ANALISIS PENDEKATAN GURU BIOLOGI DALAM MENYAMPAIKAN MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP SMA DI WILAYAH URBAN

  • Lili Apriliya Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta
  • Dewi Shinta Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta
  • Putri Adelia Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta
  • Syifa Rahmani Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta
  • Zana Virginia Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta
  • Glorio Brian Aryanto Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta
  • Rizhal Hendi Ristanto
  • Dini Safitri Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Sistem ekskresi, Pengajaran Biologi, Pendekatan guru

Abstract

Pendekatan guru dalam mengajar sistem ekskresi dapat dilakukan dengan berbagai metode, fungsi dari sistem ekskresi dapat membantu dalam menghilangkan limbah dan racun dari tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan guru biologi dalam menyampaikan materi sistem ekskresi pada siswa SMAS di daerah perkotaan. Responden penelitian ini berjumlah 23 peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan eksploratif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini juga melibatkan metode observasi secara langsung di lapangan, instrumen wawancara dan beberapa pernyataan setuju atau tidak setuju yang diisi oleh 23 siswa. Hasil penelitian terlihat bahwa pendekatan guru dalam pembelajaran sistem ekskresi menggunakan strategi pembelajaran visual melalui media seperti video, gambar, dan animasi. Selain itu, guru juga memanfaatkan gambar-gambar yang memperlihatkan bagian-bagian organ ekskresi secara rinci. Guru biologi di SMAS YP-BDN Jakarta  melakukan eksperimen atau kegiatan praktikum yang konkret dan mudah dipahami yang akan diintegrasikan pada konsep sistem ekskresi dalam kehidupan sehari-hari untuk membuat materi lebih relevan bagi siswa. Salah satu metode yang dapat menjadi solusi dalam permasalahan ini adalah penerapan metode model discovery learning. Model discovery learning mengajak siswa-siswi di kelas XI IPA 1 SMAS YP-BDN Jakarta untuk lebih aktif dalam menemukan konsep dan melakukan penyelidikan sendiri serta mendorong siswa-siswi kelas XI IPA 1 untuk berkolaborasi secara efektif dalam kelompok, meningkatkan keberanian dalam  menyampaikan pendapatnya.  

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aina, Z. N., & Mawaddah, N. (2023). Peran Ilmu Biologi Dalam Islam Menurut Perspektif Al-Qur’an. Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(6), 367–379.

Al Faraby, M. C., & Hakim, W. (2021). Inovasi Video Based Learning Dalam Meningkatkan Interaksi Pada Proses Belajar Mengajar. Lomba Karya Tulis Ilmiah, 2(1), 43–56.

Arianti, A. (2019). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. DIDAKTIKA, 11(1), 41. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161

Arisetya, D. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Flip Chart Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Sistem Rangka Manusia. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 3(1), 12–21. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v3i1.5084

Astuti, S. W., Andayani, Y., Al-Idrus, S. W., & Purwoko, A. A. (2019). Penerapan Metode Praktikum Berbasis Kehidupan Sehari-hari Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI MIA MAN 1 Mataram. Chemistry Education Practice, 1(2), 20. https://doi.org/10.29303/cep.v1i2.952

Astuti, Y., Suyidno, S., Suryajaya, S., & Jamilah, N. (2024). Pengembangan E-modul Pubertas Untuk Melatihkan Literasi Digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. SEJ (Science Education Journal), 8(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/sej.v8i1.1643

Bogusevschi, D., Muntean, C., & Muntean, G.-M. (2020). Teaching and learning physics using 3D virtual learning environment: A case study of combined virtual reality and virtual laboratory in secondary school. Journal of Computers in Mathematics and Science Teaching, 39(1), 5–18.

Emildadiany, N. (2008). Pembelajaran Kooperatif (Cooperatif Learning) Teknik Jigsaw. Retrieved from Wordpress. Com: Https://Akhmadsudrajat. Wordpress. Com/2008/07/31/Cooperative-Learning-Teknik-Jigsaw/Comment-Page-10.

Fadilah, S. I., Kardi, S., & Supardi, Z. A. I. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis inkuiri materi sistem ekskresi manusia untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan kerjasama siswa SMA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(1), 779–787.

