PENGARUH EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI 5 PANJI SITUBONDO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016

  • Khusnul Khotimah
  • Dassucik .
Keywords: Kata Kunci : Efektivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa

Abstract

Abstrak: Sistem kurikulum sekarang ini pelaksanaannya tidak lepas dari
kegiatan efektivitas pada siswa atau melibatkan langsung siswa dalam suatu
pembelajaran, siswa dapat dilibatkan secara aktif, karena mereka adalah
pusat dari kegiatan pembelajaran dan pembentukan kompetensi. Siswa harus
dilibatkan dalam tanya jawab yang terarah dan mencari pemecahan terhadap
berbagai masalah pembelajaran. Peserta didik harus didorong untuk
menafsirkan informasi yang diberikan oleh guru, sampai informasi tersebut
dapat diterima oleh akal sehat. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh efektivitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 5 Panji Situbondo semester genap
tahun pelajaran 2015/2016. Dari hasil penelitian yang diperoleh dengan
menggunakan rumus analisis variansi garis regresi, nilai Ry(1,2) empiric
sebesar 0,60017, yang apabila dikonsultasikan dengan r-table dengan N
sebanyak 100 responden dan taraf signifikansi 5%, diperoleh 0,195.
Penghitungan tersebut dimaksudkan untuk membuktikan hipotesa kerja
mayor dengan menggunakan uji signifikansi. Dari hasil penghitungan
analisis variansi garis regresi diperoleh F reg sebesar 27,30494. Dan apabila
dikonsultasikan dengan F tabel untuk db1 = 2 dan db2 = 97 dengan taraf
signifikansi 5%, diperoleh 3,0902. Dengan demikian, dari hasil perhitungan
tersebut, menunjukkan bahwa nilai F reg melebihi nilai F tabel. Berdasarkan
hasil analisa data tersebut, maka hipotesa kerja mayor yang berbunyi “ada
pengaruh efektivitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa mata
pelajaran IPS kelas VII semester genap SMP Negeri 5 Panji Situbondo
semester genap tahun pelajaran 2015/2016” diterima. Selanjutnya, diperoleh
tingkat efektivitas garis regresi sebesar 36,01972%. Ini berarti bahwa
sumbangan dari prediktor adalah sebesar 36,01972%, sedangkan prediktor
lain yang tidak diteliti memberikan sumbangan sebesar 63,98828%.
Sumbangan efektif (SE) prediktor efektivitas belajar siswa di sekolah (X1)
terhadap kriterium hasil belajar (Y) adalah sebesar 17,02444%, sedangkan
sumbangan efektif (SE) prediktor efektivitas belajar siswa di rumah (X2)
terhadap kriterium hasil belajar (Y) adalah sebesar 18,99528%. Hal ini
menunjukkan bahwa efektivitas belajar di rumah lebih berpengaruh terhadap
hasil belajar siswa dibandingkan efektivitas belajar di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-20
How to Cite
Khotimah, K., & ., D. (2019). PENGARUH EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI 5 PANJI SITUBONDO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6(2), 31-37. https://doi.org/10.47668/pkwu.v6i2.5
Section
Articles