Peran Manajemen Kurikulum Pendidikan terhadap Masa Depan Bangsa
Abstract
Pendidikan mengambil peran penting dalam menentukan eksistensi bangsa dimasa depan. Dalam proses pelaksanaan pendidikan dibutuhkan strategi yang dapat mewujudkan cita-cita bangsa itu sendiri. Strategi pendidikan akan menentukan arah dan tujuan pendidikan. Salah satu caranya adalah dengan memanajemen kurikulum pendidikan secara efektif sebagai pedoman yang digunakan dalam mengukur dan menyesuaikan kebutuhan pasar tenaga kerja. Sumberdaya manusia yang lahir dari dunia pendidikan dengan manajemen kurikulum yang baik akan memberikan kontribusi maksimal terhadap pasar tenaga kerja. Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang terus berupaya maksimal memberikan dedikasi terbaik untuk bangsa dengan memanajemen dan mengevaluasi kurikulum pendidikan secara berkala. Hal ini dibuktikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang dengan melahirkan sumberdaya manusia yang berkompeten dibidangnya. Setiap lulusan dibekali dengan kompetensi berlisensi yang diakui oleh negara. Telah dilakukan survei lapangan di Jurusan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang selama calon alumni mempersiapkan berkas syarat kelulusannya. Hal ini sebagai wujud dedikasi Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang untuk kemajuan bangsa dimasa yang akan datang.
Downloads
References
Aprilia, W. (2020). Organisasi dan Desain Pengembangan Kurikulum. Islamika, 2(2), 208–226. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i2.711
AZIZAH, E. N., Tanto, O. D., Naningtias, S. A., & Rahmawati, R. U. (2021). Menyusun Kurikulum Paud (Perencanaan Pembelajaran Dari Rumah Selama Menghadapi Pandemi Covid-19). IJCE (Indonesian Journal of Community Engagement), 2 (1), 14–19. https://doi.org/10.37471/ijce.v2i1.215
Elfani, A. Y., Novaliendry, D., Kurniadi, D., Hadi, A., & Herayono, A. (2022). PERANCANGAN APLIKASI WEB PENGELOLAAN DOKUMEN UNIVERSITAS NEGERI PADANG Universitas Negeri Padang , Indonesia PENDAHULUAN Perkembangan teknologi informasi komputer saat ini mempengaruhi pemeliharaan dokumen dan telah mengubah pengelolaan konvensional menja. 9(1), 227–238.
Hamdi, M. M. (2020). Evalusi Kurikulum Pendidikan. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 66–75. http://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/248
Herdiansyah, D., & Kurniati, P. S. (2020). Pembangunan Sektor Pendidikan Sebagai Penunjang Indeks Pembangunan Manusia Di Kota Bandung. Jurnal Agregasi : Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi, 8(1), 43–50. https://doi.org/10.34010/agregasi.v8i1.2765
Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52–75. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113
I. Fathurrochman. (2017). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Santri Pondok Pesantren Hidayatullah / Panti Asuhan Anak Soleh Curup Irwan Fathurrochman A . Pendahuluan Pesantren menurut pengertian dasarnya adalah tempat belajar para santri . Sebagai lemba. Tadbir, 1(01), 86.
I Ketut Soter. (2018). I Ketut Soter 16 MANAJEMEN PENDIDIKAN BERORIENTASI MASA DEPAN I Ketut Soter. 9, 16–26.
Indana, N., & Nurvita, L. (2020). Implementasi Manajemen Kurikulum Pesantren di Ponpes Al Urwatul Wutsqo Diwek Jombang. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 29–51. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v4i1.129
Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367
Rasyid, H. (2015). Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 565–581. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12345
Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar Di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna, 03, 285–311.
Satya, Ruwah, N., Husnul, I., & Suharyadi, A. (2021). K e l o l a Jur n al Ma naj e m e n P e nd id ik a n Magister Manajemen Pendidikan FKIP Strategi Dosen Dalam Manajemen E-Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi. 1, 34–48.
Sista, T. R. (2017). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Educan : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.21111/educan.v1i1.1288
Surur, A. M., & Nadhirin, A. U. (2020). Manajemen Waktu Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada TK Dharma Wanita 1 Baleturi. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 81–94. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/2939
Copyright (c) 2022 Zulwisli Zulwisli, Agung Setiawan, Andhika Herayono, Nizwardi Jalinus, Rijal Abdullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.