Manajemen Program SMK Pusat Keunggulan di SMKN 1 Sungai Rumbai
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan implementasi link and match di SMKN 1 Sungai Rumbai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian studi kasus. Informan penelitian adalah: kepala sekolah, ketua panitia pelaksana Program, kepala konsentrasi keahlian yang diunggulkan, wakil kepalah bidang kurikulum, satu orang panitia Prakerin dan dua orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan cara: triangulasi data, mereduksi data, penyajin data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan SMKN 1 Sungai Rumbai sudah melaksanakan fungsi manajemen dalam melaksanakan Program SMK PK yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Perencanaan dilakukan melalui 1) Membedah Keputusan Menteri mengenai link and match, 2) Melakukan kolaborasi dengan tim yang dibentuk khusus untuk program link and match. Tahap pelaksanaan implementasi link and match, SMKN 1 Sungai Rumbai, melakukan delapan kegiatan yang terdiri dari 1). Penyelarasan kurikulum, 2). Kelas Industri, 3). Program Guru Industri, 4). Praktek Kerja Industri, 5). Sertifikasi kompetensi, 6). Update teknologi dari DUDI, 7). Riset terapan, dan 8). Pemberian dana hibah oleh perusahaan dalam bentuk alat praktek siswa. Pada tahap pengawasan terhadap kegiatan link and match di SMKN 1 Sungai Rumbai dilakukan secara internal dan eksternal. Pengawasan internal dilakukan oleh kepala sekolah, sedangkan pengawasan eksternal dilakukan oleh pihak kementerian bidang vokasi.
Downloads
References
Asiah, A. (2021). Manajemen Kemitraan SMK dengan Dunia Usaha dan Industri untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan SMK (Studi Kasus di SMKN 1 Cihampelas Kabupaten Bandung Barat). Tsaqafatuna, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v3i1.55
Cahyanti, S. D., Indriayu, M., & Sudarno. (2018). Implementasi Program Link and Match dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri pada Lulusan Pemasaran SMK Negeri 1 Surakarta. Pendidikan Bisnis Dan Ekonomo, 4(1), 23–26.
Efrita, Y. sirajul munir; yusuf salam. (2022). Manajemen kepala sekolah dalam menerapkan program ketarunaan. 9(2), 472–487.
Elvita, Y., Ali, H. A., Islam, M. P., Islam, U., Mahmud, N., & Batusangkar, Y. (2023). Analisis Perencanaan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah aliyah Negeri Se-Kabupaten Tanah Datar. 2(1), 39–48.
Fahmayani, E. N. (2021). Pelaksanaan Link and Match 8+I di SMK Pusat Keunggulan SMKN 1 Dlingo. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 16(1), 1–7.
Hakim, L., & Mukhtar. (2018). Dasar-dasar Menajemen Pendidikan.
Hidayat, R., & Wijaya, C. (2017). AYAT - AYAT ALQURAN Tentang Manajemen Pendidikan Islam. In Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (Vol. 1).
Iqrima, N. K. R. (2021). Strategi Manajemen Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan output melalui program Kerja Sama DUDI di SMK Samudra Nusantara Cirebon. 5(1), 43–55.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Penguatan Proses Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja Bantuan Pemerintah SMK Pusat keunggulan 2022.
Kepmendikbudristek. (2021). Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI NO 464/M/2021 Tentang Program SMK PK. 3(2), 6.
Kodiran, K. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Kepala Sekolah/Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 8(2), 338–359. https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i2.3201
Made Sudana, I., Apriyani, D., & Suryanto, A. (2019). Soft Skills evaluation management in Learning processes at Vocational school. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012075
Mahmudah, F. N., & Santosa, B. (2021). Vocational School Alignment Based-on Industry Needs. Journal of Vocational Education Studies, 4(1), 36. https://doi.org/10.12928/joves.v4i1.3611
Meriza, I. (2018). Pengawasan (Controling) Dalam Institusi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 37–46.
Nasution, F. E. P. N. ahmad rifaii; S. M. (2022). Manajemen Implementasi Program Link and Match di SMK Negeri 1 Batam. 8(2), 74–87.
Nurkolis. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah. Grasindo.
Rosina, H., Virgantina, V., Ayyash, Y., Dwiyanti, V., & Boonsong, S. (2021). Vocational Education Curriculum: Between Vocational Education and Industrial Needs. ASEAN Journal of Science and Engineering Education, 1(2), 105–110. https://doi.org/10.17509/ajsee.v1i2.33400
Soputan, G. J., & Sumual, T. E. M. (2019). The Principal’s Roles in Revitalizing Vocational High School. 299(Ictvet 2018), 359–361. https://doi.org/10.2991/ictvet-18.2019.81
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabed.
Copyright (c) 2024 Husni Anwar, Sirajul Munir, Muhammad Fazis, Adripen Adripen, David David
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.