PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI-IIS SMA NEGERI 1 PRAJEKAN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Abstrak: Dalam proses pendidikan titik beratnya terletak pada pihak anak
didik yaitu akan terjadi proses belajar yang merupakan interaksi dengan
pengalaman-pengalamannya. Belajar mengakibatkan terjadinya perubahan
pada diri orang yang belajar. Perubahan tersebut bersifat integral, artinya
perubahan dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Menurut teori, aspek
kognitif dapat dipengaruhi oleh kesiapan belajar siswa. Kondisi siswa yang
siap menerima pelajaran dari guru, akan berusaha merespon atas pertanyaanpertanyaan
yang telah diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah ada pengaruh motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik dan
kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data adalah kuisioner, tes, dan
dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS dengan jumlah
populasi 65 siswa. Analisis data meliputi korelasi dan analisis varian untuk
semua variabel. Uji hipotesis untuk mengetahui pengaruh motivasi intrinsik,
motivasi ekstrinsik dan kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa
dengan hasil F hitung = 14,241, F tabel = 3,94 pada α = 0,05. Ternyata F hitung
= 14,241 > F tabel = 3,94. Untuk R square didapatkan 41,189% maka
disimpulkan bahwa ada pengaruh motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik dan
kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa dengan sumbangan efektif
sebesar 41,189%. Sumbangan Efektif (SE) prediktor (X1) motivasi intrinsik
terhadap kriterium (Y) hasil belajar siswa 9,381%, Sumbangan Efektif (SE)
prediktor (X2) motivasi ekstrinsik terhadap kriterium (Y) hasil belajar siswa
0,830%, Sumbangan Efektif prediktor (X3) kesiapan belajar siswa terhadap
kriterium (Y) hasil belajar siswa 30,978% ini menunjukan bahwa kesiapan
belajar siswa lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dibanding
motivasi belajar. Dengan melihat hasil data yang telah dipaparkan
sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh positif antara
motivasi belajar dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa pada
pelajaran sejarah kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Prajekan semester ganjil tahun
pelajaran 2015/2016.
Downloads
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.