IMPLEMENTASI MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE HYPER TEXT MARKUP LANGUAGE 5 SMK INFORMATIKA CIPUTAT

  • Fajar Tri Laksana Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Mahbubul Wathoni Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Adi Alam Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Yasin Efendi Universitas Muhammadiyah Jakarta
Keywords: Modul Pembelajaran Interaktif, HTML5, ADDIE

Abstract

Proses pembelajaran belum berlangsung secara interaktif dalam penyajian media serta bahan ajar interaktif masih terbatas serta tidak variatif karena hanya mengacu kepada modul buku LKS. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran interaktif berbasis website hyper text markup language (HTML5) sebagai variasi pembelajaran dan pemahaman konsep pada materi Sistem Operasi Jaringan kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan SMK Informatika Ciputat. Metodologi penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian sebagai berikut: kevalidan media yaitu 76% dengan kategori “valid”, kevalidan materi 90% dengan kategori “sangat valid”. Hasil kepraktisan yang diperoleh untuk angket respon guru yaitu 94% terkategori “sangat praktis”, hasil angket respon siswa melalui tiga tahapan yaitu 89,96% terkategori “sangat praktis”. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran interaktif berbasis website HTML5 SMK Informatika Ciputat layak digunakan dan dapat menunjang proses pembelajaran disekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arman Cahyanto, Lesmono, A. D., & Handayani, R. D. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pokok Bahasan Gelombang Bunyi. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(2), 154–164. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.1551

Hadji, R., Mulyanto, A., Rohandi, M., & Dwinanto, A. (2023). Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Menggunakan Modul Digital Interaktif. Inverted: Journal of Information Technology Education, 3(1), 73–79. https://doi.org/https://doi.org/10.37905/inverted.v3i1.16259

Harahap, O. F. M., Pd, M., Mastiur Napitupulu, S. K. M., & Batubara, N. S. (2022). Media pembelajaran: teori dan perspektif penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa inggris. CV. Azka Pustaka.

Juanda, Y. M., & Hendriyani, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Kuliah Pemrograman Visual dengan Metode Addie. Jurnal Vokasi Informatika. http://javit.ppj.unp.ac.id/index.php/javit/article/view/81

Limbong, T. (2021). Pemrograman Web Dasar. Yayasan Kita Menulis.

Lumbantobing, J., & Ropianto, M. (n.d.). Membangun Aplikasi Multimedia Berbasis Web.

Naidu, V. R., Singh, B., Agarwal, A., Al Farei, K., & Al, K. (2021). A review of implementation of HTML5 based platforms to facilitate interactive online learning during COVID-19 pandemic. Proceedings of SOCIOINT, 2021(8th).

Purnamasari, N. L. (2020). Metode Addie pada pengembangan media interaktif adobe flash pada mata pelajaran TIK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 5(1), 23–30. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/jpsd.v5i1.1530

Puspitaningrum, A. A., Wihidayat, E. S., & Hatta, P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Routing Statis. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan Dan Informatika, 6(1), 31–38. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/edutic.v6i1.6387

Rachma, A. F., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2023). Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Simulasi Mengajar Keterampilan Memberikan Reinforcement. Jurnal Pendidikan West Science, 01(08), 506–516.

Saftari, M., & Fajriah, N. (2019). Penilaian Ranah Afektif Dalam Bentuk Penilaian Skala Sikap Untuk Menilai HASIL BELAJAR. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 7(1), 71–81. https://doi.org/10.35438/e.v7i1.164

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syhafrudin, I. A. (2015). Perancangan dan Implementasi HTML5 dalam Media Pembelajaran Bahasa Arab.

Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141

Wibowo, A., Sumaryati, S., & Sudiyanto, S. (2023). Mengoptimalkan Keterampilan Administrasi Keuangan Melalui Inovasi E-Modul Berbasis Flipbook: Sebuah Analisis Fisibilitas. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 85–93. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.8131

Wibowo, T., & Xie, F. (2022). An RPG game design for English learning using ADDIE methods. Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan …. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sciencetech/article/view/11990

Published
2025-03-03
How to Cite
Tri Laksana, F., Wathoni, M., Alam, A., & Efendi, Y. (2025). IMPLEMENTASI MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE HYPER TEXT MARKUP LANGUAGE 5 SMK INFORMATIKA CIPUTAT. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 12(2), 785 - 798. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v12i2.1229
Section
Articles