PENGARUH MODUL AJAR IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 MANDREHE UTARA
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah yang dibahas dalam pembelajaran IPA, kurangnya sumber bahan belajar peserta didik, dan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik masih dalam kriteria cukup. Tujuan penelitian: (1) Mengetahui nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik di kelas kontrol, (2) Mengetahui nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik di kelas eksperimen dengan menggunakan modul ajar IPA berbasis Problem Based Learning, (3) Menentukan ada tidaknya pengaruh modul ajar IPA berbasis Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain quasy eksperimen. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas IX dengan jumlah 38 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar. Hasil penelitian: (1) Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik di kelas kontrol pada tes akhir yaitu 67,50 dengan kriteria cukup. (2) Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik di kelas eksperimen dengan menggunakan modul ajar IPA berbasis Problem Based Learning pada tes akhir yaitu 80,39 dengan kriteria baik. (3) Hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 4,576 dan nilai ttabel sebesar 1,689 karena nilai thitung = 4,576 lebih besar dari nilai ttabel = 1,680 maka terima Ha dan tolak H0 yang artinya “ada pengaruh modul ajar IPA berbasis Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah SMP Negeri 4 Mandrehe Utara” pada taraf signifikan adalah 5% (α=0,05)
Downloads
References
Ahmad. (2021). Efektivitas Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Dinamika Rotasi. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika. Vol. 7, No. 1.
Ali, Lalu Usman. (2018). Pengelolaan Pembelajaran IPA Ditinjau dari Hakikat Sains pada SMP di Kabupaten Lombok Timur. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, Vol. 6, No. 2.
Anas. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa Kelas VIII SMP. JPPSI: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, Vol. 2, No. 1.
Arafani, dkk. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Metode PBL Siswa Kelas X MAN 4 Jakarta. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, Vol. 6, No. 2.
Arfani, Laili. (2020). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan & Hukum. Vol. 11, No. 2.
Azis, dkk. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. ORBITA. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, Vol. 7, No. 2.
Dayanti, dkk. (2022). Modul Praktikum IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Buana Pendidikan. Vol. 17, No. 2.
Ernawati & Ulya. (2023). Pengaruh Modul IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP/MTs. NCOINS: National Conference of Islamic Natural Science. Vol. 1, No. 1.
Faizah, Silviana Nur. (2019). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 1, No. 2.
Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal At-Tafkir, Vol. 11, No. 1.
Hajar dan Sari. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Mahasiswa Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian, Pemikiran, dan Pengabdian. Vol. 10, No. 1.
Hazmi, Nahdatul. (2019). Tugas Guru Dalam Proses Pembelajaran. JOEAI (Journal of Education and Instruction), Vol. 2, No. 1.
Herman. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan. Vol. 7, No. 2.
Imron dan Johanis. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kompetensi Belajar Biologi Siswa. Biolearning Journal, Vol. 7, No. 2.
Junaedi. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. JISAMAR: (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), Vol. 3, No. 2.
Kemendikbud. (2020). Penilaian Kependidikan: Sistem Penilaian, Hasil Belajar dan Kemampuan Guru Melaksanakan Penilaian Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbang, Kemedikbud.
Kharisma dan Aslim. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS dan Bahasa Inggris. Vol. 2, No. 2.
Khoerunnisa, Putri dan Syifa M. Aqwal. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 4, No. 1.
Lestari dan Mokhammad. (2020). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Mahmudi. (2019). Pengaruh Modul IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP/MTs. NCOINS: National Conference of Islamic Natural Science. Vol. 1, No. 1.
Manik, dkk. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JPPSI: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, Vol.2, No.1.
Mariana, dkk. (2022). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Peningkatan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA. Vol. 12, No. 3.
Miarso. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Keterampilan Berpikir Siswa. JPPSI: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, Vol. 1, No. 2.
Muhid. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Sumatera Barat. Vol. 5, No. 1.
Nasution. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS dan Bahasa Inggris. Vol. 2, No. 2
Ningsih, Ratna. (2019). Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran Biologi Dengan Metode Percobaan Pada Pokok Bahasan Struktur dan Fungsi Tubuh Tumbuhan di SMP Negeri 4 Samarinda. Jurnal Pendas Mahakam. Vol. 4, No. 1.
Novanto, dkk., (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X MIA di SMA Negeri 10 Palembang. BIOEDUKASI Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro, Vol. 9, No. 1.
