SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMPN 2 MARGAHAYU KABUPATEN BANDUNG
Abstract
Pelaksanaan pengawasan di lembaga pendidikan sekolah bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Kepala sekolah memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran di sekolah dan memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan dan kemajuan sekolah. Oleh karena itu, kepala sekolah harus melakukan pengawasan dengan baik dan benar sesuai dengan prinsip-prinsip pengawasan serta teknik dan pendekatan yang sesuai agar dapat meningkatkan kinerja guru dalam menerapkan inovasi pembelajaran bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMPN 2 Margahayu. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data meliputi studi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Penelitian dilakukan di SMPN 2 Margahayu Kabupaten Bandung yang terletak di Jl. Kopo sayati Gg. Nata 1. Berdasarkan hasil temuan penelitian mengindikasikan bahwa peningkatan kinerja guru bisa dilakukan dengan supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah melalui manajemen POAC yaitu: planing, organising, actuating dan evaluating. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Supervisi akademik kepala sekolah sudah dilaksanakan sesuai dengan prisnsip manajemen yaitu melaksanakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi.
Downloads
References
Ahmad, D. S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya-Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. ALACRITY: Journal of Education. https://lpppipublishing.com/index.php/alacrity/article/view/115
Ariyanti, Y. (2020). Keterampilan manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/AKSES/article/view/3265
Asyari, S. (2020). Supervisi Kepala Madrasah Berbasis Penilaian Kinerja sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru. JIEMAN: Journal of Islamic Educational …. https://jieman.uinkhas.ac.id/index.php/jieman/article/view/14
Basuki, B. (2020). Evaluasi dan Supervisi Standar Kepala Sekolah dalam Peningkatan Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru. https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/jurpendigu/article/view/166
Berliani, T., Nugroho, P. J., & Sedek, M. (2023). Implementasi Supervisi Pendidikan Di Sekolah. Equity In Education Journal. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/eej/article/view/10828
Cholid, N., Hasibuan, I. M., Juwita, D. H. K., Astuti, W., Latif, A., & ... (2024). Supervisi Pendidikan. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=ZJkLEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=supervisi+kinerja+pendidik&ots=NE_sycrQ1_&sig=RWXnlDUkFZEB3oO_OwK5-GwZDZo
Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/JKKP.051.02
Fatimah, K. A. (2023). Penerapan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kinerja Guru PAI di Sekolah Dasar Kecamatan Majalaya. ULUL ALBAB: Jurnal PendidikanAgamaIslam.http://ojs.uninus.ac.id/index.php/Ululalbab/article/view/2797
Fauzi, M. A. N., Sukamto, S., Sidabutar, J., & Iriantara, Y. (2023). Tindak Lanjut Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Pada Komponen Kualitas Supervisi Pembelajaran.QUALITY.https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/view/21267
Hamid, A., Wahidin, D., Mudrikah, A., & ... (2022). Manajemen Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan …. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3620
Hapizoh, H., Harapan, E., & ... (2020). Pengaruh profesionalisme guru dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru. … Pendidikan). https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/3764
Hs, S. (2019). Penerapan supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru. Jurnal IlmiahPendidikanDanPembelajaran.https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/21164
Idola, D. M., Wati, N., Andrizal, A., & ... (2022). Penilaian Kinerja Melalui Supervisi untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN 13 Batu Manjulur. JIEM (Journal of …. https://jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/jiem/article/view/11667
Karmila, N., & Suchyadi, Y. (2020). Supervisi Pendidikan Di Sekolah Alam Bogor. … Pendidikan Dan Pengajaran Guru …. https://journal.unpak.ac.id/index.php/JPPGuseda/article/view/2011
Kulsum, U., Yuliejantiningsih, Y., & ... (2022).Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Budaya Kerja Guru Dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Profesionalisme GuruSekolahManajemenPendidikan.http://journal.upgris.ac.id/index.php/jmp/article/view/14928
Lubis, W., Sagala, S., Saragih, A. H., & Sagala, G. H. (2021). Measuring valuable antecedents of instructional leadership in educational organisations. International Journal of Management in Education, 15(1), 41. https://doi.org/10.1504/IJMIE.2021.111815
Makhsun, M. S. I. H. N. (2020). Supervisi akademik: Studi peningkatan kinerja guru MI dalam pengembangan bahan ajar. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=xsM3EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA80&dq=supervisi+kinerja+pendidik&ots=CvahvJJLQA&sig=QPXDYPBUvnY4uCQzSIudcdTGpHI
Maryono. (2011). Dasar-Dasar dan Teknik Menjadi Supervisor Pendidikan. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.
Mediatati, N., & Jati, D. H. P. (2022). Supervisi Kepala Sekolah: Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru dan Hasil Belajar Peserta Didik. … Dan Pengembangan Pendidikan. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/48774
Moleong, Lexy. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif (10th ed.). Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2020). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Remaja Rosda Karya.
Muspawi, M. (2020). Strategi menjadi kepala sekolah profesional. Jurnal Ilmiah UniversitasBatanghariJambi.http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/938
Noverta, W. (2019). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah. osf.io. https://osf.io/preprints/inarxiv/7qby3/
Permendikbud. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 24 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah.
Raberi, A., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan peran komite sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Al-Qiyam. http://ojs.staialfurqan.ac.id/alqiyam/article/view/123
Rakhman, F., Agusti, A., Surur, M., Wiranata, R., & Wahyudi, W. (2023). Analysis of Principals’ Leadership Strategies in Improving Teacher Performance and Organizational Culture. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(1), 1128–1134. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i1.5737
Safitri, H. D. A., Putri, N. A., Prasetyo, G. B., & ... (2022). Kinerja pengawas sekolah yayasan pada jenjang pendidikan menengah pertama: perspektif guru dan kepala sekolah. … Pendidikan. http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/49599
Sanoto, H., Soegito, A., & Negeri Semarang, U. (2021). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru di Daerah 3T (Terdepan, Terpencil, Tertinggal) The Effect of Academic Supervision Towards The Improvement of Teachers’ Competency in 3T Area (Frontier, Outermost, and Least Developes). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 166–172. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4845
Satyawati, S. T. (2020). Pengaruh Kepengawasan dan Kepemimpinan Distributif-Relasional Terhadap Komitmen Organisasi Kepala Sekolah Dasar di Kabupaten Semarang. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/3206
Turmudi, I. (2021). … Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Pendidikan: Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Pendidikan.AlRiwayah:JurnalKependidikan.http://ejurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Al-Riwayah/article/view/356
Ubabuddin, U. (2020). Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Tugas Dan Peran Guru Dalam Mengajar. Nidhomul Haq: Jurnal ManajemenPendidikan.https://ejournal.uac.ac.id/index.php/nidhomulhaq/article/view/512
Pemerintahan Indonesia. (2005). Undang-undang (UU) Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Copyright (c) 2024 Ricky Yoseptry, Andi Suhandi, Lilis Widiawati, Lina Dalina, Moh Idris Wikarso, Rina Widyastuti, Wandani Wandani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.