IDENTIFIKASI MISKONSEPSI FISIKA PADA MATERI ELASTISITAS ZAT PADAT

Keywords: Miskonsepsi, Pembelajaran Fisika, Elastisitas Zat Padat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai miskonsepsi yang terjadi pada siswa terkait materi elastisitas zat padat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di MA Plus Nurul Islam Sekarbela pada 31 siswa jurusan IPA. Data penelitian diperoleh menggunakan tes diagnostik berupa certainty of response index (CRI) sebanyak 30 soal. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara desktriptif dan dibandingkan dengan berbagai sumber penelitian relevan lainnya. Berdasarkan proses analisis tersebut diperoleh bahwa ditemukan berbagai miskonsepsi pada diri siswa disemua sub materi elastisitas zat padat dengan rata-rata nilai persentase miskonsepsi sebesar 8%. Miskonsepsi tertinggi ditemukan pada sub materi Hukum Hooke dengan nilai 19%, sedangkan sub materi terendah ditemukan pada sub materi regangan sebesar 2%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Artiawati, P. R., Mulyani, R., & Kurniawan, Y. (2016). Identifikasi Kuantitas Siswa Yang Miskonsepsi Menggunakan Three Tier-Test Pada Materi Gerak Lurus Beraturan (GLB). JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(1), 13. https://doi.org/10.26737/jipf.v1i1.54

Boro, A. M., Okyranida, I. Y., & Astuti, I. A. D. (2020). Pengembangan instrumen four tier-test pada konsep usaha dan energi. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(2), 147–146.

Didik, L. A., & Aulia, F. (2019). Analisa Tingkat Pemahaman dan Miskonsepsi Pada Materi Listrik Statis Mahasiswa Tadris Fisika Menggunakan Metode 3-Tier Multiple Choices Diagnostic. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 9(1), 99–111. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.1.2905

Fatimah, Z., Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 1(2). https://doi.org/10.29303/goescienceedu.v1i2.45

Firman, H. F., Ratnasari, J., & Windyariani, S. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Two-Tier Test Berbantuan Certainty Of Response Index: (Misconception Identification of Students using Two-Tier Test Assisted by Certainty of Response Index). BIODIK, 7(2), 33–44. https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12812

Fitri, D. A., Maison, M., & Kurniawan, D. A. (2023). Analisis Kebutuhan Awal: Inovasi Five-Tier Diagnostic Test untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 100–104. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.830

Gani, A. G. (2014). Pengenalan Teknologi Internet Serta Dampaknya. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 2(2). https://doi.org/10.35968/jsi.v2i2.49

Hasanah, K. (2013). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI IPA 3 MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021 [Doctoral dissertation]. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Hidayati, F. N., Akhsan, H., & Syuhendri, S. (2016). Identifikasi miskonsepsi siswa kelas X pada materi elastisitas dan hukum hooke di SMA Negeri 1 Indralaya. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(2). https://doi.org/10.36706/jipf.v3i2.3838

Ibrahim, E., & Yusuf, M. (1-13). Implementasi Modul Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Model REACT Berbasis Kontekstual pada Konsep Usaha dan Energi. Jambura Physics Journal, 1(1), 2019.

Ismatunsarrah, I., Ridha, I., & Hadiya, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Elastisitas di SMAN 1 Peusangan. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(1), 70–80. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.14567

Kurnia, D., Manik, T. S., & Hutajulu, P. E. (2022). Workshop Penggunaan Internet Sehat Berbasis Hotspot Mikrotik Di SMKS Dwiwarna Medan. Jurnal Pengabdian Ilmiah Dan Teknologi, 1(2), 14–18.

Lestari, S. S., Achmad, A., & Marpaung, R. R. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi IPA Kelas VII SMPN 2 Marga Sekampung. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 5(2), 1–12.

Mardiana, Y., Kalsum, T. U., Khairil, K., Supardi, R., & Romadoni, D. A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi (IT) Bagi Siswa Sekolah Menegah Atas Negeri 6 Kabupaten Kepahyang. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 2(2). https://doi.org/10.37676/jdun.v2i2.3970

Mukhlisa, N. (2021). Miskonsepsi Pada Peserta Didik. SPEED Journal : Journal of Special Education, 4(2), 66–76. https://doi.org/10.31537/speed.v4i2.403

Nisa, S. L., Praswoto, S. H. B., & Setyowati, E. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Elastisitas Pada Siswa Kelas XI di SMAN 4 Jember. FKIP E-PROCEEDING. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15146

Putra, I. E., Adlim, A., & Halim, A. (2016). Analisis Miskonsepsi dan Upaya Remediasi Pembelajaran Listrik Dinamis dengan Menggunakan Media Pembelajaran Lectora Inspire dan PhET Simulation di SMAN Unggul Tunas Bangsa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 4(2), 13–19.

Rizaldi, D. R., Andayani, Y., Doyan, A., Makhrus, Muh., Fatimah, Z., & Nurhayati, E. (2021). The use of Betel leaf in Nyirih tradition: Analyzing an ethnoscience-based learning material. International Journal on Education Insight, 2(1), 29. https://doi.org/10.12928/ijei.v2i1.3579

Rizaldi, D. R., & Fatimah, Z. (2022). Mataram City Student Perceptions in Recognizing and Using Smartphones. Indonesian Journal Education, 1(1), 11–17. https://doi.org/10.56495/ije.v1i1.172

Rizaldi, D. R., Makhrus, Muh., & Doyan, A. (2019). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Model Perubahan Konseptual Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(1), 74–81. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i1.794

Rizki, C., & Setyarsih, W. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dan Penyebabnya pada Materi Elastisitas Menggunakan Three-Tier Diagnostic Test. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 11(3), 32–43. https://doi.org/10.26740/ipf.v11n3.p32-43

Rosuli, N., Koto, I., & Rohadi, N. (2019). Pembelajaran Remedial Terpadu dengan Menerapkan Model Pembelajaran Generatif Untuk Mengubah Miskonsepsi Siswa Terhadap Konsep Usaha dan Energi. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 185–192. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.185-192

Suhantoro, M. (2020). Kajian mengenai Fenomena Miskonsepsi Universal di SMA N 1 Wonosobo terkait Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. FKIP E-PROCEEDING, 5. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/21702

Suhendi, H. Y., Kaniawati, I., & Maknun, J. (2014). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Profil Miskonsepsi Siswa Berdasarkan Hasil Diagnosis Menggunakan Pembelajaran ECIRR Berbantuan Simulasi Virtual dengan Instrumen Three-Tier Test. Mathematics And Sciences Forum.

Utami, R., Djudin, T., & Arsyid, S. B. (2014). Remediasi miskonsepsi pada fluida statis melalui model pembelajaran TGT berbantuan Mind Mapping di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(12), 1–12. https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i12.8181

Wahyudi, F., Didik, L. A., & Bahtiar, B. (2021). Pengembangan Instrumen Three Tier Test Diagnostik Untuk Menganalisis Tingkat Pemahaman dan Miskonsepsi Siswa Materi Elastisitas. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 4(2), 48. https://doi.org/10.29103/relativitas.v4i2.5184

Published
2025-04-24
How to Cite
Rizaldi, D., & Fatimah, Z. (2025). IDENTIFIKASI MISKONSEPSI FISIKA PADA MATERI ELASTISITAS ZAT PADAT. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(2), 1101 - 1112. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i2.872
Section
Articles