KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DI SMAN 1 SAMPANAHAN: STRATEGI, IMPLEMENTASI, DAN DAMPAKNYA

  • Sutrisno Sutrisno Program Studi Magister Aministrasi Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Abduh Program Studi Magister Aministrasi Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhsinin Muhsinin Program Studi Magister Aministrasi Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat
  • Aslamiah Aslamiah Program Studi Magister Aministrasi Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat
  • Celia Cinantya Program Studi Magister Aministrasi Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Partisipasi Siswa

Abstract

Kepemimpinan transformatif di SMAN 1 Sampanahan berkontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan keterlibatan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas kepemimpinan transformatif di sekolah tersebut. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan dan dianalisis berdasarkan pengalaman serta perspektif kepala sekolah, guru, dan siswa. Hasil penelitian mengungkap bahwa kebijakan transformatif berdampak positif terhadap motivasi siswa, keterlibatan dalam kegiatan ekstrakurikuler, serta pencapaian akademik. Meskipun tantangan seperti ketahanan terhadap perubahan dan keterbatasan sumber daya masih dihadapi, hambatan tersebut dapat diatasi melalui strategi yang tepat. Temuan penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi pengembangan kepemimpinan sekolah di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.

Fauzina, N., Fauzan, A., & Ayu, S. M. (2024). Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap pelaksanaan pendidikan: Narrative literature review. Learning Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 725–737.

Koesdarwati, S. E., Santi, N. N., & Wiguna, F. A. (2023). Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Sdn Mojoroto 4 Kota Kediri. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(1), 339–350. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i1.804

Lamirin, L., Santoso, J., & Selwen, P. (2023). Penerapan strategi kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kinerja organisasi pendidikan. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 14(2), 400–409. https://doi.org/10.37304/jikt.v14i2.259

Marlina, D., & Suriansyah, A. (2019). The effect of transformational leadership and work motivation on teacher performance through teacher discipline. Journal of K6 Education and Management, 2(4), 340–348.

Muhibbudin, M., Qomar, M., & Aziz, Abd. (2022). Implementasi Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Bakat Dan Minat Siswa. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 362–380. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.512

Normianti, H., Aslamiah, & Suhaimi. (2019). Relationship of transformational leaders of principal, teacher motivation, teacher organization commitments with performance of primary school teachers in Labuan Amas Selatan, Indonesia. European Journal of Education Studies, 5(11), 123–141. https://doi.org/10.5281/zenodo.2583734

Riyannie, D., Suriansyah, A., & Wahyu, W. (2024). Kepemimpinan kepala sekolah pada SMA unggul (studi multi kasus pada SMA Negeri 1 Kuala Kapuas dan SMA Negeri 1 Basarang Kabupaten Kapuas. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(7), 392–406.

Robertus, M., M., & Santosa, H. (2020). The effect of transformational leadership and organizational culture on work commitments in SMP Jakarta Selatan. Technium Social Sciences Journal, 7, 49–58. https://doi.org/10.47577/tssj.v7i1.390

Sugiyono, S. (2018). Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif (R & D., Eds.; Vol. 4).

Suriansyah, A., Aslamiah, A., Sulaiman, S., & Noorhafizah, N. (2014). Strategi pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada.

Suriansyah, A., Aslamiah, Maimunah, & Hikmah, M. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Manajemen Pendidikan Sekolah Dasar Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 24–37.

Zulkarnaen, Z., Supriyati, Y., & Sudiarditha, I. K. R. (2020). Pengaruh budaya sekolah, gaya kepemimpinan transformasional, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 175–185.

Published
2025-04-29
How to Cite
Sutrisno, S., Abduh, M., Muhsinin, M., Aslamiah, A., & Cinantya, C. (2025). KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DI SMAN 1 SAMPANAHAN: STRATEGI, IMPLEMENTASI, DAN DAMPAKNYA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(2), 1131 - 1145. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i2.1769
Section
Articles