Analisis Pendekatan Guru Biologi dalam Menyampaikan Materi sistem ekskresi terhadap SMA di Wilayah Urban
Abstract
Pendekatan guru dalam mengajar sistem ekskresi dapat dilakukan dengan berbagai metode, fungsi dari sistem ekskresi dapat membantu dalam menghilangkan limbah dan racun dari tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan guru biologi dalam menyampaikan materi sistem ekskresi pada siswa SMAS di daerah perkotaan. Responden penelitian ini berjumlah 23 peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan eksploratif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini juga melibatkan metode observasi secara langsung di lapangan, instrumen wawancara dan beberapa pernyataan setuju atau tidak setuju yang diisi oleh 23 siswa. Hasil penelitian terlihat bahwa pendekatan guru dalam pembelajaran sistem ekskresi menggunakan strategi pembelajaran visual melalui media seperti video, gambar, dan animasi. Selain itu, guru juga memanfaatkan gambar-gambar yang memperlihatkan bagian-bagian organ ekskresi secara rinci. Guru biologi di SMAS YP-BDN Jakarta melakukan eksperimen atau kegiatan praktikum yang konkret dan mudah dipahami yang akan diintegrasikan pada konsep sistem ekskresi dalam kehidupan sehari-hari untuk membuat materi lebih relevan bagi siswa. Salah satu metode yang dapat menjadi solusi dalam permasalahan ini adalah penerapan metode model discovery learning. Model discovery learning mengajak siswa-siswi di kelas XI IPA 1 SMAS YP-BDN Jakarta untuk lebih aktif dalam menemukan konsep dan melakukan penyelidikan sendiri serta mendorong siswa-siswi kelas XI IPA 1 untuk berkolaborasi secara efektif dalam kelompok, meningkatkan keberanian dalam menyampaikan pendapatnya.
Downloads
References
Arisetya, D. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Flip Chart Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Sistem Rangka Manusia. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial, 3(1), 12-21.
Astuti, Santri Widia, Yayuk Andayani, Syarifa Wahidah Al-Idrus, and Agus Abhi Purwoko (2019).Penerapan Metode Praktikum Berbasis Kehidupan Sehari-Hari Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI MIA MAN 1 Mataram. Chemistry Education Practice 1, no. 2: 20. https://doi.org/10.29303/cep.v1i2.952
Astuti, Y., Suyidno, S., Suryajaya, S., & Jamilah, N. (2024). Pengembangan E-modul Pubertas Untuk Melatihkan Literasi Digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. SEJ (Jurnal Pendidikan Sains) , 8 (1), 1-18. https://doi.org/10.21070/sej.v8i1.1643.
Diana, B., Muntean, C., & Muntean, G.M. (2020). Teaching and Learning Physics Using 3D Virtual Learning Environment: a Case Study of Combined Virtual Reality and Virtual Laboratory in Secondary School, Journal of Computers in Mathematics and Science Teaching, 39(1):5-18.
Emildadiany, N. (2008, 07 31). Pembelajaran Kooperatif (Cooperatif Learning) Teknik Jigsaw. Retrieved from Wordpress.com : https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/07/31/cooperative- learning-teknik-jigsaw/comment-page-10/
Hidayanti, V. N. (2021). Penggunaan Asesmen Diagnostik untuk Membantu Kesulitan Belajar Siswa SMA dalam Mempelajari Konsep Sistem Ekskresi (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Jamaludin, J. & Romindo, R. Hybrid Cryptosystem Analysis by Using The Combination of Vigenere Cipher and RSA for Text Security. vol. 1, no. 1, pp. 89–100. 10.31098/ic-smart.v1i1.31.
Khairuna, K., Rahmatan, H., Sarong, M. A., Supriatno, S., & Pada, A. U. T. (2021). Penerapan Model Discovery Learning dengan Pemanfaatan Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(2), 280-292. 10.24815/jpsi.v9i2.18875
Kurniawan, D., & Dewi, S. (2019). Varied Teaching Methods and Student Interest in Biology. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(2), 153-168
Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2189-2198. Desember, (2020). https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.697
Sari, Y. M., Wahyuni, E. S., & Candramila, W. (2022). Development of Learning Videos on Sub Materials of Disorders and Diseases in the Human Excretory System. 10.32528/bioma.v7i2.3990
Saputri, O.C., & Febriana, B. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning Disertai Make A Match Terhadap Kemampuan Kerjasama Peserta Didik. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian, 72-77. https://doi.org/10.56806/jh.v2i4.47
Simorangkir, A., Napitupulu, M. A., & Sinaga, T. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 1-11.
Suri, F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Organ Pada Sistem Ekskresi Untuk Siswa Kelas Xi Sma/Ma Tahun Ajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Sumarni, R., Soesilawati, S. A., & Sanjaya, Y. (2021). Literasi Sains dan Penguasaan Konsep Siswa Setelah Pembelajaran sistem ekskresi Menggunakan Pedoman Praktikum Berbasis Literasi Sains. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 4(1), 32-36.
Suvriadi Panggabean., D. (2021). Konsep dan Strategi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis
Tambunan, N., & Siagian, I. (2020). Analisis Lingkungan Belajar Dan Aktivitas Belajar Daring Siswa Smp Pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika, 2, 371–382. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/download/4763/752.
Yendrita, Y. dan Syafitri, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Biologi. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, Vol. 2, No. 1, 2019, h. 26–32.https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i1.620
Yuliani, Y., Hasanuddin, H., Safrida, S., Khairil, K., & Pada, A. U. T. (2021). Implementasi model discovery learning dipadu modul sistem ekskresi berbasis konstruktivisme untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(3), 376-390. 10.24815/jpsi.v9i3.19965
Copyright (c) 2025 Lili Apriliya, Dewi Shinta, Putri Adelia, Syifa Rahmani, Zana Virginia, Glorio Brian Aryanto, Rizhal Hendi Ristanto, Dini Safitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.