MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI DESCRIPTIVE TEXT DI KELAS 5 SD NEGERI 122377 PEMATANGSIANTAR
Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematang Siantar, Indonesia.
Abstract
Observasi ini bertujuan untuk meningkatkan kosakata Bahasa Inggris peserta didik kelas V di SD Negeri 122377 Pematangsiantar melalui penerapan metode deskriptif. Metode deskriptif digunakan dalam pengumpulan data dengan melibatkan observasi, diskusi, dan penilaian terhadap kemampuan kosakata siswa sebelum dan setelah intervensi berupa pengajaran menggunakan Description Text. Observasi dilaksanakan dengan peserta didik kelas V sebagai subjek penelitian. Tim menggunakan pendekatan yang mengutamakan pemahaman konten teks dan diskusi interaktif. Setelah periode intervensi, dilakukan evaluasi kemampuan kosakata siswa melalui tes. Hasil observasi menunjukkan bahwa metode deskriptif efektif dalam meningkatkan kosakata Bahasa Inggris siswa kelas V. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode deskriptif dengan pendekatan berbasis teks dapat menjadi alternatif yang efektif dalam mengajar dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa di tingkat dasar.
References
Napitupulu, A. T., Simanjuntak, G. W., Silaban, L. P., Tampubolon, S. E., Sinaga, S. M., Br Simanjuntak, T. L., Herman, H., Munthe, M. V. R., Sitanggang, A., & Naibaho, W. (2023). Penggunaan Gambar Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Pada Peserta Didik Kelas V SD N 091288 Sibaganding. Beru’-beru’: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.31605/jipm.v2i1.2749 Purnomo, F. (2000). Kamus Lengkap = Inggris-Indonesia: Indonesia-Inggris. Surabaya: CV. Karya Abditama.
Siagian, C. B., Silaban, G. C., Marbun, E. M. Y., Purba, I. M., Panjaitan, A., Sirait, E. U. M., Purba, I. P., Herman, H., Sinurat, B., & Sibarani, I. S. (2023). Penggunaan “Fun With English” Dengan Metode Game Based Learning Untuk Melatih Kemampuan Kosakata Di Smp Negeri 3 Pematangsiantar. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 1(2), 75–84. Retrieved from https://publikasi.abidan.org/index.php/pmsdu/article/view/54 Sinaga, R. S., Sinaga, A. P., Br Simanungkalit, H. R., Sihombing, C. R., Gultom, Y. W., Gultom, Y. V. L., Herman, H., Siagian, A. F., Siagian, G., & Sianturi, R. (2023). Meningkatkan Keterampilan Mendengarkan & Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas XI IPA SMAS Umum Sentosa Melalui Aplikasi Instagram. Beru’-beru’: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 9-15. https://doi.org/10.31605/jipm.v2i1.2748 Simatupang, G. E., Sinambela, R., Manurung, A. O. P., Anggraini, D. F., Purba, T. M., Herman, H., Saragih, S. T., Hasibuan, R., & Siahaan, S. H. (2023). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Lagu Bahasa Inggris di Kelas 4 SD Swasta GKPS 2 Pematang Siantar. Beru’-beru’: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 16-25. https://doi.org/10.31605/jipm.v2i1.2745 Talitha, T. (2022). Pengertian Descriptive text & Contoh Descriptive text. Retrieved from: https://www.gramedia.com/literasi/descriptive-text/#google_vignette Tarigan, C. P. R. B., Saragi, S., Purba, J. M., Panggabean, M. V., Antika, R., Br Butar- Butar, P. C. I., Herman, H., Nababan, I. A., Butarbutar, I. P., & Simangunsong, R. (2023). Sosialisasi Penggunaan Metode Integrated Skills untuk Pembelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri 122350 Pematangsiantar. Benua Etam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23–37. Retrieved from https://ta.pbi.umkt.ac.id/index.php/etam/article/view/89 Visitpare.com. (2022). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris yang mudah dan efektif. Retrieved from: https://visitpare.com/pojok-bahasa/metode-pembelajaran- bahasa-inggris/.
Copyright (c) 2023 Reni Rumanti Silaen, Ikke Seventiana, Carolina Fransiska Purba, Dony Wira Simbolon, Marusaha Sianturi, Sahat Maruli Lumban Tobing, Herman Herman, Binsar Tison Gultom, Benjamin Albert Simamora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.