ANALISIS PENDEKATAN GURU BIOLOGI DALAM MENYAMPAIKAN MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP SMA DI WILAYAH URBAN
Abstract
Pendekatan guru dalam mengajar sistem ekskresi dapat dilakukan dengan berbagai metode, fungsi dari sistem ekskresi dapat membantu dalam menghilangkan limbah dan racun dari tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan guru biologi dalam menyampaikan materi sistem ekskresi pada siswa SMAS di daerah perkotaan. Responden penelitian ini berjumlah 23 peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan eksploratif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini juga melibatkan metode observasi secara langsung di lapangan, instrumen wawancara dan beberapa pernyataan setuju atau tidak setuju yang diisi oleh 23 siswa. Hasil penelitian terlihat bahwa pendekatan guru dalam pembelajaran sistem ekskresi menggunakan strategi pembelajaran visual melalui media seperti video, gambar, dan animasi. Selain itu, guru juga memanfaatkan gambar-gambar yang memperlihatkan bagian-bagian organ ekskresi secara rinci. Guru biologi di SMAS YP-BDN Jakarta melakukan eksperimen atau kegiatan praktikum yang konkret dan mudah dipahami yang akan diintegrasikan pada konsep sistem ekskresi dalam kehidupan sehari-hari untuk membuat materi lebih relevan bagi siswa. Salah satu metode yang dapat menjadi solusi dalam permasalahan ini adalah penerapan metode model discovery learning. Model discovery learning mengajak siswa-siswi di kelas XI IPA 1 SMAS YP-BDN Jakarta untuk lebih aktif dalam menemukan konsep dan melakukan penyelidikan sendiri serta mendorong siswa-siswi kelas XI IPA 1 untuk berkolaborasi secara efektif dalam kelompok, meningkatkan keberanian dalam menyampaikan pendapatnya.
Downloads
References
Aina, Z. N., & Mawaddah, N. (2023). Peran Ilmu Biologi Dalam Islam Menurut Perspektif Al-Qur’an. Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(6), 367–379.
Al Faraby, M. C., & Hakim, W. (2021). Inovasi Video Based Learning Dalam Meningkatkan Interaksi Pada Proses Belajar Mengajar. Lomba Karya Tulis Ilmiah, 2(1), 43–56.
Arianti, A. (2019). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. DIDAKTIKA, 11(1), 41. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161
Arisetya, D. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Flip Chart Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Sistem Rangka Manusia. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 3(1), 12–21. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v3i1.5084
Astuti, S. W., Andayani, Y., Al-Idrus, S. W., & Purwoko, A. A. (2019). Penerapan Metode Praktikum Berbasis Kehidupan Sehari-hari Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI MIA MAN 1 Mataram. Chemistry Education Practice, 1(2), 20. https://doi.org/10.29303/cep.v1i2.952
Astuti, Y., Suyidno, S., Suryajaya, S., & Jamilah, N. (2024). Pengembangan E-modul Pubertas Untuk Melatihkan Literasi Digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. SEJ (Science Education Journal), 8(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/sej.v8i1.1643
Bogusevschi, D., Muntean, C., & Muntean, G.-M. (2020). Teaching and learning physics using 3D virtual learning environment: A case study of combined virtual reality and virtual laboratory in secondary school. Journal of Computers in Mathematics and Science Teaching, 39(1), 5–18.
Emildadiany, N. (2008). Pembelajaran Kooperatif (Cooperatif Learning) Teknik Jigsaw. Retrieved from Wordpress. Com: Https://Akhmadsudrajat. Wordpress. Com/2008/07/31/Cooperative-Learning-Teknik-Jigsaw/Comment-Page-10.
Fadilah, S. I., Kardi, S., & Supardi, Z. A. I. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis inkuiri materi sistem ekskresi manusia untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan kerjasama siswa SMA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(1), 779–787.
Gaghunting, M. K., & Bermuli, J. E. (2023). Strategi Partisipatif untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa pada Pembelajaran Biologi:(Participatory Strategies to Increase Student Involvement in Biology Learning). BIODIK, 9(3), 86–101.
