PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK SISWA KELAS XI TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DI SMK NEGERI 1 SUBOH
Abstract
Tujuan penelitian Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif
administrasi infastruktur jaringan berbasis adobe flash peserta didik kelas XI teknik
komputer jaringan di SMK Negeri 1 Suboh tahun pelajaran 2018/2019. Untuk dapat
menghasilkan produk tertentu digunakan penelitian yang bersifat analisis dan untuk
menguji keefektifan produk tersebut agar dapat berfungsi di masyarakat luas maka
diperlukan penelitian untuk menguji keefektifan produk tersebut. Berdasarkan beberapa
definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan (Research and
Development / R & D) adalah suatu langkah untuk mengembangkan suatu produk baru
atau menyempurnakan produk yang sudahada dan menguji keefekitifannya.
Berdasarkan hasil perhitungan analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian dan
pengembangan diatas nilai hasil rata – rata dimasukkan dengan rumus X yang disebut
nilai rata – rata dan dijumlahkan seluruh nilai rata – rata dari 20 responden siswa dengan
sigma ∑X ( jumlah keselurahan) kemudian hasil dari jumlah keseluruhan dibagi N
(jumlah responden siswa) hingga hasilnya dapat diketahui bahwa media pembelajaran
interaktif berbasis Adobe Flash memperoleh skor 40,55 dengan kriteria penilaian (Setuju)
sehingga dapat dinyatakan layak karena telah melewati beberapa tahap – tahap revisi
sebelumnya dan hasil akhirnya memperoleh respon baik dari keseluruhan jumlah
responden siswa.
Downloads
References
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.Arikunto, S.
Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.
Aritonang, R. Lerbin, R. 2007. Teori dan Praktik Riset. Bogor: Ghalia Indonesia Borg dan Gall. (1983). Educational Research, An Introduction. New York and London. Longman Inc.
DEPDIKNAS. (2007). Materi Soialisasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. KEMENDIKBUD. (2013). Administrasi Jaringan. Jakarta. Munadi, Yudhi.
(2010). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung
Persada (GP) Press.
Purnomo, Wahyu & Andreas, Wahyu. (2013). Administrasi Jaringan. Jakarta: KEMENDIKBUD.
Puspitasari, Y., Noervadila, I., Astindari, T., & Sahwari, S. (2018). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 5 PANJI. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 41-53.
Pramono, Andi. (2006). Presentasi Administrasi Jaringan dengan Macromedia
Flash. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Rizkyansyah, Irvan. (2013). Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran
Interaktif Teknik Komputer Jaringan Berbasis Adobe Flash di Lembaga Kursus Jaringan Ethnictro Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.
Richey, C Rita and Klein, D James. (2007). Design and Development Research
Metdhods, Strategies and Issues. Lawrence Erbaum Associates, Inc. Riduwan. (2004). Skala Pengukuran Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta. Sanaky, Hujair AH. (2011). Media Pembelajaran; Buku Pegangan Wajib Guru
dan Dosen. Yogyakarta: PT Kaukaba Dipantara.
Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2011). Media Pengajaran (Penggunaan dan
Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiono. (2011). Metode Penelitian Pengembangan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukmadinata. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Sujadi, 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan pengembangan R&D. Jakarta.
Rineka Cipta.
Udayana, I Nyoman. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Jaringan Model Tutorial pada Mata Pelajaran Administrasi Jaringan untuk Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 3 Singaraja. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Pendidikan Ganesha.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.