SOSIALISASI PROGRAM ENGLISH FUN UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA UNTUK SISWA SD SWASTA GKPS 2 PEMATANGSIANTAR

Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematang Siantar, Indonesia.

  • Damema Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Dwi Parsaulian Sitinjak Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Elsy Hariany Saragih Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Lilis Pramita Pangaribuan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Widya Dameria Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Theresya Tindaon Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Herman Herman Pendidikan, Pengajaran, Linguistik, Linguistik Terapan Bahasa Inggris Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-6818-5142
  • Lydia Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Ria Retno Dewi Sartika Manik Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
Keywords: English Fun; Speaking ability; Socialization.

Abstract

Kegiatan Sosialisasi English Fun Activities ini bertujuan untuk mengubah  suasana belajar bahasa inggris menjadi menyenangkan (fun) pada kelas Bahasa Inggris di sekolah dasar, khususnya untuk meningkatkan  kemampuan berbicara (speaking skills) siswa SD Swasta GKPS 2 Pematang Siantar . Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting untuk dikuasai oleh siswa,namun kebanyakan siswa menganggap bahwa mata pelajaran ini sangat sulit untuk dikuasai. Cara pengucapan yang berbeda dengan penulisannya, makna yang sulit untuk dihafal dan dipahami, dan tata bahasa yang sering dianggap rumit, membuat minat belajar siswa berkurang sehingga mereka merasa bosan dan malas untuk mempelajarinya. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini diperlukan strategi, khusus yaitu dengan membuat kegiatan Sosialisasi English fun activities. Kegiatan  ini diikuti oleh siswa kelas 4 SD Swasta GKPS Pematang Siantar. Untuk penyampaian pembelajaran Bahasa Inggris ini dilakukan dengan cara yang menyenangkan seperti permainan (games) berbahasa Inggris, Family Members, menyanyi dan menari. Kegiatan ini berjalan dengan lancar, siswa sangat bersemangat belajar dan berperan aktif selama kegiatan kelas  berlangsung. Program English fun activities ini membuktikan bahwa belajar Bahasa Inggris itu sangat mudah dan menyenangkan

References

Anisa, & Sya, M. F. . (2022). Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode English Is Fun di Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 1(3), 352–356. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.7819

Nurfitriani, M., Permana, R., Saleh, Y. P., Pratiwi, A. S., Hendrawan, B., and Nugraha, M. F. (2020). Program English Fun Activities untuk Mengembangkan Speaking Skills Siswa SDN Sukamulya. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 255–263. https://doi.org/10.35568/abdimas.v3i2.968

Siagian, C. B., Silaban, G. C., Marbun, E. M. Y., Purba, I. M., Panjaitan, A., Sirait, E. U. M., Purba, I. P., Herman, H., Sinurat, B., & Sibarani, I. S. (2023). Penggunaan “Fun With English” Dengan Metode Game Based Learning Untuk Melatih Kemampuan Kosakata Di Smp Negeri 3 Pematangsiantar. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 1(2), 75–84. Retrieved from https://publikasi.abidan.org/index.php/pmsdu/article/view/54

Sinaga, R. S., Sinaga, A. P., Br Simanungkalit, H. R., Sihombing, C. R., Gultom, Y. W., Gultom, Y. V. L., Herman, H., Siagian, A. F., Siagian, G., & Sianturi, R. (2023). Meningkatkan Keterampilan Mendengarkan & Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas XI IPA SMAS Umum Sentosa Melalui Aplikasi Instagram. Beru’-beru’: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 9-15. https://doi.org/10.31605/jipm.v2i1.2748

Simatupang, G. E., Sinambela, R., Manurung, A. O. P., Anggraini, D. F., Purba, T. M., Herman, H., Saragih, S. T., Hasibuan, R., & Siahaan, S. H. (2023). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Lagu Bahasa Inggris di Kelas 4 SD Swasta GKPS 2 Pematang Siantar. Beru’-beru’: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 16-25. https://doi.org/10.31605/jipm.v2i1.2745

Tarigan, C. P. R. B., Saragi, S., Purba, J. M., Panggabean, M. V., Antika, R., Br Butar-Butar, P. C. I., Herman, H., Nababan, I. A., Butarbutar, I. P., & Simangunsong, R. (2023). Sosialisasi Penggunaan Metode Integrated Skills untuk Pembelajaran Bahasa Inggris di SD Negeri 122350 Pematangsiantar. Benua Etam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23–37. Retrieved from https://ta.pbi.umkt.ac.id/index.php/etam/article/view/89

https://lirik.web.id/f/finger-family/lirik-lagu-finger-family/

https://www.britannica.com/dictionary/eb/3000-words/topic/family-members.

Published
2023-08-18
How to Cite
Simanjuntak, D., Sitinjak, D., Saragih, E., Pangaribuan, L., Sinaga, W., Tindaon, T., Herman, H., Purba, L., & Manik, R. (2023). SOSIALISASI PROGRAM ENGLISH FUN UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA UNTUK SISWA SD SWASTA GKPS 2 PEMATANGSIANTAR. Journal of Community Empowerment and Innovation, 2(3), 106-113. https://doi.org/10.47668/join.v2i3.976
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)