PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIIA DI MTS BURHANUL ABRAR SITUBONDO

  • Candra Yulianto STKIP PGRI Situbondo
  • Dassucik Dassucik STKIP PGRI Situbondo
Keywords: Aktif, Index Card Match, Hasil Belajar

Abstract

Pembelajaran aktif adalah Suatu pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk belajar secara aktif. Ketika peserta didik belajar dengan aktif, Index Card Match merupakan salah satu teknik instruksional dari belajar aktif bagian reviewing strategies (strategi pengulangan) yang dapat membantu siswa mengingat apa yang telah mereka pelajari dan menguji kemampuan serta pengetahuan yang telah mereka terima. Penelitian ini dilaksankan pada siswa MTs Burhanul Abrar kelas VIII mulai bulan Nopember/Desember 2013 dengan siswa 35 yang menjadi tempat penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan mengunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data mengunakan observasi, test, wawancara dan dokumentasi. Data yang di kumpulkan berupa jawaban siswa terhadap test pendahuluan, I dan II yang dilakukan 

oleh peneliti. Melalui pembelajaran Aktif Index Card Match, dimana rumusan masalah adalah bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Aktif Index Card Match Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi dengan Kompetensi Dasar “Mendeskripsikan Hubungan Antara Kelangkaan Sumber Daya Dengan Kebutuhan Menusia Tidak Terbatas” Kelas VIIIA Di MTs Burhanul Abrar Tahun Pelajaran 2013/2014? dan tujuan penelitian adalah Ingin mengetahui bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Aktif Index Card Match Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi dengan Kompetensi Dasar “Mendeskripsikan Hubungan Antara Kelangkaan Sumber Daya Dengan Kebutuhan Menusia Tidak Terbatas” Kelas VIIIA Di MTs Burhanul Abrar Tahun Pelajaran 2013/2014”. Responden penelitian siswa MTs Burhanul Abrar kelas VIII dipilih secara purposive sanpling area. Data yang dikumpulkan berupa Ulangan Harian I dan II dan wawancara dilakukan selama penelitian berlangsung. pada hasil ketuntasan siswa secara klasikal pada ulangan harian. Pada ulangan harian mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Dimana siklus I, persentase ketuntasan yaitu 77% secara klasikal dari 27 siswa, siswa yang tidak tuntas 23% secara klasikal atau 8 Siswa dan siklus II yaitu 100% dari 35 siswa secara Klasikal yang mengikuti ulangan harian 35 siswa. Dengan demikian peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar dari siklus I ke siklus II adalah 23%, dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Aktif Index Card Match dapat meningkatkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada MTs Burhanul Abrar kelas VIIIA tahun pelajaran 2013/2014.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hisyam Zaini, Bermawy Munthe and Sekar Ayu Aryani. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Pustaka Insan Madani Yogyakarta.
Mel Silberman. 2009. Aktive Learning (101 Strategi Pembelajaran Aktif). Madani Yogyakarta
Nursalam, 2007 Strategi Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial, Resum Materi. Situbondo
Mulyasa.H.E. 2011. Praktik Peneltian Tindakan Kelas. PT Remaja Rosdakarya Bandung
Sudiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif Dan R&D. CV. Alfabeta Bandung
Suharsimi Arikunto.2010. Dasar Evaluasi Pendidikan. PT Bumi Aksara Jakarta
Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Kencana.
Wijiya Kusumah, and Dedi Dwitagama. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas.PT Indeks, Jakarta Barat.
Zainal Aqib, 2006 Penelitian Tindakan Kelas. CV Yrama Widja : Bandung
Herdian. http://akmaldebayor.blogspot.com/2010/05/snowball-throwing_08.html.
Diakses tanggal 10 Agustus 2013
Muhammad Faiq Dzaki http://www.pengertiandefinisi.com/2012/01/pengertianpembelajaran-kooperatif.html diakses pada tanggal 10 agustus 2013
Published
2021-03-15
How to Cite
Yulianto, C., & Dassucik, D. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIIA DI MTS BURHANUL ABRAR SITUBONDO. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v1i1.103
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)