SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara sistematis pengaruh media pembelajaran digital terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik melalui tinjauan literatur sistematis. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan mengadopsi pedoman PRISMA. Pencarian literatur dilakukan menggunakan aplikasi Publish or Perish (PoP) untuk mengakses Google Scholar dengan rentang tahun 2019-2025. Dari 100 artikel yang diidentifikasi, 25 artikel akhir dipilih untuk dianalisis secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode penelitian yang paling banyak digunakan adalah Research and Development (R&D) sebanyak 12 penelitian, diikuti metode eksperimental 8 penelitian, kualitatif 4 penelitian, dan PTK 1 penelitian; (2) media pembelajaran digital mempunyai pengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematis, ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar dan respon positif peserta didik; (3) keunggulan media pembelajaran digital meliputi visualisasi konsep abstrak, pembelajaran interaktif, dan peningkatan keterlibatan aktif peserta didik. Penelitian ini memberikan landasan empiris untuk pengembangan dan implementasi media pembelajaran digital yang lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik.
Downloads
References
Anggraeni, E. R., Ma’rufi, M., & Suaedi, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 43–55. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.503
Anjarwati, S., Pujiastuti, H., & Ihsanudin, I. (2022). Pengembangan Pocket Book Digital Berbasis Project Based Learning Menggunakan GeoGebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 111. https://doi.org/10.56704/jirpm.v3i2.13414
Ardiansyah, M. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Bilangan Pecahan dengan Platform Quizizz. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 6.
Ariyanto, L., Aditya, D., & Dwijayanti, I. (2019). Pengembangan Android Apps Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 40. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i1.355
Bito, N., & Masaong, A. K. (2023). Peran Media Pembelajaran Matematika sebagai Teknologi dan Solusi dalam Pendidikan Di Era Digitalisasi dan Disruption. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(1), 88–97. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v4i1.17376
Cahya, R. C. (2020). Pengaruh Game Interaktif Terhadap Peningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 83–92. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i2.50
Dwimarta, A., Hadi, F. R., & Marlina, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Berbantuan Media Ular Tangga Digital Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4(0), 1360–1366. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/4602
Eka, Z., Isrok’atun, & Sunaengsih, C. (2024). PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI KELILING BANGUN DATAR KELAS III SDN SADAGORI 1 Zakia Eka Putri Universitas Pendidikan Indonesia , Jawa Barat , Indonesia Isrok ’ atun Universitas Pendidikan Indonesia , Jawa Barat ,. 8(4), 1854–1869. https://doi.org/10.35931/am.v8i4.4092
Endriani, D., Retno, Y., & Ulhusna, M. (2025). Analisis Kuantitatif Permainan Engklek dalam Pembelajaran Bangun Datar dan Kekongruenan di Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(1), 491–504.
Halim, A., & Hadi, M. S. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Media Digital dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 275 Jakarta. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 8333–8341.
Hariyono, M., & Nur Widhi, E. (2021). Geoshape Digital: Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 35. https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.35-50
Hasna Nur Alifah, Umi Virgianti, Muhammad Imam Zamah Sarin, Dicky Amirul Hasan, Fina Fakhriyah, & Erik Aditia Ismaya. (2023). Systematic Literature Review: Pengaruh Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(3), 103–115. https://doi.org/10.54066/jikma.v1i3.463
I.M.A. Purwadi. (2022). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Eucation (Rme) Berbantuan Media Belajar Berbasis Digital “Kahoot!” Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(2), 81–88. https://doi.org/10.23887/jppmi.v11i2.1677
Jazuli, L. O. A., Arvyaty, A., Hasnawaty, H., & Ibrahim, M. F. (2024). Pengembangan media pembelajaran Articulate Storyline untuk pemahaman konsep materi turunan. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 10(2), 139–152. https://doi.org/10.21831/jrpm.v10i2.71066
Khasanah, A., & Rizka Amalia, S. (2023). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Google Sites Berbantuan Quizizz Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK. Dialektika Pendidikan Matematika, 10(2), 896–908.
