IMPLEMENTASI SUPERVISI DI BALAI BESAR GURU PENGGERAK (BBGP) JAWA BARAT DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya pemerintah dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia agar berkualitas. Salah satu strategi yang dilakukan yaitu dengan membentuk Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) berdasarkan Permendikbudristek No.14 Tahun 2022. BBGP dibentuk dengan peran penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Fokus utama BBGP Jawa Barat adalah mengembangkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan serta meningkatkan mutu pendidikan di Jawa Barat. Untuk memastikan keterlaksanaan program BBGP dapat berjalan sesuai dengan regulasi, dilakukan program supervisi oleh satuan pengawasan internal (SPI). Supervisi merupakan hal penting guna menjaga kualitas kerja dalam memenuhi tujuan organisasi. Tujuan penelitian ini untuk untuk mendapatkan gambaran implementasi supervisi di BBGP Jabar dalam meningkatkan mutu Pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Kesimpulan umum penelitian ini adalah mendapatkan gambaran tentang manajemen supervisi di BBGP Jabar dalam meningkatkan mutu pendidikan. Simpulan khusus penilitian ini: Perencanaan supervisi dilakukan dengan adanya rapat koordinasi tim SPI dan adanya program kerja. Pengorganisasian supervisi yaitu ditugaskannya tim SPI oleh Kepala BBGP yang terdiri dari Ketua, sekretaris dan anggota SPI. Pelaksanaan supervisi di BBGP Jabar berjalan sesuai dengan tujuan yaitu dalam rangka pengawasan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi unit kerja BBGP Jabar. Pengawasan program dilakukan tim SPI, terhadap keterlaksanaan program BBGP Jabar.
Downloads
References
Addini, A. F., Husna, A. F., Damayanti, B. A., & ... (2022). Konsep Dasar Supervisi Pendidikan. … Wahana Pendidikan. https://jurnal.unigal.ac.id/jwp/article/view/7639
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Benty, D. D. N., & Gunawan, I. (2017). Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.
Berliani, T., Wahyuni, R., Helencia, E. M., & ... (2022). Strategi Pengawas Sekolah Dasar dalam Melaksanakan Pengawasan Ke Sekolah Binaan. Equity in Education …. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/eej/article/view/5055
Cholid, N., Hasibuan, I. M., Juwita, D. H. K., Astuti, W., Latif, A., & ... (2024). Supervisi Pendidikan.books.google.com.https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=ZJkLEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=supervisi+kinerja+pendidik&ots=NE_sycrQ1_&sig=RWXnlDUkFZEB3oO_OwK5-GwZDZo
Hapizoh, H., Harapan, E., & ... (2020). Pengaruh profesionalisme guru dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru. … Pendidikan). https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/3764
Kompri. (2014). Manajemen Pendidikan 1. Bandung: Alfabeta.
Lubha, L., Syaifuddin, M., & Tambak, S. (2022). Supervisi Kepegawaian (Ketenagaan) Pendidikan. Jurnal Ilmu Multidisplin. https://greenpub.org/JIM/article/view/44
Makhsun, M. S. I. H. N. (2020). Supervisi akademik: Studi peningkatan kinerja guru MI dalam pengembangan bahan ajar. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=xsM3EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA80&dq=supervisi+kinerja+pendidik&ots=CvahvJJLQA&sig=QPXDYPBUvnY4uCQzSIudcdTGpHI
Maryono. (2011). Dasar-Dasar dan Teknik Menjadi Supervisor Pendidikan. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.
Miranda, I., Hartono, H., & Nasution, A. H. (2024). Pengaruh Penggunaan Sarana Prasarana Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al Mawaddah …. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/14087
Muchlis, M. (2022). Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal Of Administration and Educational …. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/ALIGNMENT/article/view/3776
Mulloh, T., & Muslim, A. Q. (2022). Analisis peran supervisi pendidikan dalam meningkatkan profesionalitas guru. Journal Publicuho. http://journalpublicuho.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/29
Nasrudin, N., & Maryadi, M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD. Manajemen Pendidikan, 13(2), 15–23. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.6363
Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
permendikbud. (2015). Permendikbud No.66 Tahun 2015 Tentang Manajemen Risiko di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Permendikbud. (2017). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2017 Tentang Satuan Pengawasan Intern di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Permendikbudriset. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 14 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Besar Guru Penggerak dan Balai Guru Penggerak.
Pratiwi, E. W., & Roesminingsih, E. (2022). Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 10(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/47508
Rakhman, F., Agusti, A., Surur, M., Wiranata, R., & Wahyudi, W. (2023). Analysis of Principals’ Leadership Strategies in Improving Teacher Performance and Organizational Culture. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(1), 1128–1134. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i1.5737
Rohmawati, O., Poniyah, P., & Adiyono, A. (2023). Implementasi Supervisi Pendidikan Sebagai Sarana Peningkatan Kinerja Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan. https://jpk.joln.org/index.php/2/article/view/16
Saharudin, S., Syaifuddin, M., & Tambak, S. (2022). Supervisi pendidikan. Jurnal Ilmu Multidisplin. https://greenpub.org/JIM/article/view/57
Soro, S. H., Rhamdani, N., Defauzi, P., & Erawan, R. D. T. (2023). Supervisi Pendidikan Implementasi Supervisi di Satuan-Satuan Pendidikan. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2fG_EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA85&dq=analisis+implementasi+supervisi+oleh+kepala+sekolah+untuk+meningkatkan+pembelajaran+pada+satuan+pendidikan+jenjang+sekolah+dasar&ots=72-eI3Nqmr&sig=S90xYLV5wOk9Jq3uZHx5ALTuoyk
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49
Turmudi, I. (2021). … Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Pendidikan: Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Pendidikan. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan. http://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Al-Riwayah/article/view/356
Wiliyanto, N. R. (2020). Manajemen Pendidikan Inklusidi SMAN 1 Padang. MUDIR (Jurnal Manajemen Pendidikan), 4(1).
Copyright (c) 2024 Ricky Yoseptry, Agus Wahyu, Hari Suprayoga, Siti Fatimah, Yeti Nurhayati, Abdul Rahman, Nesa Halimah Adzania
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.