IMPLEMENTASI MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE HYPER TEXT MARKUP LANGUAGE 5 SMK INFORMATIKA CIPUTAT
Abstract
Proses pembelajaran belum berlangsung secara interaktif dalam penyajian media serta bahan ajar interaktif masih terbatas serta tidak variatif karena hanya mengacu kepada modul buku LKS. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran interaktif berbasis website hyper text markup language (HTML5) sebagai variasi pembelajaran dan pemahaman konsep pada materi Sistem Operasi Jaringan kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan SMK Informatika Ciputat. Metodologi penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian sebagai berikut: kevalidan media yaitu 76% dengan kategori “valid”, kevalidan materi 90% dengan kategori “sangat valid”. Hasil kepraktisan yang diperoleh untuk angket respon guru yaitu 94% terkategori “sangat praktis”, hasil angket respon siswa melalui tiga tahapan yaitu 89,96% terkategori “sangat praktis”. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran interaktif berbasis website HTML5 SMK Informatika Ciputat layak digunakan dan dapat menunjang proses pembelajaran disekolah.
Downloads
References
Arman Cahyanto, Lesmono, A. D., & Handayani, R. D. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pokok Bahasan Gelombang Bunyi. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(2), 154–164. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.1551
Hadji, R., Mulyanto, A., Rohandi, M., & Dwinanto, A. (2023). Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Menggunakan Modul Digital Interaktif. Inverted: Journal of Information Technology Education, 3(1), 73–79. https://doi.org/https://doi.org/10.37905/inverted.v3i1.16259
Harahap, O. F. M., Pd, M., Mastiur Napitupulu, S. K. M., & Batubara, N. S. (2022). Media pembelajaran: teori dan perspektif penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa inggris. CV. Azka Pustaka.
Juanda, Y. M., & Hendriyani, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Kuliah Pemrograman Visual dengan Metode Addie. Jurnal Vokasi Informatika. http://javit.ppj.unp.ac.id/index.php/javit/article/view/81
Limbong, T. (2021). Pemrograman Web Dasar. Yayasan Kita Menulis.
Lumbantobing, J., & Ropianto, M. (n.d.). Membangun Aplikasi Multimedia Berbasis Web.
Naidu, V. R., Singh, B., Agarwal, A., Al Farei, K., & Al, K. (2021). A review of implementation of HTML5 based platforms to facilitate interactive online learning during COVID-19 pandemic. Proceedings of SOCIOINT, 2021(8th).
Purnamasari, N. L. (2020). Metode Addie pada pengembangan media interaktif adobe flash pada mata pelajaran TIK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 5(1), 23–30. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/jpsd.v5i1.1530
Puspitaningrum, A. A., Wihidayat, E. S., & Hatta, P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Routing Statis. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan Dan Informatika, 6(1), 31–38. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/edutic.v6i1.6387
Rachma, A. F., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2023). Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Simulasi Mengajar Keterampilan Memberikan Reinforcement. Jurnal Pendidikan West Science, 01(08), 506–516.
Saftari, M., & Fajriah, N. (2019). Penilaian Ranah Afektif Dalam Bentuk Penilaian Skala Sikap Untuk Menilai HASIL BELAJAR. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 7(1), 71–81. https://doi.org/10.35438/e.v7i1.164
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syhafrudin, I. A. (2015). Perancangan dan Implementasi HTML5 dalam Media Pembelajaran Bahasa Arab.
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Wibowo, A., Sumaryati, S., & Sudiyanto, S. (2023). Mengoptimalkan Keterampilan Administrasi Keuangan Melalui Inovasi E-Modul Berbasis Flipbook: Sebuah Analisis Fisibilitas. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 85–93. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.8131
Wibowo, T., & Xie, F. (2022). An RPG game design for English learning using ADDIE methods. Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan …. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sciencetech/article/view/11990
Copyright (c) 2025 Fajar Tri Laksana, Mahbubul Wathoni, Adi Alam, Yasin Efendi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.