Lestari, P. I., & I Nengah Suastika. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual PPKn Muatan Persatuan dalam Keberagaman. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 4(1), 34–42. https://doi.org/10.31960/ijolec.v4i1.1023
M. Ardiansyah, M. A., & Nugraha, M. L. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Youtube Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 912–918. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5828
Marwa, Kresnadi, H., & Pranata, R. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Digital Kahoot Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas V SD Mujahidin Pontianak. Journal on Education, 06(01), 6760–6769.
Nabila, C., Utami, R., Ayu, R., & Ngazizah, N. (2025). Penggunaan Media Powerpoint Interaktif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Pola Gambar dan Pola Bilangan pada Kelas 4 SD. 8, 1787–1798.
Nur’aini, F. A., & Nurul Arfinanti. (2024). Systematic Literature Review: Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(2), 180–189. https://doi.org/10.29303/griya.v4i2.437
Nur, F., Fitri, Novitasari, W., Rahman, N. R., & Nabila. (2024). Pengembangan Media Video Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 6(2), 95–106. https://doi.org/10.52005/belaindika.v6i2.185
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421
Nurhikmah, S. (2024). Pengaruh Video Pembelajaran Interaktif Terdapat Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas IX SMA Negeri 38 Padang. THEOREMS (THE JOuRnal of MathEMatics), 9(1). http://www.ojs.fkipummy.ac.id/index.php/theorems/article/view/818%0Ahttp://www.ojs.fkipummy.ac.id/index.php/theorems/article/download/818/541
Page, M. J., McKenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., Shamseer, L., Tetzlaff, J. M., Akl, E. A., Brennan, S. E., Chou, R., Glanville, J., Grimshaw, J. M., Hróbjartsson, A., Lalu, M. M., Li, T., Loder, E. W., Mayo-Wilson, E., McDonald, S., … Moher, D. (2022). The PRISMA 2020 statement: an updated guideline for reporting systematic reviews. Revista Panamericana de Salud Publica/Pan American Journal of Public Health, 46, 1–11. https://doi.org/10.26633/RPSP.2022.112
Prima, V., & Harjono, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website “Geo Me Try” untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar. 9(April), 1–23.
Purnama, S. J., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide pada Materi Pecahan Sederhana di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2440–2448. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1247
Putri Khairani, B., Roza, Y., & Maimunah. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA/MA Pada Materi Barisan Dan Deret. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1578–1587.
Rizki Ailulia, Saidah, P. N., & Sutriani, W. (2022). Analisis Penerapan Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Plotagon Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar Kelas V. Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 47–56. https://doi.org/10.56916/jp.v1i2.57
Sari, D. M., & Siregar, N. (2022). Pengembangan Modul Digital Menggunakan Desain Pembelajaran ELPSA untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 321. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.13606
Sarumaha, Y. A., Putra, A. P., & Hermawan, T. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 21–30. http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/view/1043%0Ahttp://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/download/1043/724
Sasmita, P. R., & Hartoyo, Z. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran STEM Project Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 2(2), 136–148. https://doi.org/10.31540/sjpif.v2i2.1081
Shifa, A., Amelia, N., Anando, Y., & Rofisian, N. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar. 2(3), 999–1003.
Silvi Triana Safitri, Darminto, B. P., & Purwaningsih, W. I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Berbantu Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 39–46. https://doi.org/10.32528/gammath.v8i1.276
Syafitri, Dita, A. D. K. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Geogebra terhadap pemahaman konsep matematika pada bangun ruang. 16(1).
Wahyudi, R., Nugroho, P. B., & Dinata, K. B. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Media Digital Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Lingkaran Kelas VIII MTS Negeri 1 Lampung Utara. Griya Cendikia, 8(1), 79–90. https://doi.org/10.47637/griyacendikia.v8i1.597
Wasitoh, I., Karlimah, K., & Saputra, E. R. (2023). Hambatan Berpikir Aljabar Siswa pada Konsep Perkalian Bilangan Cacah di Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i3.82097
Za’im, L. U. (2020). Pengembangan game edukasi “beruang pintar (belajar bangun ruang pintar)” untuk memfasilitasi pemahaman konsep. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 289–300.
Copyright (c) 2025 Aina Nabila, Abdul Aziz, Rohmat Suprapto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.