IMPLEMENTASI STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT SISWA

Studi Multi Situs Di MTsn 3 Nganjuk Dan Mtsn 2 Kota Kediri

  • Muhibbudin Muhibbudin IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk
  • Mujamil Qomar UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Abd. Aziz UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
Keywords: Implementasi, Strategi kepala madrasah, Bakat, Minat, Siswa

Abstract

Penelitian dalam disertasi ini dilatarbelakangi oleh fenomena pengembangan lembaga pendidikan yang berkualitas mempunyai proses yang bagus untuk menciptakan prestasi siswa yang tinggi dirancanglah kurikulum yang baik yang diajarkan oleh guru-guru yang berkualitas dan produk yang baik dibuktikan dengan siswanya mampu bersaing dengan sekolah-sekolah unggulan di dalam maupun di luar kota sehingga, dengan proses yang baik madrasah tidak lagi dipandang sebelah mata bahkan menjadi sekolah unggulan  pilihan utama masyarakat.  Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah 1) analisis data kasus tunggal, 2) analisis lintas situs. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa:  (1)  Formulasi strategi  kepala madrasah dalam pengembangan bakat dan minat siswa di MTsN 3 Nganjuk dan MTsN 2 Kota Kediri dilakukan dengan: perumusan visi dan misi madrasah, menentukan tujuan perencanaan pengembangan bakat dan minat siswa sudah dilaksanakan oleh madrasah,    pemetaan bakat minat dilakukan  berdasarkan kemampuan dan bidang studi. Rekrutmen siswa pendidikan dasar dengan pelaksanaan penilaian seleksi yang ketat dengan memperhatikan beberapa penilaian yaitu rekrutmen jalur akademik dilalui dengan nilai raport dan olimpiade. Rekrutmen seleksi non akademik dilihat dari hasil hafalan al-Qur’an siswa, olahraga, seni dan sebagainya. (2) Implementasi strategi kepala madrasah dalam pengembangan bakat dan minat siswa di MTsN 3 Nganjuk dan MTsN 2 Kota Kediri dilakukan dengan: 1) Program kegiatan ekstrakurikuler yang disediakan untuk semua siswa sesuai dengan potensi, minat, bakat, dan kemampuannya, sehingga siswa dapat berkembang secara maksimal. 2) Kegiatan pendukung  melalui kegiatan rutin  dan spontan yang dilakukan secara maksimal dapat mengembangkan  bakat minat siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akdon. (2016). Strategic Manajement for educational Management. Bandung: Alfabeta.

Ali, M., dan Asrori, M. (2014). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik,. Jakarta: PT bumi aksara.

Anwar, D. (2007). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Amelia.

Arikunto, S. (2009). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Asmani, J. M. (2015). Managemen Efektif Marketing Sekolah Strategi Menerapkan Jiwa Kompetisi dan Sportivitas Untuk Melahirkan Sekolah Unggulan. Yogyakarta: Diva Pres.

Bogdan, R. C., dan Biklen, S. K. (1998). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, inc.

Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fitri, A. Z., dan Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Madani Media.

Gie, T. L. (1998). Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Pusat Belajar Ilmu Berguna.

Hidayat, A., dan Machali, I. (2010). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Educa.

Hujair, dan Sanaky. (2003). Paradigma Pendidikan Islam Membangun Masyarakat Madani Indonesia. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan,. Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama.

Louis, K. S., dan Murphy, J. (2017). Trust, caring and organizational learning: the leader’s role. Journal of Educational Administration, 55(1), 103–126. https://doi.org/10.1108/JEA-07-2016-0077

Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mustari, M. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Pearce, R. (1997). Manajemen Strategik Formulasi, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Binarupa Aksara.

Qomar, M. (2007). Manajemen Pendidikan Islam Strategi Baru Pengelolaan. Jakarta: Erlangga.

Robert K. Yin. (1987). Case Study Research: Design and Methods. Beverly Hills: Sage Publication.

Semiawan, C. R. (1997). Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta: Grasindo.

Sunarto, dan Hartono. (2002). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tilaar, H. A. R. (2000). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Uhbiyati, N. (2005). Ilmu Pendidikan Islam (IPI) untuk IAIN, STAIN, PTAIS. Bandung: Pustaka Setia.

Walgito, B. (2012). Pengantar Psikolog Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Yin, R. K. (2002). Case Study Research: Design and Methods. Beverly Hills: Sage Publication.

Published
2022-07-05
How to Cite
Muhibbudin, M., Qomar, M., & Aziz, A. (2022). IMPLEMENTASI STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN BAKAT DAN MINAT SISWA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 362-380. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.512
Section
Articles