STUDI RUANG AKOMODASI PENUMPANG PADA KENDARAAN MINI-MPV DALAM KERANGKA TUGAS KELAS STUDIO PERANCANGAN INTERIOR TRANSPORTASI MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMETAAN RUANG KABIN KENDARAAN

  • Erwin Rezasyah Program Studi Desain Interior, Universitas Esa Unggul, Jakarta
  • Karna Mustaqim Program Studi Desain Interior, Universitas Esa Unggul, Jakarta
Keywords: Desain Interior, Desain Transportasi, Akomodasi penumpang, Pembelajaran berbasis studio

Abstract

Penelitian yang berbasis kelas studio (Studio Learning-based research) dalam perancangan interior transportasi ini berfokus pada pembelajaran mengenai ruang okupansi dalam desain interior kabin kendaraan. Kegiatan ini melibatkan enam belas (16) mahasiswa yang diberikan instruksi untuk memetakan ruang okupansi di bagian belakang kendaraan jenis Mini-MPV berkapasitas 7 penumpang. Tujuan dari pemetaan ini adalah untuk memperoleh gambaran awal mengenai perbandingan ukuran ruang bagi penumpang di kursi baris ketiga dari berbagai merek Mini-MPV dengan konfigurasi 7 tempat duduk yang banyak beredar di Indonesia. Dalam sesi kelas sebelumnya, mahasiswa telah menerima materi tentang perancangan interior transportasi, termasuk aspek-aspek pemetaan yang perlu diperhatikan, seperti bentuk kontur kursi penumpang, lebar ruang duduk, dan tinggi tempat duduk. Kegiatan ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepekaan masing-masing mahasiswa terhadap konsep ruang okupansi dalam kendaraan. Penelitian ini menerapkan pendekatan studi kasus berdasarkan hasil pembelajaran, dengan memilih tiga (3) mahasiswa sebagai sampel untuk bahan analisis. Dari presentasi akhir ketiga responden, ditemukan adanya perbedaan dalam hasil yang disajikan, baik dari segi detail penjelasan, kualitas penyajian data, maupun pemahaman terhadap instruksi pemetaan yang telah diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abadi, M. S. (2023, September 9). Peran dan Fungsi Antropometri pada Desain Jok Mobil yang Ergonomis. Solo Abadi.

Bubb, H., Grünen, R. E., & Remlinger, W. (2021). Anthropometric vehicle design. Automotive Ergonomics, 343–468.

Dealer. (2025, March 18). MPV Adalah Mobil Keluarga Paling Nyaman Digunakan Untuk Mudik dan Liburan. Wuling.

Elliott, R., & Timulak, L. (2021). Essentials of descriptive-interpretive qualitative research: a generic approach. American Psychological Association.

Febriansyah, A., & Syamsiyah, N. (2024). Evaluation Model For Indonesian Language Learning At MTS Miftahul Khoir. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 6(1), 42–48. https://doi.org/10.52647/jep.v6i1.118

Gallagher, T. L., Orellana García, P., Vokatis, B., Johnson, T., Cavendish, L., Hoch, M. L., Waller, R., & Huggins, S. S. (2025). Preparing Tutors for Assessment, Data-based Instruction, and Reflective Practice. Literacy Practice and Research, 49(1), 2.

Julia, K., Peter, V. R., & Marco, K. (2021). Educational scalability in MOOCs: Analysing instructional designs to find best practices. Computers & Education, 161, 104054. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104054

Kumar, J. A., Silva, P. A., & Prelath, R. (2021). Implementing studio-based learning for design education: A study on the perception and challenges of Malaysian undergraduates. International Journal of Technology and Design Education, 31(3), 611–631.

Malik, K. M., & Zhu, M. (2023). Do project-based learning, hands-on activities, and flipped teaching enhance student’s learning of introductory theoretical computing classes? Education and Information Technologies, 28(3), 3581–3604.

Muktamar, A., Jata, I. W., Sos, S., Sofyan, A., Abroto, S. P., Sari, E., Basiran, S. A., Martalasari, S. S., Istiqomah, A., & Safaah, T. N. (2024). Dasar Pendidikan. Cendikia Mulia Mandiri.

Rao, K. (2021). Inclusive instructional design: Applying UDL to online learning. The Journal of Applied Instructional Design, 10(1), 1–10.

Rezasyah, E., Pradita, R. S., Loekitodisastro, M. A. L. V., Angeline, C., & Mangindaan, D. (2020). Permodelan Materi Pengajaran Mata Kuliah Ergonomi pada Program Product Design Engineering. Engineering, MAthematics and Computer Science (EMACS) Journal, 2(3), 107–114. https://doi.org/10.21512/emacsjournal.v2i3.6598

Susana, I. G. B., Alit, I. B., & Aryadi, I. G. A. K. C. A. W. (2022). Aplikasi ergonomi berdasarkan data antropometri pekerja pada desain alat kerja. Energy, Materials and Product Design, 1(1), 28–34.

Taylor, S., Ryan, M., & Elphinstone, L. (2021). Generating genuine inclusion in higher education utilising an original, transferable, and customisable model for teaching and assessing reflective learning. Reflective Practice, 22(4), 531–549. https://doi.org/10.1080/14623943.2021.1933408

You, Y., Liu, G., & Liu, L. (2022). Art design method of interior space layout based on cad drawing. Computer-Aided Design & Applications, 19, 44–54.

Published
2025-04-23
How to Cite
Rezasyah, E., & Mustaqim, K. (2025). STUDI RUANG AKOMODASI PENUMPANG PADA KENDARAAN MINI-MPV DALAM KERANGKA TUGAS KELAS STUDIO PERANCANGAN INTERIOR TRANSPORTASI MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMETAAN RUANG KABIN KENDARAAN. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(2), 1062 - 1078. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i2.1749
Section
Articles