PENINGKATAN PEMAHAMAN IBADAH SHALAT MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL BAGI SISWA DI TADIKA AL FIKH ORCHARD PENDAMAR INDAH 2 SELANGOR MALAYSIA

  • Robbyyatun Hasanah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Rizka Harfiani Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Keywords: Audio Visual, Ibadah Sholat, Media, Peningkatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman ibadah sholat melalui media audio visual bagi anak usia dini, objek penelitian ini adalah siswa  di Tadika Al Fikh Orchard Pendamar Indah 2, Selangor, Malaysia. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan pencatatan berdasarkan instrument penilaian praktek ibadah sholat. Penilaian peningkatan pemahaman ibadah sholat dilakukan setiap minggu berdasarkan siklus penelitian.. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pemahaman siswa terhadap ibadah sholat, hal ini terlihat dari hasil persentasi penilaian, dimana pada siklus I sebesar 38,3%, siklus II sebesar 66,67%, dan meningkat lagi pada siklus III yaitu sebesar 95,3%. Maka dapat disimpulkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap ibadah sholat melalui media audio visual

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, H., Harfiani, R., Setiawan, H. R., & Kunci, K. (2024). TEACHERS’ STRATEGIES IN DEVELOPING STUDENTS’ SPIRITUAL INTELLIGENCE AT VOCATIONAL SCHOOL. Jurnal Tarbiyah, 31(1), 103–113. https://doi.org/10.30829/tar.v31i1.3510

Arifin, M. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN PRAKTIK SHALAT DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SD NEGERI PANTAI ULIN. Prosiding Pendidikan Profesi Guru …. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PPGAI/article/view/335

Ariyanti, T. (2016). PENTINGNYA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BAGI TUMBUH KEMBANG ANAK THE IMPORTANCE OF CHILDHOOD EDUCATION FOR CHILD DEVELOPMENT. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Asih, A., Rohman, N., & Utami, A. D. (2021). Profil Lapisan Pemahaman Konsep Barisan dan Deret Berdasar Teori Piere Kieren pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Bojonegoro. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika (JIPM), 2(1), 12–34. https://doi.org/10.36379/jipm.v2i1.125

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Gava Media.

Dwistia, H., Sajdah, M., Awaliah, O., & ... (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Rusyd: Jurnal …. http://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/arrusyd/article/view/33

Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed method dan Research and Development. Madani Media.

Fitriani, T. (2023). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PAI. Edukatif. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/edukatif/article/view/73

Indina, D. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENSTIMULUS MORAL ANAKUSIA 5-6 TAHUN DI PAUD AL-ARIF TEKO TAHUN PELAJARAN 2023 …. eprints.hamzanwadi.ac.id. https://eprints.hamzanwadi.ac.id/5514/

Kurniawan, K., & Fathurrohman, I. (2022). Pengaruh Video Visual Terhadap Pemahaman Siswa pada Pembelajaran Fiqih Ibadah Shalat di Sd Unggulan „Aisyiyah Taman Harapan Curup. e-theses.iaincurup.ac.id. https://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1083

Mahrum, M., Fahrurrozi, F., & ... (2023). Implementasi Pembelajaran Fiqih Ibadah Dalam Meningkatkan Kesadaran Ibadah Shalat Fardu Peserta Didik (Studi Kasus Di Mts Nw Ijobalit) Kecamatan Labuhan …. Jurnal Ilmiah …. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/4764

Mavianti, M., Harfiani, R., & Tanjung, E. F. (2022). Model Komunikasi Persuasif pada Pembelajaran Materi Praktek Shalat Fardhu pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7223–7231. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3188

Mujiburrahman. (2016). Pola Pembinaan Ketrampilan Shalat Anak Dalam Islam. Jurnal Mudarrisuna, 6(2).

Nurhalizah, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pelaksanaan Praktik Shalat Melalui Media Audio Visual Pada Anak Kelompok B RA AL-FAZHIRA Kecamatan Percut Sei Tuan Tahun …. repository.uinsu.ac.id. http://repository.uinsu.ac.id/7887/

Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=NWXMDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR4&dq=pentingnya+pendidikan+yang+tujuannya+adalah+untuk+meningkatkan+kecerdasan+intelektual+individu+meningkatkan+perilaku+sebagai+makhluk+sosial+dan+mempengaruhi+peningkatan+kematangan+hidup&ots=YpPm5vwHgJ&sig=-8SbjUp33HIP3JZUGmJLy75U7uM

Priadana, Sidik. S. D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru “COPE.”

Rohmah, N. F. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII Di Madrasah Tsanwaiyah Negeri 6 Kediri. etheses.iainkediri.ac.id. https://etheses.iainkediri.ac.id/4986/

Sahara, S., Hardi, V. A., & ... (2020). Upaya Meningkatkan Hafalan Bacaan dan Gerakan Shalat dengan Media Audio Visual (Video) pada Anak Usia Dini di Desa Gerbang Sari, Kecamatan Tapung Hilir …. Journal on …. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/1139

Sihotang, H. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. UKI Press.

Published
2024-08-03
How to Cite
Hasanah, R., & Harfiani, R. (2024). PENINGKATAN PEMAHAMAN IBADAH SHALAT MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL BAGI SISWA DI TADIKA AL FIKH ORCHARD PENDAMAR INDAH 2 SELANGOR MALAYSIA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(4), 1878 - 1891. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i4.1357
Section
Articles