FLIPBOOK MATEMATIKA DENGAN MEMANFAATKAN HEYZINE
Abstract
Perkembangan teknologi serta ilmu pengetahuan pada waktu ini sangat pesat sehingga mengakibatkan terciptanya banyak pembaharuan dan pemanfaatan dari hasil-hasil teknologi yang dikehidupan sehari-hari dapat mempermudah dan mendukung dalam melaksanakan kegiatan khususnya pada aktivitas pembelajaran. Dengan adanya tampilan yang lebih menarik dari media pembelajaran atau alat peraga yang digunakan dalam proses pembelajaran akan membuat siswa menjadi semakin termotivasi untuk belajar sebagai akibatnya dapat mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Masa pandemi menuntut pembelajaran siswa dilaksanakan secara jarak jauh, bahkan pasca pandemi pun beberapa kegiatan pembelajaran masih memanfaatkan media berbasis IT. Pada penelitian ini menggunakan metode pengembangan dimana dalam menganalisa data mengginakan metode deskriptif kualitatif. Teknik atau prosedur pengumpulan data menggunakan angket atau kuesionar Dimana tujuan kuisioner dipergunakan buat menggali respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan berupa Flipbook Matematika serta untuk melihat sisi kepraktisan dari media pembelajaran yang dikembangkan tersebut. Subjek yang digunakan dalam pelaksanaan uji coba terbatas dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling yaitu sampel yang memenuhi kriteria dalam penelitian. Subjek penelitian yang digunakan dalam uji coba terbatas yaitu siswa Sekolah Dasar (SD) di wilayah Kidangbang Wajak yang merupakan siswa bimbingan belajar Master Bimbel. Di daerah Kidangbang Wajak Kabupaten Malang terdapat beberapa Sekolah Dasar. Dari hasil Analisa angket yang telah diisi oleh siswa diperoleh kesimpulan bahwa Pengembangan media Pembelajaran Flipbook Matematika menerima kriteria sangat layak dikarenakan respon siswa terhadap peanfaatan Flipbook Matematika sebesar 92 %. Bahkan terdapat siswa yang ingin mengetahui bagaimana proses dalam pembuatan media pembelajaran tersebut.
Downloads
References
Agustianti, R., Nussifera, L., Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., Simarmata, N., Himawan, I. S., Pawan, E., & Ikhram, F. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Tohar Media.
Akhir M Y. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Matematka Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Makasar.
Feranika R & Marsudi D S. (2018). Peningkatan Minat Belajar Matematika Materi bangun Ruang Sederhana. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Fitria, K., & Cynthia, T. O. (2017). Software Math-Expert untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran SAVI. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Universitas Kanjuruhan Malang 2017, 5(1).
Fitria Khasanah. (2016). Pengembangan Math IM (Mathematics Interaktif Multimedia). Universitas Wisnuwardhana.
Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (JPPGI), 1(1), 28–42.
Ilyas, M. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Cokroaminoto Palopo.
Khasanah, F., Wulandari, Y. O., Octavianti, C. T., & Kunci, K. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Guru Pos PAUD Nurul Huda Dalam Pemanfaatan Google Sites Sebagai Website PAUD. 6(1), 32–41. https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i1.1406
Mujahidin, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Matematika.
Munir, M., Afifah, N., & Najib, M. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran PKn untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas II. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 48–65.
Nikmati, H. A. S. E. (2024). Pemanfaatan Media Ajar Interaktif Berbasis Digital dalam Meningkatkan Berfikir Kritis Peserta Didik. Aksiologi: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial.
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa SD Negeri Kohod III. Pensa, 3(2), 243–255.
Purnomo, P., & Palupi, S. P. (2017). Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma.
Retnawati, H. (2017). Teknik Pengambilan Sampel. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta.
Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline tematik terhadap minat belajar siswa kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122–130.
Senge, W. (2023). Pemanfaatan Smartphone sebagai Media Pembelajaran Mandiri pada Anak di Kabupaten Kupang. PENSOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Pendidikan Sosiologi, 1(1), 1–7.
Sohilait, E. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Manado.
Warti E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa . Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2).
Copyright (c) 2025 Fitria Khasanah, Khurotul A’yun, Lailatul Maghfiroh, Yunita Oktavia Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.