EVALUASI ADOPSI METODE AGILE UNTUK PROSES PERANGKAT LUNAK OLEH TIM STARTUP DI INDONESIA
Abstract
Saat ini pada Indonesia, sedang maraknya muncul berbagai startup pada berbagai bidang, Startup bukan suatu hal yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Umumnya pada saat ini, startup di Indonesia menggunakan metode Agile sebagai metode pengembangan perangkat lunaknya. Penelitian ini akan berfokus kepada pelaksanaan metode Agile yang digunakan oleh beberapa startup di Indonesia. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mendapatkan data serta informasi mengenai penggunaan metode Agile oleh beberapa startup tersebut. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisa serta membandingkan pelaksanaan metode Agile oleh startup hingga dapat melakukan evaluasi mengenai pelaksaan metode Agile tersebut. Berdasarkan hasil penelitan ini, penggunaan metode Agile yang umum untuk digunakan adalah metode Scrum. Scrum dipilih karena kecepatan waktu dalam melakukan pengiriman produk dan terdapat sprint planning, sprint review, sprint backlog, dan review restrospective yang memudahkan pengembangan perangkat lunak oleh startup. Selain itu, beberapa startup menggunakan metode Kanban untuk melakukan visualisasi kerangka kerja mereka.
Downloads
References
Abdillah, N. (2019). Analisis Pengaruh Faktor Adopsi Scrum Pada Startup Digital. Teknomatika, 12(x), 1–8.
Andhini, N. F. (2017). Definisi Startup. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Ariesta, A., Dewi, Y. N., Sariasih, F. A., & Fibriany, F. W. (2021). Penerapan Metode Agile Dalam Pengembangan Application Programming Interface System Pada Pt Xyz. Jurnal CoreIT: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 7(1), 38. https://doi.org/10.24014/coreit.v7i1.12635
Bogdan & taylor. (2013). Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Akidah melalui Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam(ski) di Mts An-Nur Desa Hangtuah Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar. Penelitian Kualitatif, 66, 1–66.
Databoks.katadata.co.id. (2023). Indonesia Masuk Jajaran Negara dengan Startup Terbanyak Dunia, Berapa Jumlahnya? Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/06/14/indonesia-masuk-jajaran-negara-dengan-startup-terbanyak-dunia-berapa-jumlahnya#:~:text=Menurut data Startup Ranking per,dunia%2C mengalahkan Jerman dan Prancis
De Kweldju, A. (2022). Computer Assited Instruction (Cai) Sebagai Aplikasi Penunjang Dalam Pembelajaran Kimia. Arfak Chem: Chemistry Education Journal, 5(2), 432–436. https://doi.org/10.30862/accej.v5i2.380
Haida, E. P. S. dan. (2018). Analisis Tingkat Berfikir Kreatif Siswa dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Kelas VII MTS Al-Washliyah Medan Krio. Skripsi, 2016, 30.
Hikmah, N., Suradika, A., & Ahmad Gunadi, R. A. (2021). Metode Agile Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Melalui Berbagi Pengetahuan (Knowledge Sharing) (Studi Kasus: Sdn Cipulir 03 Kebayoran Lama, Jakarta. Instruksional, 3(1), 30. https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.30-39
Hohl, P., Klünder, J., van Bennekum, A., Lockard, R., Gifford, J., Münch, J., Stupperich, M., & Schneider, K. (2018). Back to the future: origins and directions of the “Agile Manifesto” – views of the originators. Journal of Software Engineering Research and Development, 6(1). https://doi.org/10.1186/s40411-018-0059-z
Husnul Khaatimah, R. W. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknolofi Pendidikan, 2(2), 76–87.
Jaya, M. A., Ferdiana, R., & Fauziyati, S. (2017). Analisis Faktor Keberhasilan Startup Digital di Yogyakarta. Jurnal Universitas Muria Kudus, 4(1), 167–173. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/SNA/article/view/1261
Karina, D., Alfiyatus Sa’diyah, S., Nabilah, H., & Panorama, M. (2021). Pengaruh Perusahaan Startup Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Selama Pandemi Covid-19. Berajah Journal, 2(1), 156–166. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.69
kominfo.go.id. (2020). Di WEF 2020, Menkominfo Pamerkan Pesatnya Perkembangan Startup Indonesia. Kominfo.Go.Id. https://www.kominfo.go.id/content/detail/23975/di-wef-2020-menkominfo-pamerkan-pesatnya-perkembangan-startup-indonesia/0/sorotan_media#:~:text=KOMPAS.com – Indonesia merupakan tanah,Tak hanya unggul kuantitas.
Mahendra, I., & Eby Yanto, D. T. (2018). Agile Developmentmethods Dalam Pengembangan Sistem Informasi Pengajuan Kredit Berbasis Web. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 1(2), 13–24.
Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. Open Science Framework, 1–3.
Mita, R. (2015). Wawancara Sebuah Interaksi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif. In Jurnal Ilmu Budaya (Vol. 11, Issue 2, pp. 71–79).
Nazare, M. S. (2019). Evaluation of Agile Software Development Methodologies and its Applications. https://broncoscholar.library.cpp.edu/handle/10211.3/212755%0Ahttp://broncoscholar.library.cpp.edu/bitstream/handle/10211.3/212755/Nazare Mayuresh Sudhir_Thesis2019.pdf?sequence=4
Pratiwi, nuning. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah DInamika Sosial, 1, 213–214.
Sciences, H. (2016). Jenis Dan Sumber Data Penelitian. 4(1), 1–23.
Wirawan, P. P., & Junita. (2020). Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dalam Perkembangan Perusahaan Startup Digital. Prosiding Manajemen Komunikasi , 6, 53–56.
Copyright (c) 2024 Annisa Alyanida Maghfirah, Beni Suranto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.