Gaghunting, M. K., & Bermuli, J. E. (2023). Strategi Partisipatif untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa pada Pembelajaran Biologi:(Participatory Strategies to Increase Student Involvement in Biology Learning). BIODIK, 9(3), 86–101.

Hidayanti, V. N. (2021). Penggunaan Asesmen Diagnostik untuk Membantu Kesulitan Belajar Siswa SMA dalam Mempelajari Konsep Sistem Ekskresi . UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Hutasoit, F. A., & Saragih, E. L. L. (2022). Peningkatan keterampilan membaca cepat pada peserta didik kelas x sma. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(Spesial Issues 1), 268–273. https://doi.org/https://doi.org/10.32670/ht.v2iSpesial%20Issues%201.1157

Jamaludin, J., & Romindo, R. (2020). Hybrid Cryptosystem Analysis by Using The Combination of Vigenere Cipher and RSA for Text Security. Proceeding on International Conference of Science Management Art Research Technology, 1(1), 89–100. https://doi.org/10.31098/ic-smart.v1i1.31

Khairuna, K., Rahmatan, H., Sarong, M. A., Supriatno, S., & Pada, A. U. T. (2021). Penerapan Model Discovery Learning dengan Pemanfaatan Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 280–292. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.18875

Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683

Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep model discovery learning pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar menurut pandangan para ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2189–2198. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.697

Maryana, W., Rahmawati, L., & Malaya, K. A. (2021). Penggunaan Permainan Puzzle Carakan Dalam Pembelajaran Menulis Aksara Jawa Di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 7(1), 173–186. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16157

Panggabean, S., Widyastuti, A., Damayanti, W. K., Nurtanto, M., Subakti, H., Chamidah, D., Sianipar, L. K., Ardiana, D. P. Y., Purba, F. J., & Cecep, H. (2021). Konsep dan Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Rosarian, A. W., & Dirgantoro, K. P. S. (2020). Upaya guru dalam membangun interaksi siswa melalui metode belajar sambil bermain [teacher’s efforts in building student interaction using a game based learning method]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 146–163.

Sari, Y. M., Wahyuni, E. S., & Candramila, W. (2022). Video Pembelajaran Submateri Kelainan dan Penyakit yang Berhubungan dengan Sistem Ekskresi Manusia. Bioma : Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 7(2), 105–118. https://doi.org/10.32528/bioma.v7i2.3990

Simorangkir, A., Napitupulu, M. A., & Sinaga, T. (2020). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 1–11.

Sumarni, R., Soesilawati, S. A., & Sanjaya, Y. (2021). Literasi sains dan penguasaan konsep siswa setelah pembelajaran sistem ekskresi menggunakan pedoman praktikum berbasis literasi sains. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 4(1), 32–36.

Suri, F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Organ Pada Sistem Ekskresi Untuk Siswa Kelas Xi Sma/ma Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Islam Riau.

Tambunan, N., & Siagian, I. (2020). Analisis lingkungan belajar dan aktivitas belajar daring siswa SMP pada masa pandemi covid-19. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1).

Utami, N., Khairuddin, K., & Mahrus, M. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Biologi Siswa pada Penggunaan Media Video dengan Media Powerpoint Melalui Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) di SMAN 3 Mataram Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 96–101.

Veva, E. Y. (2016). Penerapan Metode Pemecahan Masalah dengan Pendekatan Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Partisipasi Siswa pada Materi Bangun Ruang.

Wulan Febriana, B., & Chie Saputri, O. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Make A Match Terhadap Kemampuan Kerjasama Peserta Didik. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(4), 72–77. https://doi.org/10.56806/jh.v2i4.47

Yendrita, Y., & Syafitri, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Biologi. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(1), 26–32. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i1.620

Yuliani, Y., Hasanuddin, H., Safrida, S., Khairil, K., & Pada, A. U. T. (2021). Implementasi model discovery learning dipadu modul sistem ekskresi berbasis konstruktivisme untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(3), 376–390. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i3.19965

Published
2025-03-14
How to Cite
Apriliya, L., Shinta, D., Adelia, P., Rahmani, S., Virginia, Z., Aryanto, G., Ristanto, R., & Safitri, D. (2025). ANALISIS PENDEKATAN GURU BIOLOGI DALAM MENYAMPAIKAN MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP SMA DI WILAYAH URBAN. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(2), 933 - 950. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i2.1346
Section
Articles