IMPLEMENTASI STRATEGI MEMBACA NYARING DENGAN BUKU BERMUTU UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SD
Abstract
Kemampuan literasi merupakan dasar penting dalam pendidikan. Oleh karena itu, semua guru berusaha meningkatkan kemampuan literasi, yaitu membaca, menulis, dan berhitung sebagai pondasi penguasaan pengetahuan, khususnya di Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi membaca nyaring menggunakan buku bermutu guna meningkatkan minat baca siswa. Penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah siswa kelas 5 di SDN 4 Mendenrejo, Blora, Jawa Tengah, sebanyak 17 anak. Strategi yang digunakan meliputi penyediaan buku bermutu, pelaksanaan membaca nyaring, diskusi reflektif, serta kegiatan membaca mandiri. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat siswa terhadap membaca, meskipun keterlibatan aktif dan kebiasaan membaca yang konsisten masih memerlukan penguatan. Strategi membaca nyaring dengan pendekatan interaktif serta dukungan lingkungan yang kondusif berpotensi mengoptimalkan minat, keterlibatan, dan kebiasaan membaca siswa.
Downloads
References
Alvianto, V. (2019). Keterampilan Membaca Nyaring. INA-Rxiv, 2(1 ISSN).
Antasari, I. W. (2016). Dukungan Orang Tua dalam Membangun Literasi Anak. Edulib, 6(2).
Bua, M. T., Rizna, R. T., & Perada, A. L. (2019). Penerapan Membaca Nyaring Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Karakter Sebagai Apersepsi Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Borneo Humaniora, 2(1). https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v2i1.876
Fadillah, N. N., Dewi, F., & Putri, S. U. (2022). Analisis Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun melalui Kegiatan Membaca Nyaring. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta, 1(1).
Hamdar, E., Hasmah, C., & M. Faqih, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Belajar Bahasa Indonesia Tentang Membaca Nyaring Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas III SD. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 1(1). https://doi.org/10.56806/jh.v1i1.5
Klara Taruk Kombong, M. Zulham, & Iin Dwi Aristy Putri. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Menggunakan Media Big Book. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2). https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2110
Lamis, L., Sutra, E., Kania Atmaja, L., & Rustinar, E. (2022). Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas V Program Kampus Mengajar Angkatan III di SD Negeri 118 Bengkulu Utara Menggunakan Metode Membaca Nyaring (Reading Aloud). Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(5). https://doi.org/10.55927/jpmb.v1i5.997
Lestari, P. D., Herlina, E., Putri, A. N., & Giwangsa, S. F. (2023). Pengaruh Gerakan Literasi terhadap Kemampuan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6633
Lilia Harahap, A., Monang, S., & Yusniah. (2023). Strategi Reading Aloud (Membaca Nyaring) dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas III SDN 0906 Padang Sihopal. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2).
Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2). https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Nurkholifah, D., & Wiyani, N. A. (2020). Pengembangan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Membaca Nyaring. Preschool, 1(2). https://doi.org/10.18860/preschool.v1i2.9074
Rahmi, N., Lailatussyifa, L., Umayroh, R., Husna, N. S., Octaviani, R., & Amaliya, N. D. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Kelas I Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.5342
Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.
Syahid, S. N. L., Maula, L. H., Nurmeta, I. K., Sulastri, A., & Ruslani, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa SD melalui Media Pembelajaran Diorama Lingkungan. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3076
Utami, L. (2021). Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70 Negara. Perpustakaan Kemendagri.
Wahyudi, A. B., Fitriani, D., Purba, B., & Purnomo, E. (2021). Proses Transformasi Kalimat dalam Buku Bacaan Anak Kelas Tinggi. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(1). https://doi.org/10.24176/kredo.v5i1.6249
Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1). https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283
Zahro, L. M., & Sukartiningsih, W. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Android Untuk Keterampilan Membaca Nyaring Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(7).
Copyright (c) 2025 Marfita Ike Prajayana, Ifta Farihah, Daroe Iswatiningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.