Manajemen Program SMK Pusat Keunggulan di SMKN 1 Sungai Rumbai

  • Husni Anwar UIN Mahmud Yunus Batu Sangkar, Indonesia
  • Sirajul Munir UIN Mahmud Yunus Batu Sangkar, Indonesia
  • Muhammad Fazis UIN Mahmud Yunus Batu Sangkar, Indonesia
  • Adripen Adripen UIN Mahmud Yunus Batu Sangkar, Indonesia
  • David David UIN Mahmud Yunus Batu Sangkar, Indonesia
Keywords: Manajemen, SMK Pusat Keunggulan, link and match

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan implementasi link and match di SMKN 1 Sungai Rumbai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian studi kasus. Informan penelitian adalah: kepala sekolah, ketua panitia pelaksana Program, kepala konsentrasi keahlian yang diunggulkan, wakil kepalah bidang kurikulum, satu orang panitia Prakerin dan dua orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan cara: triangulasi data, mereduksi data, penyajin data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan SMKN 1 Sungai Rumbai sudah melaksanakan fungsi manajemen dalam melaksanakan Program SMK PK yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Perencanaan dilakukan melalui 1) Membedah Keputusan Menteri mengenai link and match, 2) Melakukan kolaborasi dengan tim yang dibentuk khusus untuk program link and match. Tahap pelaksanaan implementasi link and match, SMKN 1 Sungai Rumbai, melakukan delapan kegiatan yang terdiri dari 1). Penyelarasan kurikulum, 2). Kelas Industri, 3). Program Guru Industri, 4). Praktek Kerja Industri, 5). Sertifikasi kompetensi, 6). Update teknologi dari DUDI, 7). Riset terapan, dan 8). Pemberian dana hibah oleh perusahaan dalam bentuk alat praktek siswa. Pada tahap pengawasan terhadap kegiatan link and match di SMKN 1 Sungai Rumbai dilakukan secara internal dan eksternal. Pengawasan internal dilakukan oleh kepala sekolah, sedangkan pengawasan eksternal dilakukan oleh pihak kementerian bidang vokasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asiah, A. (2021). Manajemen Kemitraan SMK dengan Dunia Usaha dan Industri untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan SMK (Studi Kasus di SMKN 1 Cihampelas Kabupaten Bandung Barat). Tsaqafatuna, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v3i1.55

Cahyanti, S. D., Indriayu, M., & Sudarno. (2018). Implementasi Program Link and Match dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri pada Lulusan Pemasaran SMK Negeri 1 Surakarta. Pendidikan Bisnis Dan Ekonomo, 4(1), 23–26.

Efrita, Y. sirajul munir; yusuf salam. (2022). Manajemen kepala sekolah dalam menerapkan program ketarunaan. 9(2), 472–487.

Elvita, Y., Ali, H. A., Islam, M. P., Islam, U., Mahmud, N., & Batusangkar, Y. (2023). Analisis Perencanaan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah aliyah Negeri Se-Kabupaten Tanah Datar. 2(1), 39–48.

Fahmayani, E. N. (2021). Pelaksanaan Link and Match 8+I di SMK Pusat Keunggulan SMKN 1 Dlingo. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 16(1), 1–7.

Hakim, L., & Mukhtar. (2018). Dasar-dasar Menajemen Pendidikan.

Hidayat, R., & Wijaya, C. (2017). AYAT - AYAT ALQURAN Tentang Manajemen Pendidikan Islam. In Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (Vol. 1).

Iqrima, N. K. R. (2021). Strategi Manajemen Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan output melalui program Kerja Sama DUDI di SMK Samudra Nusantara Cirebon. 5(1), 43–55.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Penguatan Proses Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja Bantuan Pemerintah SMK Pusat keunggulan 2022.

Kepmendikbudristek. (2021). Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI NO 464/M/2021 Tentang Program SMK PK. 3(2), 6.

Kodiran, K. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Kepala Sekolah/Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 8(2), 338–359. https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i2.3201

Made Sudana, I., Apriyani, D., & Suryanto, A. (2019). Soft Skills evaluation management in Learning processes at Vocational school. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012075

Mahmudah, F. N., & Santosa, B. (2021). Vocational School Alignment Based-on Industry Needs. Journal of Vocational Education Studies, 4(1), 36. https://doi.org/10.12928/joves.v4i1.3611

Meriza, I. (2018). Pengawasan (Controling) Dalam Institusi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 37–46.

Nasution, F. E. P. N. ahmad rifaii; S. M. (2022). Manajemen Implementasi Program Link and Match di SMK Negeri 1 Batam. 8(2), 74–87.

Nurkolis. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah. Grasindo.

Rosina, H., Virgantina, V., Ayyash, Y., Dwiyanti, V., & Boonsong, S. (2021). Vocational Education Curriculum: Between Vocational Education and Industrial Needs. ASEAN Journal of Science and Engineering Education, 1(2), 105–110. https://doi.org/10.17509/ajsee.v1i2.33400

Soputan, G. J., & Sumual, T. E. M. (2019). The Principal’s Roles in Revitalizing Vocational High School. 299(Ictvet 2018), 359–361. https://doi.org/10.2991/ictvet-18.2019.81

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabed.

Published
2023-10-18
How to Cite
Anwar, H., Munir, S., Fazis, M., Adripen, A., & David, D. (2023). Manajemen Program SMK Pusat Keunggulan di SMKN 1 Sungai Rumbai. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(1), 131 - 154. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i1.1052
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)