MANAJEMEN GURU PENGGERAK DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN SD
Abstract
Latar belakang penulisan ini adalah adanya pertanyaan pada masyarakat apakah ada perbedaan antara guru yang telah mengikuti Pendidikan Program Guru Penggerak dengan guru yang belum mengikuti Program Guru Penggerak, jika ada apakah perbedaan tersebut, juga banyak pertanyaan yang timbul dalam masyarakat apakah perubahan yang signifikant yang dilakukan oleh Guru Penggerak dalam proses pembelajaran di kelas, apakah dampak yang dapat dirasakan oleh Guru Penggerak itu sendiri, oleh Murid, atasan, rekan sejawat yang pada akhirnya apakah Guru Penggerak memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Tujuan penelitianini adalah untuk menganalisis dampak guru penggerak terhadap peningkatan kualitas pendidikan, metode yang dilakukan adalah dengan melakukan observasi kelapangan yaitu mengamati proses pengajaran yang dilakukan oleh guru penggerak, peneliti juga melakukan wawancara dengan sasarannya yaitu, murid, guru, kepala sekolah dan orang tua siswa.hasil penelitian adalah bahwa seorang guru yang telah mengikuti pelatihan guru penggerak mempunyai dampak sangat significant dalam melakukan proses pembelajaran. Guru penggerak mempunyai pemikiran yang berbeda kepada peserta didik, dimana guru penggerak tidak menganggap murid sebagai objek tetapi guru penggerak memperhatikan suara dari setiap murid, dalam mengajar guru penggerak menyadari bahwa setiap peserta didik itu berbeda sehingga guru penggerak mengajar menggunakan modul ajar yang berdiferensiasi.
Downloads
References
Aditiya, N., & Fatonah, S. (2023). Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru Penggerak di Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan …. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/8008
Ain, S. Q., Yunita, Y., Mustika, D., & ... (2022). Pendampingan Calon Guru Penggerak Sekolah Dasar di Desa Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. … Pendidikan …. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/10168
Damayanti, D., & Asbari, M. (2024). Guru Penggerak: Pengembangan Pendidikan melalui Kepemimpinan Guru. Journal of Information Systems and Management …. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/895
Dudung, A. (2018). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/JKKP.051.02
Ibda, H. (2022). Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. CV. Pilar Nusantara.
Lubis, S. H. H., Milfayetti, S., Lubis, M. J., & ... (2022). Peningkatan Sumber Daya Manusia Guru Melalui Program Guru Penggerak. Jurnal Syntax …. https://jurnalsyntaxadmiration.com/index.php/jurnal/article/view/441
Mardiana, W., & Rudiyanto, M. A. (2024). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK SEKOLAH DASAR DI MOJOKERTO. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA …. https://pekatpkm.my.id/index.php/JP/article/view/214
Moleong, Lexy. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif (10th ed.). Remaja Rosdakarya.
Nugroho, A. S., Suryanti, S., & Wiryanto, W. (2022). Peningkatan Kualitas Guru, Sebanding dengan Peningkatan Pendidikan? Jurnal Basicedu. https://www.neliti.com/publications/449617/peningkatan-kualitas-guru-sebanding-dengan-peningkatan-pendidikan
Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Permendikbudriset. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 14 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Besar Guru Penggerak dan Balai Guru Penggerak.
Rahmawati, H., Iskandar, S., Rosmana, P., & ... (2023). Peran Guru Penggerak Terhadap Penerapan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Innovative: Journal Of …. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/779
Riowati, R., & Yoenanto, N. H. (2022). Peran guru penggerak pada merdeka belajar untuk memperbaiki mutu pendidikan di Indonesia. Journal of Education and Instruction …. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/3393
Sibagariang, D., Sihotang, H., & ... (2021). Peran guru penggerak dalam pendidikan merdeka belajar di indonesia. Jurnal Dinamika …. http://repository.uki.ac.id/id/eprint/7959
Suralaga, F. (2021). Psikologi Pendidikan: Implikasi dalam Pembelajaran. repository.uinjkt.ac.id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/55466
Sutrisno, S. (2019). KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PEMIMPIN DAN PENDIDIK DI SEKOLAH DASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL …. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2654
Syafi’i, F. F. (2022). Merdeka belajar: sekolah penggerak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1049
Tahajudin, D., Rokmanah, S., & Putri, C. H. (2023). Optimalisasi Guru Sebagai Pemimpin Pembelajaran Pada Program Guru Penggerak. … Ilmiah Profesi Pendidikan. http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/1631
Tangahu, W. (2022). Pembelajaran Di Sekolah Dasar: Guru Sebagai Penggerak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1081
Yanti, M. Y., Putri, S. Y., & Yani, M. D. (2024). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENGGERAK DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. … Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/12830
Copyright (c) 2024 Deuis Mulyati, Neneng Meri Maryati, Novi Khusnainy M, Saripah Saripah, Ricky Yoseptry, Eva Dianawati Wasliman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.