PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

  • Marfita Ike Prajayana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ifta Farihah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Siti Inganah Universitas Muhammadiyah Malang
Keywords: Motivasi Belajar, Discovery Learning, Teknologi Digital

Abstract

Penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada topik sifat cahaya dapat meningkatkan motivasi serta pemahaman siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas 5 SDN 4 Mendenrejo dengan menerapkan model Discovery Learning yang dipadukan dengan teknologi digital, seperti video pembelajaran, Chromebook, dan aplikasi Wordwall. Model ini mendorong siswa untuk secara mandiri menemukan konsep melalui eksplorasi dan interaksi aktif. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, video pembelajaran mempermudah siswa memahami konsep abstrak seperti sifat cahaya. Chromebook mendukung eksplorasi mandiri, meningkatkan kemandirian, serta menumbuhkan rasa tanggung jawab. Sementara itu, kuis interaktif Wordwall membantu memperkuat pemahaman konsep sekaligus meningkatkan keterlibatan siswa. Integrasi teknologi digital dalam model Discovery Learning terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi, partisipasi aktif, dan pemahaman siswa. Penelitian ini membuktikan bahwa pendekatan ini dapat menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-02-28
How to Cite
Prajayana, M. I., Farihah, I., & Inganah, S. (2025). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(2). https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i2.1663
Section
Articles