PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI-IIS SMA NEGERI 1 PRAJEKAN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2015/2016

  • Wiji Hartono
  • Dyah Ayu Puspitaningrum
Keywords: Kata Kunci : Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik, Kesiapan Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Abstrak: Dalam proses pendidikan titik beratnya terletak pada pihak anak
didik yaitu akan terjadi proses belajar yang merupakan interaksi dengan
pengalaman-pengalamannya. Belajar mengakibatkan terjadinya perubahan
pada diri orang yang belajar. Perubahan tersebut bersifat integral, artinya
perubahan dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Menurut teori, aspek
kognitif dapat dipengaruhi oleh kesiapan belajar siswa. Kondisi siswa yang
siap menerima pelajaran dari guru, akan berusaha merespon atas pertanyaanpertanyaan

yang telah diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah ada pengaruh motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik dan
kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data adalah kuisioner, tes, dan
dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS dengan jumlah
populasi 65 siswa. Analisis data meliputi korelasi dan analisis varian untuk
semua variabel. Uji hipotesis untuk mengetahui pengaruh motivasi intrinsik,
motivasi ekstrinsik dan kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa
dengan hasil F hitung = 14,241, F tabel = 3,94 pada α = 0,05. Ternyata F hitung
= 14,241 > F tabel = 3,94. Untuk R square didapatkan 41,189% maka
disimpulkan bahwa ada pengaruh motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik dan
kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa dengan sumbangan efektif
sebesar 41,189%. Sumbangan Efektif (SE) prediktor (X1) motivasi intrinsik
terhadap kriterium (Y) hasil belajar siswa 9,381%, Sumbangan Efektif (SE)
prediktor (X2) motivasi ekstrinsik terhadap kriterium (Y) hasil belajar siswa
0,830%, Sumbangan Efektif prediktor (X3) kesiapan belajar siswa terhadap
kriterium (Y) hasil belajar siswa 30,978% ini menunjukan bahwa kesiapan
belajar siswa lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dibanding
motivasi belajar. Dengan melihat hasil data yang telah dipaparkan
sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh positif antara
motivasi belajar dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa pada
pelajaran sejarah kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Prajekan semester ganjil tahun
pelajaran 2015/2016.

Downloads

Published
2019-01-20
How to Cite
Hartono, W., & Puspitaningrum, D. (2019). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI-IIS SMA NEGERI 1 PRAJEKAN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6(2), 25-30. https://doi.org/10.47668/pkwu.v6i2.4
Section
Articles