PENGARUH EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI 5 PANJI SITUBONDO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Abstrak: Sistem kurikulum sekarang ini pelaksanaannya tidak lepas dari
kegiatan efektivitas pada siswa atau melibatkan langsung siswa dalam suatu
pembelajaran, siswa dapat dilibatkan secara aktif, karena mereka adalah
pusat dari kegiatan pembelajaran dan pembentukan kompetensi. Siswa harus
dilibatkan dalam tanya jawab yang terarah dan mencari pemecahan terhadap
berbagai masalah pembelajaran. Peserta didik harus didorong untuk
menafsirkan informasi yang diberikan oleh guru, sampai informasi tersebut
dapat diterima oleh akal sehat. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh efektivitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 5 Panji Situbondo semester genap
tahun pelajaran 2015/2016. Dari hasil penelitian yang diperoleh dengan
menggunakan rumus analisis variansi garis regresi, nilai Ry(1,2) empiric
sebesar 0,60017, yang apabila dikonsultasikan dengan r-table dengan N
sebanyak 100 responden dan taraf signifikansi 5%, diperoleh 0,195.
Penghitungan tersebut dimaksudkan untuk membuktikan hipotesa kerja
mayor dengan menggunakan uji signifikansi. Dari hasil penghitungan
analisis variansi garis regresi diperoleh F reg sebesar 27,30494. Dan apabila
dikonsultasikan dengan F tabel untuk db1 = 2 dan db2 = 97 dengan taraf
signifikansi 5%, diperoleh 3,0902. Dengan demikian, dari hasil perhitungan
tersebut, menunjukkan bahwa nilai F reg melebihi nilai F tabel. Berdasarkan
hasil analisa data tersebut, maka hipotesa kerja mayor yang berbunyi “ada
pengaruh efektivitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa mata
pelajaran IPS kelas VII semester genap SMP Negeri 5 Panji Situbondo
semester genap tahun pelajaran 2015/2016” diterima. Selanjutnya, diperoleh
tingkat efektivitas garis regresi sebesar 36,01972%. Ini berarti bahwa
sumbangan dari prediktor adalah sebesar 36,01972%, sedangkan prediktor
lain yang tidak diteliti memberikan sumbangan sebesar 63,98828%.
Sumbangan efektif (SE) prediktor efektivitas belajar siswa di sekolah (X1)
terhadap kriterium hasil belajar (Y) adalah sebesar 17,02444%, sedangkan
sumbangan efektif (SE) prediktor efektivitas belajar siswa di rumah (X2)
terhadap kriterium hasil belajar (Y) adalah sebesar 18,99528%. Hal ini
menunjukkan bahwa efektivitas belajar di rumah lebih berpengaruh terhadap
hasil belajar siswa dibandingkan efektivitas belajar di sekolah.
Downloads
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.