“EMOPUAN” BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL PATI UNTUK MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER SOSIAL ANAK SEKOLAH DASAR

  • Lintang Kironoratri Universitas Muria Kudus
  • Ahmad Bakhruddin Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Much. Arsyad Fardani Universitas Muria Kudus, Indonesia.
  • Sekar Dwi Ardianti Universitas Muria Kudus, Indonesia.
Keywords: puisi anak, kearifan lokal, karakter sosial anak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah melakukan pengembanagan pada e-modul Puisi Anak untuk menanamkan karakter sosial anak sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan langkah sebagai berikut (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain. Instrument penelitian yang digunakan yakni (1) analisis kebutuhan Puisi Anak untuk menanamkan karakter sosial anak di sekolah dasar (2) pengembangan prototipe (3) data hasil validasi prototipe e-modul Puisi Anak oleh ahli. E-modul puisi anak digunakan sebagai upaya untuk menanamkan karakter sosial anak lewat puisi di Sekolah Dasar berisi kumpulan Puisi Anak berbasis budaya lokal Pati yang berorientasi pada karakter sosial. Berdasarkan angket kebutuhan melalui hasil wawancara dengan guru menyatakan memerlukan e-modul Puisi Anak. Sedangkan hasil validasi ahli,e-modul Puisi Anak dinilai valid telah memenuhi kriteria dari segi aspek media 87.5%, aspek materi 84%. Rerata nilai validitas keseluruhan 85,75%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, A. (2016). Transformasi Naskah Lakon Macbeth (1603-1607) Karya William Shakespeare Ke Film Throne of Blood atau Kumonosu-Jo (1957) Karya Akira Kurosawa. Journal of Urban Society’s Arts.

Aminuddin. (2009). Pengantar Apresiasi Karya Sastra.

Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERPENDEKATAN SCIENCE EDUTAINMENT TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 145–150. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1225

Bakara, P., Tambunan, L. Y., Yola, P., Panggabean, Y., Cibro, L., Sinaga, R., Akbar, S., Prima, U., & Medan, I. (2017). PEMBELAJARAN SASTRA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SISWA KELAS VIII-1 SMP YP . PANGERAN ANTASARI MEDAN. 98–108.

Bakhruddin, A., & Risasongko, A. A. (2022). Pembiasaan Sikap Tasamuh Santri Dalam Pembelajaran Rebana Kolosal. 16, 371–390.

Binti Bachtiar, E. S. (2016). Kompetensi Kognitif Pembelajaran Apresiasi Sastra Di Sekolah Dasar. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.22202/jg.2016.v2i1.1395

Fardani, M. A., & Wiranti, D. A. (2019). Bentuk Dan Proses Pembentukan Bahasa Prokem Para Pekerja Manyeng Di Desa Garung Lor Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(2), 368–383. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i2.2978

Haeriyah, H., & Pujiastuti, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif Berbantuan Aplikasi Anyflip Pada Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP. Primatika: Jurnal Pendidikan ….

Haka, N. B., Ermalia, E., & Putra, F. G. (2021). E-Modul Ekosistem Kearifan Lokal Lampung Barat Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Kelas X SMA. Journal Of Biology Education, 4(2), 124. https://doi.org/10.21043/jobe.v4i2.12085

Kosasih, E. (2013). Sastra klasik sebagai wahana efektif dalam pengembangan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra.

Praptiwi, F. N. (2017). Pendidikan Karakter Tokoh Utama dalam Novel Cahaya Cinta Pesantren Karangan Ira Madan dan Semester Pertama di Malory. repository.unj.ac.id.

Pratama, R. B., & Fikriyah, T. R. (2021). Pengembangan E-Modul Bemuatan Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V Sdn 2 Waruroyom. In Jurnal Kreatif …. download.garuda.kemdikbud.go.id.

Sakti, S., Sujinah, S., Kartika, P. C., Haryanti, T., & Supriyanto, E. (2022). Pengembangan e-Modul Puisi Rakyat Parikan untuk Pencapaian Elemen Membaca dan Memirsa. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 33–46. https://doi.org/10.22236/imajeri.v5i1.9941

Santika, A., & Sylvia, I. (2021). Efektivitas E-Modul Berbasis Anyflip untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Materi Peserta Didik pada Materi Nilai dan Norma Sosial Kelas X di SMA N 3 Payakumbuh. 2(4), 285–296.

Sapitri, A. N. A., Kironoratri, L., & Ahsin, M. N. (2022). Analisis Dampak Gawai terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di SDN Kedungwinong 01 Pati. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 3897–3902. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.951

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembanagan. Bandung Alfabeta.

Sulistyowati, R. I., Priyatni, E. T., & Dawud, D. (2016). Kearifan lokal dalam kumpulan cerpen siswa kelas XI SMAN 1 Kepanjen. neliti.com.

Suwardi, E. (2002). Metode pengajaran apresiasi sastra. (Yogyakarta). Radhita Buana.

Winangun, I. M. A. (2020). Media Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran IPA SD. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 65–72.

Yuliani, Y., & Sujinah, S. (2022). Efektivitas Model Problem Based Learning dengan Mode Hybrid pada Pembelajaran Menulis Teks Editorial Siswa Kelas XII. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 170–180. https://doi.org/10.22236/imajeri.v4i2.8856

Published
2023-05-10
How to Cite
Kironoratri, L., Bakhruddin, A., Fardani, M., & Ardianti, S. (2023). “EMOPUAN” BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL PATI UNTUK MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER SOSIAL ANAK SEKOLAH DASAR. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 788-803. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.849
Section
Articles