IDENTIFIKASI MISKONSEPSI FISIKA PADA MATERI ELASTISITAS ZAT PADAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai miskonsepsi yang terjadi pada siswa terkait materi elastisitas zat padat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di MA Plus Nurul Islam Sekarbela pada 31 siswa jurusan IPA. Data penelitian diperoleh menggunakan tes diagnostik berupa certainty of response index (CRI) sebanyak 30 soal. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara desktriptif dan dibandingkan dengan berbagai sumber penelitian relevan lainnya. Berdasarkan proses analisis tersebut diperoleh bahwa ditemukan berbagai miskonsepsi pada diri siswa disemua sub materi elastisitas zat padat dengan rata-rata nilai persentase miskonsepsi sebesar 8%. Miskonsepsi tertinggi ditemukan pada sub materi Hukum Hooke dengan nilai 19%, sedangkan sub materi terendah ditemukan pada sub materi regangan sebesar 2%.
Downloads
References
Artiawati, P. R., Mulyani, R., & Kurniawan, Y. (2016). Identifikasi Kuantitas Siswa Yang Miskonsepsi Menggunakan Three Tier-Test Pada Materi Gerak Lurus Beraturan (GLB). JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(1), 13. https://doi.org/10.26737/jipf.v1i1.54
Boro, A. M., Okyranida, I. Y., & Astuti, I. A. D. (2020). Pengembangan instrumen four tier-test pada konsep usaha dan energi. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(2), 147–146.
Didik, L. A., & Aulia, F. (2019). Analisa Tingkat Pemahaman dan Miskonsepsi Pada Materi Listrik Statis Mahasiswa Tadris Fisika Menggunakan Metode 3-Tier Multiple Choices Diagnostic. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 9(1), 99–111. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.1.2905
Fatimah, Z., Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 1(2). https://doi.org/10.29303/goescienceedu.v1i2.45
Firman, H. F., Ratnasari, J., & Windyariani, S. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Menggunakan Two-Tier Test Berbantuan Certainty Of Response Index: (Misconception Identification of Students using Two-Tier Test Assisted by Certainty of Response Index). BIODIK, 7(2), 33–44. https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12812
Fitri, D. A., Maison, M., & Kurniawan, D. A. (2023). Analisis Kebutuhan Awal: Inovasi Five-Tier Diagnostic Test untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 100–104. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.830
Gani, A. G. (2014). Pengenalan Teknologi Internet Serta Dampaknya. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 2(2). https://doi.org/10.35968/jsi.v2i2.49
Hasanah, K. (2013). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI IPA 3 MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021 [Doctoral dissertation]. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Hidayati, F. N., Akhsan, H., & Syuhendri, S. (2016). Identifikasi miskonsepsi siswa kelas X pada materi elastisitas dan hukum hooke di SMA Negeri 1 Indralaya. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(2). https://doi.org/10.36706/jipf.v3i2.3838
Ibrahim, E., & Yusuf, M. (1-13). Implementasi Modul Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Model REACT Berbasis Kontekstual pada Konsep Usaha dan Energi. Jambura Physics Journal, 1(1), 2019.
Ismatunsarrah, I., Ridha, I., & Hadiya, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Elastisitas di SMAN 1 Peusangan. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(1), 70–80. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.14567
Kurnia, D., Manik, T. S., & Hutajulu, P. E. (2022). Workshop Penggunaan Internet Sehat Berbasis Hotspot Mikrotik Di SMKS Dwiwarna Medan. Jurnal Pengabdian Ilmiah Dan Teknologi, 1(2), 14–18.
Lestari, S. S., Achmad, A., & Marpaung, R. R. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi IPA Kelas VII SMPN 2 Marga Sekampung. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 5(2), 1–12.
Mardiana, Y., Kalsum, T. U., Khairil, K., Supardi, R., & Romadoni, D. A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi (IT) Bagi Siswa Sekolah Menegah Atas Negeri 6 Kabupaten Kepahyang. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 2(2). https://doi.org/10.37676/jdun.v2i2.3970
Mukhlisa, N. (2021). Miskonsepsi Pada Peserta Didik. SPEED Journal : Journal of Special Education, 4(2), 66–76. https://doi.org/10.31537/speed.v4i2.403
Nisa, S. L., Praswoto, S. H. B., & Setyowati, E. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Elastisitas Pada Siswa Kelas XI di SMAN 4 Jember. FKIP E-PROCEEDING. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15146
Putra, I. E., Adlim, A., & Halim, A. (2016). Analisis Miskonsepsi dan Upaya Remediasi Pembelajaran Listrik Dinamis dengan Menggunakan Media Pembelajaran Lectora Inspire dan PhET Simulation di SMAN Unggul Tunas Bangsa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 4(2), 13–19.
Rizaldi, D. R., Andayani, Y., Doyan, A., Makhrus, Muh., Fatimah, Z., & Nurhayati, E. (2021). The use of Betel leaf in Nyirih tradition: Analyzing an ethnoscience-based learning material. International Journal on Education Insight, 2(1), 29. https://doi.org/10.12928/ijei.v2i1.3579
Rizaldi, D. R., & Fatimah, Z. (2022). Mataram City Student Perceptions in Recognizing and Using Smartphones. Indonesian Journal Education, 1(1), 11–17. https://doi.org/10.56495/ije.v1i1.172
Rizaldi, D. R., Makhrus, Muh., & Doyan, A. (2019). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Model Perubahan Konseptual Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(1), 74–81. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i1.794
Rizki, C., & Setyarsih, W. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dan Penyebabnya pada Materi Elastisitas Menggunakan Three-Tier Diagnostic Test. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 11(3), 32–43. https://doi.org/10.26740/ipf.v11n3.p32-43
Rosuli, N., Koto, I., & Rohadi, N. (2019). Pembelajaran Remedial Terpadu dengan Menerapkan Model Pembelajaran Generatif Untuk Mengubah Miskonsepsi Siswa Terhadap Konsep Usaha dan Energi. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 185–192. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.185-192
Suhantoro, M. (2020). Kajian mengenai Fenomena Miskonsepsi Universal di SMA N 1 Wonosobo terkait Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. FKIP E-PROCEEDING, 5. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/21702
Suhendi, H. Y., Kaniawati, I., & Maknun, J. (2014). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Profil Miskonsepsi Siswa Berdasarkan Hasil Diagnosis Menggunakan Pembelajaran ECIRR Berbantuan Simulasi Virtual dengan Instrumen Three-Tier Test. Mathematics And Sciences Forum.
Utami, R., Djudin, T., & Arsyid, S. B. (2014). Remediasi miskonsepsi pada fluida statis melalui model pembelajaran TGT berbantuan Mind Mapping di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(12), 1–12. https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i12.8181
Wahyudi, F., Didik, L. A., & Bahtiar, B. (2021). Pengembangan Instrumen Three Tier Test Diagnostik Untuk Menganalisis Tingkat Pemahaman dan Miskonsepsi Siswa Materi Elastisitas. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 4(2), 48. https://doi.org/10.29103/relativitas.v4i2.5184
Copyright (c) 2025 Dedi Riyan Rizaldi, Ziadatul Fatimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.