IMPLEMENTASI STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT SISWA
Studi Multi Situs Di MTsn 3 Nganjuk Dan Mtsn 2 Kota Kediri
Abstract
Penelitian dalam disertasi ini dilatarbelakangi oleh fenomena pengembangan lembaga pendidikan yang berkualitas mempunyai proses yang bagus untuk menciptakan prestasi siswa yang tinggi dirancanglah kurikulum yang baik yang diajarkan oleh guru-guru yang berkualitas dan produk yang baik dibuktikan dengan siswanya mampu bersaing dengan sekolah-sekolah unggulan di dalam maupun di luar kota sehingga, dengan proses yang baik madrasah tidak lagi dipandang sebelah mata bahkan menjadi sekolah unggulan pilihan utama masyarakat. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah 1) analisis data kasus tunggal, 2) analisis lintas situs. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) Formulasi strategi kepala madrasah dalam pengembangan bakat dan minat siswa di MTsN 3 Nganjuk dan MTsN 2 Kota Kediri dilakukan dengan: perumusan visi dan misi madrasah, menentukan tujuan perencanaan pengembangan bakat dan minat siswa sudah dilaksanakan oleh madrasah, pemetaan bakat minat dilakukan berdasarkan kemampuan dan bidang studi. Rekrutmen siswa pendidikan dasar dengan pelaksanaan penilaian seleksi yang ketat dengan memperhatikan beberapa penilaian yaitu rekrutmen jalur akademik dilalui dengan nilai raport dan olimpiade. Rekrutmen seleksi non akademik dilihat dari hasil hafalan al-Qur’an siswa, olahraga, seni dan sebagainya. (2) Implementasi strategi kepala madrasah dalam pengembangan bakat dan minat siswa di MTsN 3 Nganjuk dan MTsN 2 Kota Kediri dilakukan dengan: 1) Program kegiatan ekstrakurikuler yang disediakan untuk semua siswa sesuai dengan potensi, minat, bakat, dan kemampuannya, sehingga siswa dapat berkembang secara maksimal. 2) Kegiatan pendukung melalui kegiatan rutin dan spontan yang dilakukan secara maksimal dapat mengembangkan bakat minat siswa.
Downloads
References
Akdon. (2016). Strategic Manajement for educational Management. Bandung: Alfabeta.
Ali, M., dan Asrori, M. (2014). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik,. Jakarta: PT bumi aksara.
Anwar, D. (2007). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Amelia.
Arikunto, S. (2009). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.
Asmani, J. M. (2015). Managemen Efektif Marketing Sekolah Strategi Menerapkan Jiwa Kompetisi dan Sportivitas Untuk Melahirkan Sekolah Unggulan. Yogyakarta: Diva Pres.
Bogdan, R. C., dan Biklen, S. K. (1998). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, inc.
Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fitri, A. Z., dan Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Madani Media.
Gie, T. L. (1998). Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Pusat Belajar Ilmu Berguna.
Hidayat, A., dan Machali, I. (2010). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Educa.
Hujair, dan Sanaky. (2003). Paradigma Pendidikan Islam Membangun Masyarakat Madani Indonesia. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan,. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama.
Louis, K. S., dan Murphy, J. (2017). Trust, caring and organizational learning: the leader’s role. Journal of Educational Administration, 55(1), 103–126. https://doi.org/10.1108/JEA-07-2016-0077
Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mustari, M. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Pearce, R. (1997). Manajemen Strategik Formulasi, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Binarupa Aksara.
Qomar, M. (2007). Manajemen Pendidikan Islam Strategi Baru Pengelolaan. Jakarta: Erlangga.
Robert K. Yin. (1987). Case Study Research: Design and Methods. Beverly Hills: Sage Publication.
Semiawan, C. R. (1997). Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta: Grasindo.
Sunarto, dan Hartono. (2002). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tilaar, H. A. R. (2000). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Uhbiyati, N. (2005). Ilmu Pendidikan Islam (IPI) untuk IAIN, STAIN, PTAIS. Bandung: Pustaka Setia.
Walgito, B. (2012). Pengantar Psikolog Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Yin, R. K. (2002). Case Study Research: Design and Methods. Beverly Hills: Sage Publication.
Copyright (c) 2022 Muhibbudin Muhibbudin, Mujamil Qomar, Abd. Aziz
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.