FLIPBOOK MATEMATIKA DENGAN MEMANFAATKAN HEYZINE

  • Fitria Khasanah Pendidikan, Teknologi Pembelajaran, Pendidikan Matematika Universitas Wisnuwardhana, Indonesia
  • Khurotul A’yun Universitas Wisnuwardhana
  • Lailatul Maghfiroh Universitas Wisnuwardhana
  • Yunita Oktavia Wulandari Universitas Wisnuwardhana
Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, Flipbook, Komik Matematika, Heyzine

Abstract

Perkembangan teknologi serta ilmu pengetahuan pada waktu ini sangat pesat sehingga mengakibatkan terciptanya banyak pembaharuan dan pemanfaatan dari hasil-hasil teknologi yang dikehidupan sehari-hari dapat mempermudah dan mendukung dalam melaksanakan kegiatan khususnya pada aktivitas pembelajaran. Dengan adanya tampilan yang lebih menarik dari media pembelajaran atau alat peraga yang digunakan dalam proses pembelajaran akan membuat siswa menjadi semakin termotivasi untuk belajar sebagai akibatnya dapat mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Masa pandemi menuntut pembelajaran siswa dilaksanakan secara jarak jauh, bahkan pasca pandemi pun beberapa kegiatan pembelajaran masih memanfaatkan media berbasis IT. Pada penelitian ini menggunakan metode pengembangan dimana dalam menganalisa data mengginakan metode deskriptif kualitatif. Teknik atau prosedur pengumpulan data menggunakan angket atau kuesionar Dimana tujuan kuisioner dipergunakan buat menggali respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan berupa Flipbook Matematika serta untuk melihat sisi kepraktisan dari media pembelajaran yang dikembangkan tersebut. Subjek yang digunakan dalam pelaksanaan uji coba terbatas dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling yaitu sampel yang memenuhi kriteria dalam penelitian. Subjek penelitian yang digunakan dalam uji coba terbatas yaitu siswa Sekolah Dasar (SD) di wilayah Kidangbang Wajak yang merupakan siswa bimbingan belajar Master Bimbel. Di  daerah Kidangbang Wajak Kabupaten Malang terdapat beberapa Sekolah Dasar. Dari hasil Analisa angket yang telah diisi oleh siswa diperoleh kesimpulan bahwa Pengembangan media Pembelajaran Flipbook Matematika menerima kriteria sangat layak dikarenakan respon siswa terhadap peanfaatan Flipbook Matematika sebesar 92 %. Bahkan terdapat siswa yang ingin mengetahui bagaimana proses dalam pembuatan media pembelajaran tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustianti, R., Nussifera, L., Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., Simarmata, N., Himawan, I. S., Pawan, E., & Ikhram, F. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Tohar Media.

Akhir M Y. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Matematka Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Makasar.

Feranika R & Marsudi D S. (2018). Peningkatan Minat Belajar Matematika Materi bangun Ruang Sederhana. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fitria, K., & Cynthia, T. O. (2017). Software Math-Expert untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran SAVI. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Universitas Kanjuruhan Malang 2017, 5(1).

Fitria Khasanah. (2016). Pengembangan Math IM (Mathematics Interaktif Multimedia). Universitas Wisnuwardhana.

Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (JPPGI), 1(1), 28–42.

Ilyas, M. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Cokroaminoto Palopo.

Khasanah, F., Wulandari, Y. O., Octavianti, C. T., & Kunci, K. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Guru Pos PAUD Nurul Huda Dalam Pemanfaatan Google Sites Sebagai Website PAUD. 6(1), 32–41. https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i1.1406

Mujahidin, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Matematika.

Munir, M., Afifah, N., & Najib, M. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran PKn untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas II. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 48–65.

Nikmati, H. A. S. E. (2024). Pemanfaatan Media Ajar Interaktif Berbasis Digital dalam Meningkatkan Berfikir Kritis Peserta Didik. Aksiologi: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa SD Negeri Kohod III. Pensa, 3(2), 243–255.

Purnomo, P., & Palupi, S. P. (2017). Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma.

Retnawati, H. (2017). Teknik Pengambilan Sampel. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta.

Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline tematik terhadap minat belajar siswa kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122–130.

Senge, W. (2023). Pemanfaatan Smartphone sebagai Media Pembelajaran Mandiri pada Anak di Kabupaten Kupang. PENSOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Pendidikan Sosiologi, 1(1), 1–7.

Sohilait, E. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Manado.

Warti E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa . Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2).

Published
2025-03-03
How to Cite
Khasanah, F., A’yun, K., Maghfiroh, L., & Wulandari, Y. (2025). FLIPBOOK MATEMATIKA DENGAN MEMANFAATKAN HEYZINE. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(2), 799 - 813. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i2.1344
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)