IMPLEMENTASI STRATEGI MEMBACA NYARING DENGAN BUKU BERMUTU UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SD

  • Marfita Ike Prajayana Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Ifta Farihah Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Daroe Iswatiningsih Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
Keywords: Membaca Nyaring, Buku Bermutu, Literasi, Minat Baca

Abstract

Kemampuan literasi merupakan dasar penting dalam pendidikan. Oleh karena itu, semua guru berusaha meningkatkan kemampuan literasi, yaitu membaca, menulis, dan berhitung sebagai pondasi penguasaan pengetahuan, khususnya di Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi membaca nyaring menggunakan buku bermutu guna meningkatkan minat baca siswa. Penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah siswa kelas 5 di SDN 4 Mendenrejo, Blora, Jawa Tengah, sebanyak 17 anak. Strategi yang digunakan meliputi penyediaan buku bermutu, pelaksanaan membaca nyaring, diskusi reflektif, serta kegiatan membaca mandiri. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat siswa terhadap membaca, meskipun keterlibatan aktif dan kebiasaan membaca yang konsisten masih memerlukan penguatan. Strategi membaca nyaring dengan pendekatan interaktif serta dukungan lingkungan yang kondusif berpotensi mengoptimalkan minat, keterlibatan, dan kebiasaan membaca siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alvianto, V. (2019). Keterampilan Membaca Nyaring. INA-Rxiv, 2(1 ISSN).

Antasari, I. W. (2016). Dukungan Orang Tua dalam Membangun Literasi Anak. Edulib, 6(2).

Bua, M. T., Rizna, R. T., & Perada, A. L. (2019). Penerapan Membaca Nyaring Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Karakter Sebagai Apersepsi Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Borneo Humaniora, 2(1). https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v2i1.876

Fadillah, N. N., Dewi, F., & Putri, S. U. (2022). Analisis Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun melalui Kegiatan Membaca Nyaring. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta, 1(1).

Hamdar, E., Hasmah, C., & M. Faqih, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Belajar Bahasa Indonesia Tentang Membaca Nyaring Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas III SD. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 1(1). https://doi.org/10.56806/jh.v1i1.5

Klara Taruk Kombong, M. Zulham, & Iin Dwi Aristy Putri. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Menggunakan Media Big Book. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2). https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2110

Lamis, L., Sutra, E., Kania Atmaja, L., & Rustinar, E. (2022). Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas V Program Kampus Mengajar Angkatan III di SD Negeri 118 Bengkulu Utara Menggunakan Metode Membaca Nyaring (Reading Aloud). Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(5). https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i5.997

Lestari, P. D., Herlina, E., Putri, A. N., & Giwangsa, S. F. (2023). Pengaruh Gerakan Literasi terhadap Kemampuan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6633

Lilia Harahap, A., Monang, S., & Yusniah. (2023). Strategi Reading Aloud (Membaca Nyaring) dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas III SDN 0906 Padang Sihopal. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2).

Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2). https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32

Nurkholifah, D., & Wiyani, N. A. (2020). Pengembangan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Membaca Nyaring. Preschool, 1(2). https://doi.org/10.18860/preschool.v1i2.9074

Rahmi, N., Lailatussyifa, L., Umayroh, R., Husna, N. S., Octaviani, R., & Amaliya, N. D. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Kelas I Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.5342

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.

Syahid, S. N. L., Maula, L. H., Nurmeta, I. K., Sulastri, A., & Ruslani, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa SD melalui Media Pembelajaran Diorama Lingkungan. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3076

Utami, L. (2021). Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70 Negara. Perpustakaan Kemendagri.

Wahyudi, A. B., Fitriani, D., Purba, B., & Purnomo, E. (2021). Proses Transformasi Kalimat dalam Buku Bacaan Anak Kelas Tinggi. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(1). https://doi.org/10.24176/kredo.v5i1.6249

Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1). https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283

Zahro, L. M., & Sukartiningsih, W. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Android Untuk Keterampilan Membaca Nyaring Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(7).

Published
2025-03-25
How to Cite
Prajayana, M. I., Farihah, I., & Iswatiningsih, D. (2025). IMPLEMENTASI STRATEGI MEMBACA NYARING DENGAN BUKU BERMUTU UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SD. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(2), 987 - 997. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i2.1654
Section
Articles