PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DENGAN KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA KELANGKAAN SUMBER DAYA DENGAN KEBUTUHAN MANUSIA YANG TIDAK TERBATAS KELAS VIII-C SMP NEGERI 1 JANGKAR SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016

  • Ahmad Hafas Rasyidi
  • Nawawi Agus Jaya
Keywords: Kata Kunci : Model Pembelajaran Numbered Head Together, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan sejak tanggal 20 April sampai dengan
30 Mei 2015 dengan obyek penelitian siswa kelas VIII-C sebanyak 28 siswa.
Desain penelitian ini adalah model skema Hopkins, dengan mengguanakan 4
fase, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh
data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan tes.
Analisis data penelitian ini menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Hasil
yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa dalam proses
pembelajaran sebelum tindakan memenuhi kriteria cukup aktif. Dari hasil
analisis aktivitas siklus I diperoleh persentase 78,57% dan ulangan harian
pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 78,57% Hal ini menunjukkan
bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran dengan
pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada siklus I belum berhasil
maka dilanjutkan pada siklus II. Hasil pembelajaran siklus II, aktivitas
belajar siswa berada dalam kategori aktif dengan persentase 86.11%,
sedangkan analisis ulangan harian pada siklus II diperoleh ketuntasan
klasikal sebesar 85,71%. Keberhasilan siswa pada ulangan harian
menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head
Together (NHT) telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Maka dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran yang digunakan oleh guru sangat
mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dalam
penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada mata
pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 Jangkar Kabupaten
Situbondo tahun pelajaran 2015/2016 yang telah mencapai ketuntasan secara
klasikal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-20
How to Cite
Rasyidi, A., & Jaya, N. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6(2), 18-24. https://doi.org/10.47668/pkwu.v6i2.3
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>