THE IMPORTANCE OF LEARNING ENGLISH “VOCABULARY” FOR ELEMENTARY SCHOOL AGE CHILDREN

Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematang Siantar, Indonesia.

  • Maeyzar Prasetia Ndraha Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia.
  • Tasya Triana Naibaho Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia.
  • Medo Andre Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia.
  • Grace Debora Siburian Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia.
  • Angelina Klara Ronita Manurung Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia.
  • Rona Arta Silitonga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia.
  • Herman Herman Pendidikan, Pengajaran, Linguistik, Linguistik Terapan Bahasa Inggris Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia. https://orcid.org/0000-0001-6818-5142
  • Sabar Dumayanti Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia.
  • Vita Riahni Saragih Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia.
Keywords: English; Vocabulary; Elementary students; Socialization.

Abstract

Sosialisasi ini dilakukan untuk menunjukan perolehan hasil belajar siswa di SD Swasta Latihan SPG YP HKBP pada pelajaran Pendidikan Bahasa Inggris. Untuk merespons hal itu maka kami melakukan sosialisasi yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan yang hendak dicapai pada sosialisasi ini antara lain: (1) Meningkatkan pemahaman siswa tentang kosakata, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan metode Kualitatif pada siswa. Sosialisasi ini dilakukan pada kelas III dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Sosialisasi ini mengukur seluruh ranah yang ada pada hasil belajar, yaitu: kognitif, afektif dan psikomotor. Hasil sosialisasi ini menunjukan peningkatan pada setiap ranah di tiap siklusnya. Dengan metode Kualitatif siswa mendapatkan pengalaman belajar langsung sehingga pembelajarannya lebih menarik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari data maka direkomendasikan kepada pada guru untuk menggunakan Metode Kualitatif dalam pembelajaran Pendidikan Bahasa Inggris untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Sosialisasi ini dilakukan untuk menunjukan perolehan hasil belajar siswa di SD Swasta Latihan SPG YP HKBP pada pelajaran Pendidikan Bahasa Inggris. Untuk merespons hal itu maka kami melakukan sosialisasi yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan yang hendak dicapai pada sosialisasi ini antara lain: (1) Meningkatkan pemahaman siswa tentang kosakata, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan metode Kualitatif pada siswa. Sosialisasi ini dilakukan pada kelas III dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Sosialisasi ini mengukur seluruh ranah yang ada pada hasil belajar, yaitu: kognitif, afektif dan psikomotor. Hasil sosialisasi ini menunjukan peningkatan pada setiap ranah di tiap siklusnya. Dengan metode Kualitatif siswa mendapatkan pengalaman belajar langsung sehingga pembelajarannya lebih menarik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari data maka direkomendasikan kepada pada guru untuk menggunakan Metode Kualitatif dalam pembelajaran Pendidikan Bahasa Inggris untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Amalia, R. (2023). Kesulitan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Pada Siswa Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(1), 288-294. DOI: https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7802

Maduwu, B. (2016). Pentingnya pembelajaran bahasa Inggris di sekolah. Majalah Ilmiah: Warta Dharmawangsa, (50). DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i50.207 Napitupulu, A. T., Simanjuntak, G. W., Silaban, L. P., Tampubolon, S. E., Sinaga, S. M., Br Simanjuntak, T. L., Herman, H., Munthe, M. V. R., Sitanggang, A., & Naibaho, W. (2023). Penggunaan Gambar Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Pada Peserta Didik Kelas V SD N 091288 Sibaganding. Beru’-beru’: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.31605/jipm.v2i1.2749 Santosa, I., Nurkhamidah, N., & Arianti, T. (2021). Tren pemanfaatan teknologi pembelajaran dalam pengajaran kosakata bahasa Inggris pada sekolah dasar. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 5(2), 72-84. DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.72-84

Siagian, C. B., Silaban, G. C., Marbun, E. M. Y., Purba, I. M., Panjaitan, A., Sirait, E. U. M., Purba, I. P., Herman, H., Sinurat, B., & Sibarani, I. S. (2023). Penggunaan “Fun With English” Dengan Metode Game Based Learning Untuk Melatih Kemampuan Kosakata Di SMMP Negeri 3 Pematangsiantar. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 1(2), 75–84. Retrieved from https://publikasi.abidan.org/index.php/pmsdu/article/view/54 Sihotang, E. D. I., Simanjuntak, N. S., Sinambela, A. T., Manurung, T. M., Lubis, T., Sirait, N. M., Herman, H., Situmorang, E., & HS, S. R. (2023). Sosialisasi Pentingnya Kemampuan Belajar Berbahasa Inggris Dimulai Usia Dini di SDN 098166 Perumnas BT VI. Benua Etam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 38–46. Retrieved from https://ta.pbi.umkt.ac.id/index.php/etam/article/view/90 Simatupang, G. E., Sinambela, R., Manurung, A. O. P., Anggraini, D. F., Purba, T. M., Herman, H., Saragih, S. T., Hasibuan, R., & Siahaan, S. H. (2023). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Lagu Bahasa Inggris di Kelas 4 SD Swasta GKPS 2 Pematang Siantar. Beru’-beru’: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 16-25. https://doi.org/10.31605/jipm.v2i1.2745 Thornbury, S. (2002). How to Teach Vocabulary. Harlow: Longman.

Published
2023-08-18
How to Cite
Ndraha, M., Naibaho, T., Purba, M., Siburian, G., Manurung, A., Silitonga, R., Herman, H., Sihombing, S., & Saragih, V. (2023). THE IMPORTANCE OF LEARNING ENGLISH “VOCABULARY” FOR ELEMENTARY SCHOOL AGE CHILDREN. Journal of Community Empowerment and Innovation, 2(3), 114-125. https://doi.org/10.47668/join.v2i3.992
Section
Articles