PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DENGAN KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA KELANGKAAN SUMBER DAYA DENGAN KEBUTUHAN MANUSIA YANG TIDAK TERBATAS KELAS VIII-C SMP NEGERI 1 JANGKAR SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan sejak tanggal 20 April sampai dengan
30 Mei 2015 dengan obyek penelitian siswa kelas VIII-C sebanyak 28 siswa.
Desain penelitian ini adalah model skema Hopkins, dengan mengguanakan 4
fase, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh
data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan tes.
Analisis data penelitian ini menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Hasil
yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa dalam proses
pembelajaran sebelum tindakan memenuhi kriteria cukup aktif. Dari hasil
analisis aktivitas siklus I diperoleh persentase 78,57% dan ulangan harian
pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 78,57% Hal ini menunjukkan
bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran dengan
pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada siklus I belum berhasil
maka dilanjutkan pada siklus II. Hasil pembelajaran siklus II, aktivitas
belajar siswa berada dalam kategori aktif dengan persentase 86.11%,
sedangkan analisis ulangan harian pada siklus II diperoleh ketuntasan
klasikal sebesar 85,71%. Keberhasilan siswa pada ulangan harian
menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head
Together (NHT) telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Maka dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran yang digunakan oleh guru sangat
mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dalam
penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada mata
pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 Jangkar Kabupaten
Situbondo tahun pelajaran 2015/2016 yang telah mencapai ketuntasan secara
klasikal.
Downloads
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.