SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

  • Aina Nabila Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Abdul Aziz Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia
  • Rohmat Suprapto Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia
Keywords: Media Pembelajaran Digital, Pemahaman Konsep, Matematika, Systematic Literature Review

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara sistematis pengaruh media pembelajaran digital terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik melalui tinjauan literatur sistematis. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan mengadopsi pedoman PRISMA. Pencarian literatur dilakukan menggunakan aplikasi Publish or Perish (PoP) untuk mengakses Google Scholar dengan rentang tahun 2019-2025. Dari 100 artikel yang diidentifikasi, 25 artikel akhir dipilih untuk dianalisis secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode penelitian yang paling banyak digunakan adalah Research and Development (R&D) sebanyak 12 penelitian, diikuti metode eksperimental 8 penelitian, kualitatif 4 penelitian, dan PTK 1 penelitian; (2) media pembelajaran digital mempunyai pengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematis, ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar dan respon positif peserta didik; (3) keunggulan media pembelajaran digital meliputi visualisasi konsep abstrak, pembelajaran interaktif, dan peningkatan keterlibatan aktif peserta didik. Penelitian ini memberikan landasan empiris untuk pengembangan dan implementasi media pembelajaran digital yang lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, E. R., Ma’rufi, M., & Suaedi, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 43–55. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.503

Anjarwati, S., Pujiastuti, H., & Ihsanudin, I. (2022). Pengembangan Pocket Book Digital Berbasis Project Based Learning Menggunakan GeoGebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 111. https://doi.org/10.56704/jirpm.v3i2.13414

Ardiansyah, M. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Bilangan Pecahan dengan Platform Quizizz. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 6.

Ariyanto, L., Aditya, D., & Dwijayanti, I. (2019). Pengembangan Android Apps Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 40. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i1.355

Bito, N., & Masaong, A. K. (2023). Peran Media Pembelajaran Matematika sebagai Teknologi dan Solusi dalam Pendidikan Di Era Digitalisasi dan Disruption. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(1), 88–97. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v4i1.17376

Cahya, R. C. (2020). Pengaruh Game Interaktif Terhadap Peningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 83–92. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i2.50

Dwimarta, A., Hadi, F. R., & Marlina, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Berbantuan Media Ular Tangga Digital Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4(0), 1360–1366. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/4602

Eka, Z., Isrok’atun, & Sunaengsih, C. (2024). PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI KELILING BANGUN DATAR KELAS III SDN SADAGORI 1 Zakia Eka Putri Universitas Pendidikan Indonesia , Jawa Barat , Indonesia Isrok ’ atun Universitas Pendidikan Indonesia , Jawa Barat ,. 8(4), 1854–1869. https://doi.org/10.35931/am.v8i4.4092

Endriani, D., Retno, Y., & Ulhusna, M. (2025). Analisis Kuantitatif Permainan Engklek dalam Pembelajaran Bangun Datar dan Kekongruenan di Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(1), 491–504.

Halim, A., & Hadi, M. S. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Media Digital dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 275 Jakarta. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 8333–8341.

Hariyono, M., & Nur Widhi, E. (2021). Geoshape Digital: Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 35. https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.35-50

Hasna Nur Alifah, Umi Virgianti, Muhammad Imam Zamah Sarin, Dicky Amirul Hasan, Fina Fakhriyah, & Erik Aditia Ismaya. (2023). Systematic Literature Review: Pengaruh Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(3), 103–115. https://doi.org/10.54066/jikma.v1i3.463

I.M.A. Purwadi. (2022). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Eucation (Rme) Berbantuan Media Belajar Berbasis Digital “Kahoot!” Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(2), 81–88. https://doi.org/10.23887/jppmi.v11i2.1677

Jazuli, L. O. A., Arvyaty, A., Hasnawaty, H., & Ibrahim, M. F. (2024). Pengembangan media pembelajaran Articulate Storyline untuk pemahaman konsep materi turunan. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 10(2), 139–152. https://doi.org/10.21831/jrpm.v10i2.71066

Khasanah, A., & Rizka Amalia, S. (2023). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Google Sites Berbantuan Quizizz Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK. Dialektika Pendidikan Matematika, 10(2), 896–908.

