IMPLEMENTASI GAME EDUKASI ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI ANAK PMI DI SANGGAR BIMBINGAN KUBU GAJAH SELANGOR MALAYSIA

  • Muhaimin Iskandar STKIP PGRI Situbondo, Indonesia
  • Aditya Harun Arrosyid STKIP PGRI Situbondo
  • M Anton STKIP PGRI Situbondo
  • Siti Seituni STKIP PGRI Situbondo
Keywords: : ular tangga, literasi, numerasi, anak buruh migran

Abstract

Game edukasi ular tangga pada anak-anak buruh migran di Sanggar Bimbingan Kubu Gajah merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan literasi dan numerasi. Penerus bangsa buruh migran menghadapi tantangan dalam dunia pendidikan, yang berdampak pada perkembangan kemampuan literasi dan numerasi. Dalam kegiatan ini dibutuhkan metode pembelajaran berbasis permainan (game-based learning) digunakan sebagai pendekatan inovatif untuk mengatasi masalah tersebut. Implementasi game edukasi Ular Tangga dirancang khusus untuk meningkatkan keterampilan membaca, menulis, dan berhitung anak-anak usia sekolah dasar (6-14 tahun). Penelitian ini menggunakan metode partisipatori dalam berkolaborasi meningkatkan literasi dan numerasi. Hasil penelitian menghasilkan pembelajaran yang inovativ dan dapat memberikan wawasan tentang efektivitas penggunaan game edukasi dalam konteks pendidikan informal, serta memberikan rekomendasi bagi pengembangan program serupa untuk mendukung hak pendidikan anak-anak buruh migran. Luaran dari program ini meliputi game edukasi Ular Tangga yang diimplementasikan, peningkatan keterampilan literasi dan numerasi anak-anak buruh migran.

 

References

Alexander, K. L., Entwisle, D. R., & Olson, L. S. (2020). The long shadow: Family background, disadvantaged urban youth, and the transition to adulthood. Russell Sage Foundation.

Anderson, M. (2022). Immigrant children: Introduction to the special issue. The Future of Children, 32(1), 3–11.

Banerjee, A. V, & Duflo, E. (2022). Poor economics: A radical rethinking of the way to fight global poverty. PublicAffairs.

Barber, M. (2023). How to run a government: So that citizens benefit and taxpayers don’t go crazy. Viking.

(BPS), B. P. S. (2023). Data Pekerja Migran Indonesia. BPS.

Brynjolfsson, E., & McAfee, A. (2022). The second machine age: Work, progress, and prosperity in a time of brilliant technologies. W. W. Norton & Company.

Butterworth, B., & Laurillard, D. (2020). Dyscalculia: From Brain to Education (2nd ed.). Routledge.

Castells, M. (2020). The rise of the network society. Blackwell Publishers.

Coiro, J., Knobel, M., Lankshear, C., & Leu, D. J. (2021). Handbook of research on new literacies. Routledge.

Coleman, J. S. (2023). Social capital in the creation of human capital. American Journal of Sociology, 94, S95--S120.

Collier, P. (2024). The bottom billion: Why the poorest countries are failing and what can be done about it. Oxford University Press.

Comer, J. P. (2024). School power: A model for improving black student achievement. Teachers College Press.

Crush, J., & Frayne, B. (2021). The precarious state of food security in Southern African cities. Urban Forum, 22, 1–16.

Darling-Hammond, L., Hyler, M. E., & Gardner, M. (2020). Effective Teacher Professional Development. Learning Policy Institute.

Graham, A., Powell, M. A., Taylor, N. J., Anderson, D., & Fitzgerald, R. (2021). Listening to Children: The Importance of Inclusion in Research. Jessica Kingsley Publishers.

HAM), K. N. H. A. M. (Komnas. (2023). Laporan Tahunan Komnas HAM. Komnas HAM.

Hanushek, E. A., & Woessmann, L. (2023). The Knowledge Capital of Nations: Education and the Economics of Growth. MIT Press.

(ILO), I. L. O. (2020). Global estimates on child labour: Results and trends, 2012-2016. ILO.

Kellner, D., & Share, J. (2020). The critical media literacy movement: Origins, developments, and challenges. Television & New Media, 6(1), 3–30.

Sulistyanto, H., Djumadi, D., Narimo, S., Prayitno, H. J., Anif, S., Tahang, H., & others. (2023). Pemberdayaan Literasi-Numerasi Siswa Sanggar Kulim Kedah Dan Ar-Rahmah Penang Malaysia Dengan Media Digital. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i1.22611

UNESCO. (2022). Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives.

UNICEF. (2022). A Fair Chance for Every Child: UNICEF’s Strategic Plan, 2022-2025. UNICEF.

Wahab, A., Johari, H. I., Ismail, H., & Dwi, M. (2024). Pengabdian Masyarakat Internasional: Literasi Dan Numerasi Untuk Anak TKI Di Malaysia: Upaya Pengembangan Potensi Akademik Di Lingkungan Migran. 8(September), 2942–2948.

Published
2025-05-15
How to Cite
Iskandar, M., Arrosyid, A., Anton, M., & Seituni, S. (2025). IMPLEMENTASI GAME EDUKASI ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI ANAK PMI DI SANGGAR BIMBINGAN KUBU GAJAH SELANGOR MALAYSIA. Journal of Community Empowerment and Innovation, 4(2), 73-85. https://doi.org/10.47668/join.v4i2.1727
Section
Articles