. R. B., Saragi, S., Purba, J. M., Panggabean, M. V., Antika, R., Br Butar- Butar, P. C. I., Herman, H., Nababan, I. A., Butarbutar, I. P., & Simangunsong, R. (2023). Sosialisasi Penggunaan Metode Integrated Skills untuk Pembelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri 122350 Pematangsiantar. Benua Etam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23–37. Retrieved from https://ta.pbi.umkt.ac.id/index.php/etam/article/view/89 Visitpare.com. (2022). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris yang mudah dan efektif. Retrieved from: https://visitpare.com/pojok-bahasa/metode-pembelajaran- bahasa-inggris/.

Published
2023-08-18
How to Cite
Silaen, R., Seventiana, I., Purba, C., Simbolon, D., Sianturi, M., Tobing, S., Herman, H., Gultom, B., & Simamora, B. (2023). MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI DESCRIPTIVE TEXT DI KELAS 5 SD NEGERI 122377 PEMATANGSIANTAR. Journal of Community Empowerment and Innovation, 2(3), 94-105. https://doi.org/10.47668/join.v2i3.977
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)