PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPS (EKONOMI) TERPADU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII.A DI MTs. IBRAHIMY WALISONGO SITUBONDO

  • Dassucik Dassucik STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi model pembelajaran yang diterapkan guru untuk meningkatkan rendahnya hasil belajar siswa adalah pembelajaran cara penggunaan yang diterapkan oleh guru karena membuat siswa merasa bosan saat mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif pembelajaran IPS Terpadu Picture and Picture materipelajaran IPS Motif dan Tindakan Prinsip Ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII.A MTs. Pelajaran Walisongo Ibrahimy Situbondo. Penelitian dilaksanakan sejak tanggal 01 November sampai dengan 30 November 2011 dengan objek penelitian siswa kelas 30 siswa VII.A. Desain studi Hopkins menggunakan skema dengan menggunakan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara dan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mariah, SY. 2005. Skor Hasil Belajar Kajian Tangan Ditinjau dari Metode Penilaian dan Gaya Kepemimpinan Guru dalam Jurnal Pendidikan (No. 1 Vol. 6). Jakarta: Lembaga Pendidikan Universitas Terbuka
Matsum, JH. 2006. Analisis Hasil Belajar dan Pembelajaran Akuntansi Keuangan Kelas II AK 3 SMK Negeri 3 Pontianak dalam Jurnal Umum Pengetahuan Sosial (No. 3 Vol. V11). Jember: Universitas Jember
Mulyasa, E. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya
Prasetyo, Eko. 2007. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Open Ended Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jember: Universitas Jember
Rafi’i, Suryana. 2002. Prosedur Evaluasi. Jakarta: Bina Aksara
Satrijono, II. 2000. Pengembangan Model Belajar Kooperatif Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Dalam Penceraan Pendidikan (Th, XIII No. 46). Jember: Universitas Jember
Sudjana, N. 2002. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono, Prof. Dr. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Published
2020-12-31
How to Cite
Dassucik, D. (2020). PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPS (EKONOMI) TERPADU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII.A DI MTs. IBRAHIMY WALISONGO SITUBONDO. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 1(1), 1-20. Retrieved from https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/PKWU/article/view/82
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)