Hidayanti, V. N. (2021). Penggunaan Asesmen Diagnostik untuk Membantu Kesulitan Belajar Siswa SMA dalam Mempelajari Konsep Sistem Ekskresi . UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Hutasoit, F. A., & Saragih, E. L. L. (2022). Peningkatan keterampilan membaca cepat pada peserta didik kelas x sma. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(Spesial Issues 1), 268–273. https://doi.org/https://doi.org/10.32670/ht.v2iSpesial%20Issues%201.1157
Jamaludin, J., & Romindo, R. (2020). Hybrid Cryptosystem Analysis by Using The Combination of Vigenere Cipher and RSA for Text Security. Proceeding on International Conference of Science Management Art Research Technology, 1(1), 89–100. https://doi.org/10.31098/ic-smart.v1i1.31
Khairuna, K., Rahmatan, H., Sarong, M. A., Supriatno, S., & Pada, A. U. T. (2021). Penerapan Model Discovery Learning dengan Pemanfaatan Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 280–292. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.18875
Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683
Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep model discovery learning pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar menurut pandangan para ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2189–2198. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.697
Maryana, W., Rahmawati, L., & Malaya, K. A. (2021). Penggunaan Permainan Puzzle Carakan Dalam Pembelajaran Menulis Aksara Jawa Di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 7(1), 173–186. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16157
Panggabean, S., Widyastuti, A., Damayanti, W. K., Nurtanto, M., Subakti, H., Chamidah, D., Sianipar, L. K., Ardiana, D. P. Y., Purba, F. J., & Cecep, H. (2021). Konsep dan Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Rosarian, A. W., & Dirgantoro, K. P. S. (2020). Upaya guru dalam membangun interaksi siswa melalui metode belajar sambil bermain [teacher’s efforts in building student interaction using a game based learning method]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 146–163.
Sari, Y. M., Wahyuni, E. S., & Candramila, W. (2022). Video Pembelajaran Submateri Kelainan dan Penyakit yang Berhubungan dengan Sistem Ekskresi Manusia. Bioma : Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 7(2), 105–118. https://doi.org/10.32528/bioma.v7i2.3990
Simorangkir, A., Napitupulu, M. A., & Sinaga, T. (2020). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 1–11.
Sumarni, R., Soesilawati, S. A., & Sanjaya, Y. (2021). Literasi sains dan penguasaan konsep siswa setelah pembelajaran sistem ekskresi menggunakan pedoman praktikum berbasis literasi sains. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 4(1), 32–36.
Suri, F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Organ Pada Sistem Ekskresi Untuk Siswa Kelas Xi Sma/ma Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Islam Riau.
Tambunan, N., & Siagian, I. (2020). Analisis lingkungan belajar dan aktivitas belajar daring siswa SMP pada masa pandemi covid-19. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1).
Utami, N., Khairuddin, K., & Mahrus, M. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Biologi Siswa pada Penggunaan Media Video dengan Media Powerpoint Melalui Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) di SMAN 3 Mataram Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 96–101.
Veva, E. Y. (2016). Penerapan Metode Pemecahan Masalah dengan Pendekatan Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Partisipasi Siswa pada Materi Bangun Ruang.
Wulan Febriana, B., & Chie Saputri, O. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Make A Match Terhadap Kemampuan Kerjasama Peserta Didik. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(4), 72–77. https://doi.org/10.56806/jh.v2i4.47
Yendrita, Y., & Syafitri, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Biologi. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(1), 26–32. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i1.620
Yuliani, Y., Hasanuddin, H., Safrida, S., Khairil, K., & Pada, A. U. T. (2021). Implementasi model discovery learning dipadu modul sistem ekskresi berbasis konstruktivisme untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(3), 376–390. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i3.19965
Copyright (c) 2025 Lili Apriliya, Dewi Shinta, Putri Adelia, Syifa Rahmani, Zana Virginia, Glorio Brian Aryanto, Rizhal Hendi Ristanto, Dini Safitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.