PERAN GURU DALAM MENGAJAR BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR

  • Chevinda Julvianti Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Garnish Gemintang Gmaries Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Nabila Qonitah Vidyayanti Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Zulfadewina Zulfadewina Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Keywords: pendidikan inklusif, anak berkebutuhan khusus, pembelajaran berdiferensiasi

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran guru dalam mengajar anak berkebutuhan khusus (ABK) di SDN Baru 06 Pagi Jakarta, yang merupakan salah satu sekolah inklusif. Fokus utama penelitian adalah tantangan yang dihadapi guru dalam merancang pembelajaran diferensiasi untuk memenuhi kebutuhan ABK tanpa adanya diskriminasi, sehingga anak-anak dengan keterbatasan dapat belajar secara optimal. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi strategi, kendala, dan dampak peran guru dalam mendukung pendidikan inklusif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yang melibatkan wawancara mendalam dengan guru dan kepala sekolah, observasi terhadap proses pembelajaran, serta dokumentasi kegiatan belajar-mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan pendekatan individual, visual, dan multisensori. Guru juga bekerja sama dengan orang tua untuk mendukung perkembangan ABK, seperti melalui pemberian latihan tambahan dan konsultasi rutin. Hambatan yang dihadapi mencakup keterbatasan pelatihan khusus bagi guru, kekurangan fasilitas inklusif, serta kebutuhan untuk memodifikasi metode ajar agar sesuai dengan kebutuhan siswa. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa peran guru sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar inklusif yang kondusif. Guru perlu mendapat dukungan berupa pelatihan berkelanjutan dan pengadaan sarana yang memadai untuk memastikan keberhasilan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damastuti, E. (2020). Pendidikan anak dengan hambatan intelektual. In Prodi PLB FKIP ULM.

Devy Wahyu Cindy Mulyani, A. (2021). Strategi Pembelajaran Peserta Didik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDN Antar Baru 1 Maraban. Jurnal Pendidikan Hayati, 7(4), 197–216.

Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Isroini, S. P., & Harsiwi, N. E. (2024). Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Universitas Trunojoyo Madura. 2, 75–83.

Kasman, O. : (2020). Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(2), 514–519.

Khaq, F. A., Kholidah, N. R. J., & ... (2024a). Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Metode Talking Stick. Prosiding …, 72–78.

Khaq, F. A., Kholidah, N. R. J., & ... (2024b). Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Metode Talking Stick. Prosiding …, 72–78.

Kusumawardhani, R. D. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Inovatif Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 3(1), 319–327.

Lubis, R., Syafitri, N., Maylinda, R. N., Alyani, N. N., Anda, R., Zulfiyanti, N., & Surbakti, O. Z. (2023). Pendekatan Behavioristik untuk Anak Disabilitas Intelektual Sedang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1626–1638. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4161

Machrus, M. A. (2020). Strategi guru dalam meningkatkan interaksi sosial ABK di SD inklusi (studi kasus di SD anak saleh Malang). 50.

Ndasi, A. A. R., Iko, M., Meo, A. R., Bupu, M. Y., Dhiu, M. I., Inggo, M. S., Jaun, A. Y. R., & Wogo, R. (2023). Peran Guru Dalam Memberikan Layanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(2), 173–181. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i2.2106

Nuraeni, Y., MS, Z., & Boeriswati, E. (2020). A Case Study of Curriculum Implementation and K-13 Challenges in Indonesia. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(8), 14. https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i1.2263

Nurfadhilah, S., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Putri, A. A., Handayani, S. S., Asshiddiq, A., & Awaliyah, S. (2021). Analisis Anak Berkebutuhan Khusus Ketunaan Adhd Di SDN Petir 2 Kota Tangerang. In YASIN : Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya (Vol. 1, Issue 2). https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/yasin

Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017a). Motion Development Program for Parents of Child with Cerebral Palsy ( Pengembangan Program Bina Gerak untuk Orang Tua Anak Cerebral Palsy ). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160–164.

Pradipta, R. F., & Andajani, S. J. (2017b). Motion Development Program for Parents of Child with Cerebral Palsy ( Pengembangan Program Bina Gerak untuk Orang Tua Anak Cerebral Palsy ). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 160–164.

Rahmandhani, M. A., Rivadah, M., Al-Husna, Y. S., Alamanda, C., & Ridho, M. R. (2021). Karakteristik dan Model Bimbingan Pendidikan Islam Bagi ABK Tunagrahita. Masaliq, 1(3), 176–190. https://doi.org/10.58578/masaliq.v1i3.61

Rasyada, A., Zulfah, R., & Hasanah, U. (2022). Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di Sdlbn 1 Amuntai. Islamic Education, 1(1), 1–8.

Ratri. (2016a). Psikologi Anak berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikoosaina.

Ratri. (2016b). Psikologi Anak berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikoosaina.

Riadiyani, Y. F., Rakhmawati, D., & Handayani, A. (2024). Disleksia : Tantangan dalam Pembelajaran dan Strategi Mengatasi Kesulitan Membaca dan Menulis. 8, 30734–30740.

Romadhon, M., & Supena, A. (2021). Penanganan Siswa Learning Disabilities di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Basicedu, 5(3), 1471–1478. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.941

Rombot, O. (2017). Pendidikan Inklusi. Bina Nusantara.

Sari, E. C. (2022). Kurikulum Di Indonesia: Tinjauan Perkembangan Kurikulum Pendidikan. Inculco Journal of Christian Education, 2(2), 93–109. https://doi.org/10.59404/ijce.v2i2.54

Sinthia, R., Ardina, M., & Afriwilda, M. T. (2024). PELATIHAN DETEKSI DINI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS BAGI GURU TAMAN KANAK-KANAK. 4(2), 312–318.

Surahman, E., & Mukminan, M. (2017). Peran guru IPS sebagai pendidik dan pengajar dalam meningkatkan sikap sosial dan tanggung jawab sosial siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i1.8660

Undang-Undang. (n.d.). Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 5 ayat (1).

Widiada, I. K., Sudirman, S., Darmiany, D., Gunayasa, I. K., & Syazali, M. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Inklusi bagi Peserta Didik Learning Disability di Sekolah Dasar Negeri Kota Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(4), 1028. https://doi.org/10.33394/jk.v7i4.3614

Yusri Mudarlis. (2020). Hakikat Anak Usia Dini Yusri Mudarlis 22355048 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini , Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Padang. 1.

Published
2025-04-19
How to Cite
Julvianti, C., Gmaries, G. G., Vidyayanti, N. Q., & Zulfadewina, Z. (2025). PERAN GURU DALAM MENGAJAR BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(2), 1041 - 1061. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i2.1775
Section
Articles