PENERAPAN SYPOKA (BUSYBOOK-POHON ANGKA) DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) AUTISME RIVERKIDS MALANG

Universitas Wisnuwardhana, Malang, Indonesia.

  • Fitria Khasanah Pendidikan, Teknologi Pembelajaran, Pendidikan Matematika Universitas Wisnuwardhana, Malang, Indonesia.
  • Dian Rokhmawati Universitas Wisnuwardhana, Malang, Indonesia.
  • Ruvita Iffahtur Pertiwi4 Universitas Wisnuwardhana, Malang, Indonesia.
Keywords: Numerasi; Sypoka; Busybook; Pohon Angka.

Abstract

Kemampuan literasi numerasi yang baik dapat dijadikan sebagai proteksi dalam menekan angka pengangguran, penghasilan rendah, dan Kesehatan yang buruk. Selain kemampuan, penguatan literasi dan numerasi dibutuhkan dalam semua aspek kehidupan sehari-hari baik di rumah, pekrejaan, maupun kehiudpan bermasyarakat. Salah satu upaya penguatan literasi dan numerasi di SLB adalah melalui kegiatan GLS. Salah satunya di SLB Autisme River Kids Malang. Dengan penerapan Sypoka (Busy Book – Pohon Angka) diharapkan dapat membantu sekolah dalam mendukung program Gerakan Literasi Sekolah sebagai penguatan Numerasi  dan Literasi. Dimana siswa  dapat melihat dan memegang secara langsung media pembelajaran yang diterapkan. Dalam metode pelaksanaan kegiatan terdiri dari beberapa Langkah kegiatan yang dilaksanakan, yaitu:     Perijinan  Kepada  kepala  Sekolah  SLB Autisme  River  Kids,  Observasi  dan  Penentuan Jadwal            Pelaksanaan yang disepakati Mitra, Persiapan Alat dan bahan yang untuk pembuatan Sypoka (Busybook-     Pohon       Angka), Pengembangan Sypoka,   Penerapan Sypoka Kepada Siswa,  Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan. Sypoka yang dibuat oleh guru dengan didampingi oleh tim Abdimas (Dosen dan mahasiswa) terdiri dari  1  cover,  bagian  pengenalan  angka,  dan bagian pengenalan huruf. Dimana secara keseluruhan sypoka terdeiri dari 10 halaman yang terdiri atas halaman cover dan 9 halaman materi. Disetiap halaman memiliki tujuan pembelajaran tersendiri.

References

https://www.smpn4kra.sch.id/2021/08/strategi-penguatan-numerasi-di- sekolah.html Panduan Penguatan Literasi & Numerasi di Sekolah Ditjen PAUD, Dikdas, & Dikmen Kemendikbud 2021.

Rakimahwati, dkk. 2018. Pelatihan Pembuatan Boneka Jari Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini di kecamatan Koto Kampung Dalam kabupaten Padang Pariaman Jurunal Pendidikan Vol. 2 No. 2b.

Rita Kurnia. 2017. Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Laboratorium Fkip Universitas Riau. Jurnal Educhild Vol. 6 No. 2

Husna, & Prasko. 2019. Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Gigi Dengan Menggunakan Media Busy Book Terhadap Tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut. Jurnal Kesehatan Gigi Vol 6

Prakarsi, Endah, Kasrono, Kasrono, & Dewi, Kusma, Nurul. 2020. Penggunaan Media Busy Book Untuk Mengembangkan Kemampuan Mengenal Pola Pada Anak Usia 4 -5 Tahun. Jurnal KUMARA CENDEKIA Vol.8 No. 2

Alfiyah dan Sri Joeda Andajani 2011. Peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangkan melaluipermainan pohon angka bagi siswa tunagrahita. Artikel jurnal.

Nur Latifah, Arie Supriyanto, Khusnul Laely 2011. Meningkatkan kemampuan mengenal bilangan melalui media pohon hitung flannel. Jurnal Universitas Muhamadiyah Magelang.

Published
2023-07-08
How to Cite
Khasanah, F., Rokhmawati, D., & Pertiwi4R. (2023). PENERAPAN SYPOKA (BUSYBOOK-POHON ANGKA) DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) AUTISME RIVERKIDS MALANG. Journal of Community Empowerment and Innovation, 2(1), 45-53. https://doi.org/10.47668/join.v2i1.957
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)