Lestari, P. I., & I Nengah Suastika. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual PPKn Muatan Persatuan dalam Keberagaman. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 4(1), 34–42. https://doi.org/10.31960/ijolec.v4i1.1023

M. Ardiansyah, M. A., & Nugraha, M. L. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Youtube Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 912–918. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5828

Marwa, Kresnadi, H., & Pranata, R. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Digital Kahoot Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas V SD Mujahidin Pontianak. Journal on Education, 06(01), 6760–6769.

Nabila, C., Utami, R., Ayu, R., & Ngazizah, N. (2025). Penggunaan Media Powerpoint Interaktif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Materi Pola Gambar dan Pola Bilangan pada Kelas 4 SD. 8, 1787–1798.

Nur’aini, F. A., & Nurul Arfinanti. (2024). Systematic Literature Review: Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(2), 180–189. https://doi.org/10.29303/griya.v4i2.437

Nur, F., Fitri, Novitasari, W., Rahman, N. R., & Nabila. (2024). Pengembangan Media Video Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 6(2), 95–106. https://doi.org/10.52005/belaindika.v6i2.185

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Nurhikmah, S. (2024). Pengaruh Video Pembelajaran Interaktif Terdapat Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas IX SMA Negeri 38 Padang. THEOREMS (THE JOuRnal of MathEMatics), 9(1). http://www.ojs.fkipummy.ac.id/index.php/theorems/article/view/818%0Ahttp://www.ojs.fkipummy.ac.id/index.php/theorems/article/download/818/541

Page, M. J., McKenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., Shamseer, L., Tetzlaff, J. M., Akl, E. A., Brennan, S. E., Chou, R., Glanville, J., Grimshaw, J. M., Hróbjartsson, A., Lalu, M. M., Li, T., Loder, E. W., Mayo-Wilson, E., McDonald, S., … Moher, D. (2022). The PRISMA 2020 statement: an updated guideline for reporting systematic reviews. Revista Panamericana de Salud Publica/Pan American Journal of Public Health, 46, 1–11. https://doi.org/10.26633/RPSP.2022.112

Prima, V., & Harjono, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website “Geo Me Try” untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar. 9(April), 1–23.

Purnama, S. J., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide pada Materi Pecahan Sederhana di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2440–2448. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1247

Putri Khairani, B., Roza, Y., & Maimunah. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA/MA Pada Materi Barisan Dan Deret. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1578–1587.

Rizki Ailulia, Saidah, P. N., & Sutriani, W. (2022). Analisis Penerapan Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Plotagon Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar Kelas V. Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 47–56. https://doi.org/10.56916/jp.v1i2.57

Sari, D. M., & Siregar, N. (2022). Pengembangan Modul Digital Menggunakan Desain Pembelajaran ELPSA untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 321. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.13606

Sarumaha, Y. A., Putra, A. P., & Hermawan, T. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 21–30. http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/view/1043%0Ahttp://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/download/1043/724

Sasmita, P. R., & Hartoyo, Z. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran STEM Project Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 2(2), 136–148. https://doi.org/10.31540/sjpif.v2i2.1081

Shifa, A., Amelia, N., Anando, Y., & Rofisian, N. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar. 2(3), 999–1003.

Silvi Triana Safitri, Darminto, B. P., & Purwaningsih, W. I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Berbantu Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 39–46. https://doi.org/10.32528/gammath.v8i1.276

Syafitri, Dita, A. D. K. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Geogebra terhadap pemahaman konsep matematika pada bangun ruang. 16(1).

Wahyudi, R., Nugroho, P. B., & Dinata, K. B. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Media Digital Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Lingkaran Kelas VIII MTS Negeri 1 Lampung Utara. Griya Cendikia, 8(1), 79–90. https://doi.org/10.47637/griyacendikia.v8i1.597

Wasitoh, I., Karlimah, K., & Saputra, E. R. (2023). Hambatan Berpikir Aljabar Siswa pada Konsep Perkalian Bilangan Cacah di Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i3.82097

Za’im, L. U. (2020). Pengembangan game edukasi “beruang pintar (belajar bangun ruang pintar)” untuk memfasilitasi pemahaman konsep. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 289–300.

Published
2025-04-24
How to Cite
Nabila, A., Aziz, A., & Suprapto, R. (2025). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(2), 1079 - 1100. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i2.1724
Section
Articles