PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

  • Marfita Ike Prajayana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ifta Farihah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Siti Inganah Universitas Muhammadiyah Malang
Keywords: Motivasi Belajar, Discovery Learning, Teknologi Digital

Abstract

Penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada topik sifat cahaya dapat meningkatkan motivasi serta pemahaman siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas 5 SDN 4 Mendenrejo dengan menerapkan model Discovery Learning yang dipadukan dengan teknologi digital, seperti video pembelajaran, Chromebook, dan aplikasi Wordwall. Model ini mendorong siswa untuk secara mandiri menemukan konsep melalui eksplorasi dan interaksi aktif. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, video pembelajaran mempermudah siswa memahami konsep abstrak seperti sifat cahaya. Chromebook mendukung eksplorasi mandiri, meningkatkan kemandirian, serta menumbuhkan rasa tanggung jawab. Sementara itu, kuis interaktif Wordwall membantu memperkuat pemahaman konsep sekaligus meningkatkan keterlibatan siswa. Integrasi teknologi digital dalam model Discovery Learning terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi, partisipasi aktif, dan pemahaman siswa. Penelitian ini membuktikan bahwa pendekatan ini dapat menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arman Berkat Cristian Waruwu, & Debora Sitinjak. (2022). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2). https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.589

Arni, R. (2021). Penggunaan Games Edukasi Dengan Wordwall Solusi Pjj Yang Menyenangkan. Minasan, 978-623-92393-2–9.

Astuti, N. S., Priyayi, D. F., & Sastrodiharjo, S. (2021). Perbandingan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui penerapan model problem based learning (PBL) dan discovery. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 9(1). https://doi.org/10.23971/eds.v9i1.1912

Aswan, Rahmawati, & Ristiana, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Materi Ekosistem. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1).

Azis, T. N. (2019). Strategi pembelajaran era digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2).

Darikini, K. (2022). Metode Inquiri dan Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Muatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(3).

Dariyo, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Psikologi, 2(2).

Hamzah, I. F. (2020). Aplikasi Self-Determinantion Theory pada Kebijakan Publik Era Industri 4.0. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 1. https://doi.org/10.30659/psisula.v1i0.7691

Hasnan, S. M., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dan Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318

Indartiwi, A., Wulandari, J., & Novela, T. (2020). Peran Media Interaktif Dalam Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. KoPEN : Konfrensi Pendidikan Nasional , 2(1).

Istidah, A., Suherman, U., & Holik, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Tentang Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Metode Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(1). https://doi.org/10.59818/jpi.v2i1.187

Ma’ruf, M. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4. Jurnal Basicedu, 2(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.7

Marwah Sholihah, & Nurrohmatul Amaliyah. (2022). Peran Guru Dalam Menerapkan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2826

Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.52436/1.jpti.134

Nurafni, & Ninawati, M. (2021). Efektivitas Penerapan Aplikasi Linktree dan Wordwall Terhadap Motivasi Intrinsik Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9(2).

Pinasthika, R. P., & Kaltsum, H. U. (2022). Analisis Penggunaan Metode Eksperimen pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3304

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5). https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.162

Primantiko, R., Asrul, A., & Tiro, A. R. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1134

Rahayu, B. (2019). Pengaruh Group Investigation Berbasis Sigil Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1). https://doi.org/10.17977/um052v11i1p11-18

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Sari, A. N., Kholida, A., Firdaus, D. N., & Trisnawati, P. (2023). Penggunaan Media Wordwall sebagai Evaluasi Pembelajaran Organ Pernapasan pada Hewan Kelas V di SDN 3 Nagri Kaler. Journal on Education, 5(2). https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.838

Sari, W. N., Gustanu, P., Suprayitno, M., Etriya, R., & Aprilia, C. A. (2022). Penerapan Video Pembelajaran IPA dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Kelas V SD N Pulorejo 02. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.744

Setyawan, R. A., & Kristanti, H. S. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.877

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.

Susianing Hendrawati, E., & Widiowati, A. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas I A Sd Negeri 108/Viii Sari Mulya.

Tahir, T., & Marniati, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Kontruktivisme terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(1). https://doi.org/10.21580/square.v1i1.4021

Wirdayani, A., Kune, S., & Shaleh, S. F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Literasi Digital Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 7(1). https://doi.org/10.32529/glasser.v7i1.1844

Published
2025-02-28
How to Cite
Prajayana, M. I., Farihah, I., & Inganah, S. (2025). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(2), 850 - 866. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i2.1663
Section
Articles