“EMOPUAN” BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL PATI UNTUK MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER SOSIAL ANAK SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah melakukan pengembanagan pada e-modul Puisi Anak untuk menanamkan karakter sosial anak sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan langkah sebagai berikut (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain. Instrument penelitian yang digunakan yakni (1) analisis kebutuhan Puisi Anak untuk menanamkan karakter sosial anak di sekolah dasar (2) pengembangan prototipe (3) data hasil validasi prototipe e-modul Puisi Anak oleh ahli. E-modul puisi anak digunakan sebagai upaya untuk menanamkan karakter sosial anak lewat puisi di Sekolah Dasar berisi kumpulan Puisi Anak berbasis budaya lokal Pati yang berorientasi pada karakter sosial. Berdasarkan angket kebutuhan melalui hasil wawancara dengan guru menyatakan memerlukan e-modul Puisi Anak. Sedangkan hasil validasi ahli,e-modul Puisi Anak dinilai valid telah memenuhi kriteria dari segi aspek media 87.5%, aspek materi 84%. Rerata nilai validitas keseluruhan 85,75%.
Downloads
References
Agustina, A. (2016). Transformasi Naskah Lakon Macbeth (1603-1607) Karya William Shakespeare Ke Film Throne of Blood atau Kumonosu-Jo (1957) Karya Akira Kurosawa. Journal of Urban Society’s Arts.
Aminuddin. (2009). Pengantar Apresiasi Karya Sastra.
Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERPENDEKATAN SCIENCE EDUTAINMENT TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 145–150. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1225
Bakara, P., Tambunan, L. Y., Yola, P., Panggabean, Y., Cibro, L., Sinaga, R., Akbar, S., Prima, U., & Medan, I. (2017). PEMBELAJARAN SASTRA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SISWA KELAS VIII-1 SMP YP . PANGERAN ANTASARI MEDAN. 98–108.
Bakhruddin, A., & Risasongko, A. A. (2022). Pembiasaan Sikap Tasamuh Santri Dalam Pembelajaran Rebana Kolosal. 16, 371–390.
Binti Bachtiar, E. S. (2016). Kompetensi Kognitif Pembelajaran Apresiasi Sastra Di Sekolah Dasar. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.22202/jg.2016.v2i1.1395
Fardani, M. A., & Wiranti, D. A. (2019). Bentuk Dan Proses Pembentukan Bahasa Prokem Para Pekerja Manyeng Di Desa Garung Lor Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(2), 368–383. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i2.2978
Haeriyah, H., & Pujiastuti, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif Berbantuan Aplikasi Anyflip Pada Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP. Primatika: Jurnal Pendidikan ….
Haka, N. B., Ermalia, E., & Putra, F. G. (2021). E-Modul Ekosistem Kearifan Lokal Lampung Barat Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Kelas X SMA. Journal Of Biology Education, 4(2), 124. https://doi.org/10.21043/jobe.v4i2.12085
Kosasih, E. (2013). Sastra klasik sebagai wahana efektif dalam pengembangan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra.
Praptiwi, F. N. (2017). Pendidikan Karakter Tokoh Utama dalam Novel Cahaya Cinta Pesantren Karangan Ira Madan dan Semester Pertama di Malory. repository.unj.ac.id.
Pratama, R. B., & Fikriyah, T. R. (2021). Pengembangan E-Modul Bemuatan Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V Sdn 2 Waruroyom. In Jurnal Kreatif …. download.garuda.kemdikbud.go.id.
Sakti, S., Sujinah, S., Kartika, P. C., Haryanti, T., & Supriyanto, E. (2022). Pengembangan e-Modul Puisi Rakyat Parikan untuk Pencapaian Elemen Membaca dan Memirsa. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 33–46. https://doi.org/10.22236/imajeri.v5i1.9941
Santika, A., & Sylvia, I. (2021). Efektivitas E-Modul Berbasis Anyflip untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Materi Peserta Didik pada Materi Nilai dan Norma Sosial Kelas X di SMA N 3 Payakumbuh. 2(4), 285–296.
Sapitri, A. N. A., Kironoratri, L., & Ahsin, M. N. (2022). Analisis Dampak Gawai terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di SDN Kedungwinong 01 Pati. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 3897–3902. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.951
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembanagan. Bandung Alfabeta.
Sulistyowati, R. I., Priyatni, E. T., & Dawud, D. (2016). Kearifan lokal dalam kumpulan cerpen siswa kelas XI SMAN 1 Kepanjen. neliti.com.
Suwardi, E. (2002). Metode pengajaran apresiasi sastra. (Yogyakarta). Radhita Buana.
Winangun, I. M. A. (2020). Media Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran IPA SD. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 65–72.
Yuliani, Y., & Sujinah, S. (2022). Efektivitas Model Problem Based Learning dengan Mode Hybrid pada Pembelajaran Menulis Teks Editorial Siswa Kelas XII. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 170–180. https://doi.org/10.22236/imajeri.v4i2.8856
Copyright (c) 2023 Lintang Kironoratri, Ahmad Bakhruddin, Much. Arsyad Fardani, Sekar Dwi Ardianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.