Evaluasi Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan di SMK Pusat Keunggulan Kabupaten Dharmasraya

  • Nelfi Alida UIN Mahmud Yunus Batu Sangkar, Indonesia
  • Adripen Adripen UIN Mahmud Yunus Batu Sangkar, Indonesia
  • Muhammad Yusuf Salam UIN Mahmud Yunus Batu Sangkar, Indonesia
  • Sirajul Munir UIN Mahmud Yunus Batu Sangkar, Indonesia
  • Jamilus Jamilus UIN Mahmud Yunus Batu Sangkar, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi pemenuhan Standar Nasional Pendidikan di SMK Pusat Keunggulan Kabupaten Dharmasraya, mengungkapkan relevansi antara komponen input-proses-output menurut model logika dalam pemenuhan Standar Nasional Pendidikan tersebut, serta menganalisis kendala yang dihadapi SMK Pusat Keunggulan Kab. Dharmasraya dalam pemenuhan Standar Nasional Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitaif, dimana peneliti mendapatkan data melalui angket yang disebar kepada seluruh guru dan tenaga kependidikan di 2 SMK pelaksana program Pusat Keunggulan (PK). Data angket diolah dengan statistik deskriptif melalui bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 25, selanjutnya peneliti mencoba menggali dan mendeskripsikan bagaimana pemenuhan dari delapan Standar Nasional Pendidikan di SMK Pusat Kenggulan Kabupaten Dharmasraya yaitu, SMK Negeri 1 Sungai Rumbai dan SMK Negeri 1 Koto Baru, serta menganalisis apakah terdapat relevansi antara komponen input, komponen proses dan komponen output dari 8 standar nasional tersebut menurut model logika. Dari data penelitian ditemukan fakta bahwa 2 SMK Pusat Keunggulan di Kabupaten Dharmasraya telah memenuhi standar nasional pendidikan dengan capaian rata-rata pada level baik. Namun tidak terdapat relevansi antara komponen input, komponen proses dan komponen output dalam pemenuhan Standar Nasional Pendidikan menurut model logika, hal ini dapat dijelaskan bahwa keduasekolah telah mencapai komponen input yang baik, komponen proses yang baik, namun komponen output masih berada pada level cukup. Selayaknya ketika sekolah telah memiliki kurikulum yang baik, dengan dukungan guru dan tenaga kependidikan yang kompeten serta sarana prasarana yang memadai karena pembiayaan yang baik maka diharapkan proses dan pengelolaan pendidikan akan berjalan dengan baik sampai pada tahap penilaian sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas. Namun data peneilitian menunjukkan kompetensi lulusan yang belum seutuhnya baik, hal ini di sebabkan oleh program SMK PK ini baru berjalan 2 tahun dan belum menghasilkan lulusan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdi, M. I., & Muri’ah, S. (2017). Implementasi Standar Nasional Pendidikan pada Sekolah-Sekolah Unggulan di Samarinda. Fenomena, 9(1), 83. https://doi.org/10.21093/fj.v9i1.858

Alawiyah, F. (2017). Standar nasional pendidikan dasar dan menengah. Aspirasi, 8(1), 81–92.

David. (2016). Evaluasi dan Strategi Pengembangan SMA Plus INS Kayu Tanam. Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(1), 10–17.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Pub. L. No. 102503 A, Standar Nasional Pendidikan 1 (2021).

Maranting, H. S., Muh. Arif, & Abdurrahman R. Mala. (2020). Implementasi Standar Nasional Pendidikan dalam Meningkatkan Daya Saing Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Gorontalo. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 188–206. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i2.1765

Mulyani, M., Munir, S., & David, D. (2022). Implementation of the Logic Model in the Evaluation of New Student Admissions Online. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 307–317. https://doi.org/10.31538/ndh.v7i2.2178

Nasional, B. A. (2020). Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 (N. Noni, Bernand, & N. Fakih, Eds.; 1st ed.). Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.

Palahudin, Hadiana, M. E., & Basri, H. (2020). Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 1–11.

PP No. 4 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan, Pub. L. No. 010988 A, Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 1 (2022).

Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. A. N. (2021). ht ps:/ ain mulyan .blogspot.com/20 1/04 sk-pen tap n-daft r-smk-pelaksan .html.

Rahman, A., & Nasihin, A. (2020). Mampukah sekolah gratis mencapai pemenuhan standar nasional pendidikan ? Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 102–116. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v9i1.2863

Rembang, P., Hadtija, D., & Komalig, H. (2017). Deskripsi SMA/SMK di Kabupaten Minahasa Tenggara Berdasarkan Indikator Standar Nasional Pendidikan Berbasis Evaluasi Diri Sekolah (Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan dan Standar Penilaian Pendidikan). Jurnal Ilmiah Sains, 17(2), 117–125.

Ridho, M. A., Yaqin, M. A., Ibad, M. N., Alqoroni, S., & Fauzan, Abd. C. (2021). Implementasi Standar Nasional Pendidikan Menggunakan Projects in Controlled Environments (PRINCE2) pada Organisasi Sekolah. ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics, 3(1), 188–206.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sutopo, Ed.; 1st ed.). Penerbit Alfabeta Bandung.

Wrihatnolo, R. R. (2010). Model Logika Untuk Evaluasi Pembangunan (2nd ed.). Institute for Development and Policy Study.

Yuliana, L. (2019). Ketercapaian Standar Nasional Pendidikan di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(2), 197–212.

Yuliana, L., & Raharjo, S. B. (2019). Ketercapaian Standar Nasional Pendidikan di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 4(2), 197–212. https://doi.org/: 10.24832/jpnk.v4i2.1457

Published
2023-10-18
How to Cite
Alida, N., Adripen, A., Salam, M., Munir, S., & Jamilus, J. (2023). Evaluasi Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan di SMK Pusat Keunggulan Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(1), 106 - 130. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i1.1053
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)