Nurrita, Teni. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, Vol. 03, No. 01.
Pramesti, dkk. (2021). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan & Hukum, Vol. 11, No. 2.
Prastiwi dan Tutut. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Sumatera Barat. Vol. 5, No. 1.
Pristiwanti, dkk. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa Kelas VIII SMP. JPPSI: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, Vol. 2, No.1.
Purwanto.(2020). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purwono, Danang. (2020). Meningkatkan Pemahaman Konsep Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas XI-IPA. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 4, No. 2.
Putri, dkk. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 15 surabaya. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 12, No. 1.
Rachmat, Enda Hendayati. (2022). Peningkatan Pemahaman Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA Biologi Materi Sistem Pernafasan Manusia Melalui Pembelajaran Kooperatif. JKPI: Jurnal Kajian Pendidikan IPA. Vol. 2, No. 2.
Rahma, dkk. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sel pada Makhluk Hidup di Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Buru Kecamatan Waplau. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 3, No. 3
Rahmatin, dkk. (2019). Faktor-Faktor Belajar, Pendekatan Dalam Pembelajaran. Jurnal Tadris IPA Indonesia, Vol. 4, No. 2.
Rahmatin, dkk. (2022). Hakikat Belajar Konsep pada Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.3, No. 1.
Rohmah dan Rahyu. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Materi Sistem Gerak pada Manusia Siswa Kelas VIII SMPN 4 Tulungagung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, Vol. 5, No. 2.
Rusdi, dkk. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Materi Sistem Gerak pada Manusia Siswa Kelas VIII SMPN 4 Tulungagung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, Vol. 5, No. 2
Sabira,dkk. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep. ORBITA. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, Vol. 7, No. 2.
Saputra, dkk. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar. Jurnal Didaktik, Vol. 10, No.2.
Sarumaha, dkk. (2022). Pengaruh Gaya Mengajar Guru IPA Dalam Mengimplementasikan Lesson Study. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI). Vol. 10, No. 3.
Setiawati, Siti Ma’rifah. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar. HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA, Vol. 35, No. 1.
Setiyadi, dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X. BIOEDUKASI Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro, Vol. 9, No. 1.
Setiyadi, dkk. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology. Vol. 3, No. 2.
Shoimin, Aris. (2018). 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Siang, Jhoni Lagun, dkk. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Jurnal Teknologi Pendidikan,Vol. 22, No. 1.
Sidiq, dkk. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Vol. 5, No. 1.
Sofyan, Herminarto, dkk. (2018). Problem Based Learning Dalam Kurikulm 2013. Yogyakarta: UNY Press.
Suarim, Biasri dan Neviyarni. (2021). Hakikat Belajar Konsep pada Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3, No. 1.
Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 2, No. 2.
Sumiantari, dkk. (2019). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Peningkatan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA. Vol. 12. No. 3.
Supardi. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 15 surabaya. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 12, No. 1.
Susanti. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Literasi Sains terhadap Kemampuan Bertanya Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, Vol. 1, No. 2.
Susilawati. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran PBL. JHMB, Vol. 8, No. 2.
Tendrita, Miswandi, dkk. (2021). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Biologi. Jurnal Varia Pendidikan. Vol. 28, No. 2.
Tibahary dan Muliana. (2018). Efektivitas Model-Model Pembelajaran Inovatif. Scolae: Journal of Pedagogy, Vol. 1, No. 1.
Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). Bandung: Citra Umbara.
Virgana, dkk. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif dan Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), Vol. 5, No. 1.
Wahyudiana, dkk. (2021). Modul Praktikum IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Buana Pendidikan. Vol. 17, No. 2.
Waseso. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kompetensi Belajar. Biolearning Journal, Vol. 7, No. 2.
Wisic & Yanti. (2021). Efektivitas Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Dinamika Rotasi. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika. Vol. 7, No. 1.
Yani, Riski, dkk. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Pada Siswa SMP Kelas VII. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2019, Vol. 4, No. 1.
Yuhani, dkk. (2018). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Siduarjo. Student Research Journal. Vol. 1, No. 4.
Yuristia, dkk. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Belajar Siswa SMP. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 2, No. 1.
Copyright (c) 2025 Lusia Zebua; Agnes Renostini Harefa, Desman Telaumbanua, Toroziduhu Waruwu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.