PENINGKATAN PEMAHAMAN IBADAH SHALAT MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL BAGI SISWA DI TADIKA AL FIKH ORCHARD PENDAMAR INDAH 2 SELANGOR MALAYSIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman ibadah sholat melalui media audio visual bagi anak usia dini, objek penelitian ini adalah siswa di Tadika Al Fikh Orchard Pendamar Indah 2, Selangor, Malaysia. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan pencatatan berdasarkan instrument penilaian praktek ibadah sholat. Penilaian peningkatan pemahaman ibadah sholat dilakukan setiap minggu berdasarkan siklus penelitian.. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pemahaman siswa terhadap ibadah sholat, hal ini terlihat dari hasil persentasi penilaian, dimana pada siklus I sebesar 38,3%, siklus II sebesar 66,67%, dan meningkat lagi pada siklus III yaitu sebesar 95,3%. Maka dapat disimpulkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap ibadah sholat melalui media audio visual
Downloads
References
Agustina, H., Harfiani, R., Setiawan, H. R., & Kunci, K. (2024). TEACHERS’ STRATEGIES IN DEVELOPING STUDENTS’ SPIRITUAL INTELLIGENCE AT VOCATIONAL SCHOOL. Jurnal Tarbiyah, 31(1), 103–113. https://doi.org/10.30829/tar.v31i1.3510
Arifin, M. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN PRAKTIK SHALAT DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SD NEGERI PANTAI ULIN. Prosiding Pendidikan Profesi Guru …. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PPGAI/article/view/335
Ariyanti, T. (2016). PENTINGNYA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BAGI TUMBUH KEMBANG ANAK THE IMPORTANCE OF CHILDHOOD EDUCATION FOR CHILD DEVELOPMENT. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Asih, A., Rohman, N., & Utami, A. D. (2021). Profil Lapisan Pemahaman Konsep Barisan dan Deret Berdasar Teori Piere Kieren pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Bojonegoro. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika (JIPM), 2(1), 12–34. https://doi.org/10.36379/jipm.v2i1.125
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Gava Media.
Dwistia, H., Sajdah, M., Awaliah, O., & ... (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Rusyd: Jurnal …. http://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/arrusyd/article/view/33
Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed method dan Research and Development. Madani Media.
Fitriani, T. (2023). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PAI. Edukatif. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/edukatif/article/view/73
Indina, D. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENSTIMULUS MORAL ANAKUSIA 5-6 TAHUN DI PAUD AL-ARIF TEKO TAHUN PELAJARAN 2023 …. eprints.hamzanwadi.ac.id. https://eprints.hamzanwadi.ac.id/5514/
Kurniawan, K., & Fathurrohman, I. (2022). Pengaruh Video Visual Terhadap Pemahaman Siswa pada Pembelajaran Fiqih Ibadah Shalat di Sd Unggulan „Aisyiyah Taman Harapan Curup. e-theses.iaincurup.ac.id. https://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1083
Mahrum, M., Fahrurrozi, F., & ... (2023). Implementasi Pembelajaran Fiqih Ibadah Dalam Meningkatkan Kesadaran Ibadah Shalat Fardu Peserta Didik (Studi Kasus Di Mts Nw Ijobalit) Kecamatan Labuhan …. Jurnal Ilmiah …. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/4764
Mavianti, M., Harfiani, R., & Tanjung, E. F. (2022). Model Komunikasi Persuasif pada Pembelajaran Materi Praktek Shalat Fardhu pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7223–7231. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3188
Mujiburrahman. (2016). Pola Pembinaan Ketrampilan Shalat Anak Dalam Islam. Jurnal Mudarrisuna, 6(2).
Nurhalizah, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pelaksanaan Praktik Shalat Melalui Media Audio Visual Pada Anak Kelompok B RA AL-FAZHIRA Kecamatan Percut Sei Tuan Tahun …. repository.uinsu.ac.id. http://repository.uinsu.ac.id/7887/
Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=NWXMDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR4&dq=pentingnya+pendidikan+yang+tujuannya+adalah+untuk+meningkatkan+kecerdasan+intelektual+individu+meningkatkan+perilaku+sebagai+makhluk+sosial+dan+mempengaruhi+peningkatan+kematangan+hidup&ots=YpPm5vwHgJ&sig=-8SbjUp33HIP3JZUGmJLy75U7uM
Priadana, Sidik. S. D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.
Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru “COPE.”
Rohmah, N. F. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII Di Madrasah Tsanwaiyah Negeri 6 Kediri. etheses.iainkediri.ac.id. https://etheses.iainkediri.ac.id/4986/
Sahara, S., Hardi, V. A., & ... (2020). Upaya Meningkatkan Hafalan Bacaan dan Gerakan Shalat dengan Media Audio Visual (Video) pada Anak Usia Dini di Desa Gerbang Sari, Kecamatan Tapung Hilir …. Journal on …. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/1139
Sihotang, H. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. UKI Press.
Copyright (c) 2024 Robbyyatun Hasanah, Rizka Harfiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.