PEMANFAATAN E-PERPUS DALAM MENDUKUNG LITERASI DIGITAL DAN MINAT BACA ANAK-ANAK DI SEKOLAH DASAR NEGERI KARANG WULUH 01 TEGAL

  • ria indah fitria universitas pancasakti tegal
  • Rizki Prasetyo Tulodo Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Nur Tulus Ujianto Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Ali Sofyan Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Hasbi Firmansyah Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
Keywords: Literasi Digital, E-Perpus, Minat Baca, Pendidikan

Abstract

Minat membaca yang kurang membuat Sekolah Dasar Negeri 07 Adiwerna banyak siswa siswinya yang masih belum lancar dalam membaca, oleh karena itu peneliti memanfaatan E-Perpus di Sekolah Dasar Negeri Karang Wuluh 01 Tegal, untuk membuat minat literasi di kalangan anak – anak meningkat. Didalam E-Perpus ini terdapat bacaan yang menarik contohnya buku bergambar yang di perlihatkan secara digital, membuat siswa siswi tidak jenuh dengan sistem baca yang tradisional dengan menggunakan buku. Pengabdian ini mengeksplorasi dampak dan implikasi penggunaan E-Perpus dalam konteks pendidikan dasar. Melalui analisis penerapan E-Perpus, ditemukan bahwa platform ini memberikan akses mudah terhadap beragam materi bacaan elektronik, memperluas cakrawala literasi, dan mendorong keterampilan teknologi informasi di kalangan siswa. Dalam pelaksanaannya nanti  siswa  siswi akan diberikan tutorial bagaimana cara menggunakan E-Perpus. E-Perpus memiliki berbagai macam fitur yang interaktif untuk siswa siswinya. E-Perpus bukan hanya menjadi sarana penyedia informasi, tetapi juga menggalakkan interaksi dinamis antara siswa, guru, dan bahan bacaan. Penggunaan E-Perpus di Sekolah Dasar Negeri Karang Wuluh 01 Tegal bertujuan untuk mengubah paradigma tradisional membaca menjadi pengalaman digital yang menarik dan interaktif. Diharapkan bahwa melalui pendekatan ini, minat baca anak-anak akan meningkat secara signifikan, sementara literasi digital mereka pun akan terasah dengan baik. Kesimpulannya, E-Perpus menjadi instrumen penting dalam mengembangkan literasi digital dan minat baca anak-anak di era teknologi ini.

References

Akbar, M. F., & Anggraeni, F. D. (2017). Teknologi dalam pendidikan: Literasi digital dan self-directed learning pada mahasiswa skripsi. Jurnal Indigenous, 2(1), 28-38. Alam, S. (2015). Membangun Perpustakaan Desa Menjadi Peletak Dasar Lahirnya Budaya baca Masyarakat di Perdesaan. Jurnal JUPITER, 14(2), 78-82.

Andina, E. (2017). Pentingnya literasi bagi peningkatan kualitas pemuda. Majalah Info Singkat Kesejahteraan Sosial, 9(21), 9-12.

Handayani, S. (2009). Penerapan metode penelitian participatory research apraisal dalam penelitian permukiman vernakular (Permukiman kampung kota). In Seminar Nasional Penelitian Arsitektur-Metoda dan Penerapannya. Semarang: Universitas Diponegoro.

Herdiana, D. (2018). Dampak Pembangunan Perumahan Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Desa (Studi Kasus di Desa Jayamekar, Kabupaten Bandung Barat). Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Kota, 14(4), 265-280.

Irianto, P. O., & Febrianto, L. Y. (2017). Pentingnya penguasaan literasi bagi generasi muda dalam menghadapi MEA. In The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula (pp. 640-647). Semarang: Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Lombogia, B. J., Kairupan, B. H.., & Dundu, A. E. (2018). Hubungan kecanduan internet dengan kualitas tidur pada siswa SMA Kristen 1 Tomohon. Jurnal Medik Dan Rehabilitasi,

Published
2024-10-09
How to Cite
fitria, ria, Tulodo, R., Ujianto, N., Sofyan, A., & Firmansyah, H. (2024). PEMANFAATAN E-PERPUS DALAM MENDUKUNG LITERASI DIGITAL DAN MINAT BACA ANAK-ANAK DI SEKOLAH DASAR NEGERI KARANG WULUH 01 TEGAL. Journal of Community Empowerment and Innovation, 3(3), 130 - 136. https://doi.org/10.47668/join.v3i3.1439
Section
Articles