The Pemanfaatan Teknologi Informasi wisata Slumpring

Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia.

  • Rizki Prasetyo Tulodo Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia.
  • Agus Wibowo Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia.
  • Nur Tulus Ujianto Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia.
Keywords: Information Technology; Social Media; Tourism

Abstract

The development of the tourism sector has had a positive impact on economic development and the livelihoods of local communities. One type of tourism that has developed quite rapidly in recent years in Indonesia is a tourist village. Slumpring Tourism in Cempaka Village, Bumijawa has quite a lot of tourism potential, but it has not been optimally developed. Various aspects of the tourism business have been developed by the government and tourism actors to increase revenue in this sector. However, the current problem is that the existing tourism potential has not been mapped properly, and the use of Information Technology (IT) has not been optimal, especially the use of social media in tourism promotion. Therefore, in this community service activity, community involvement is carried out in mapping tourism potential, IT utilization training that emphasizes promotion through social media, as well as making a master plan as a basis for tourism development. The results of this activity are mapping tourism potential, information technology training and making a master plan for the development of Slumpring tourism in Cempaka Bumijawa Village

References

Andari, FR,; PI Santosa, dan WWWinarno, 2017,Analisis Kesiapan TIK Dewi Ayu dalam Implementasi Smart Tourism, Prosiding Seminar Nasional SENATIB 2017.

Arikunto, S. (2010). Manajemen penelitian. PT. Rineka Cipta.

Brian K. Williams dan Stacey C. Sawyer. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi 11ed. Pendidikan Tinggi McGraw-Hill. New York.

Budiarjo. 2017. Teknologi Informasi Komunikasi Kepariwisataan: Suatu Analisis Isi Pada Laman Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau. Public Spirit Volume 12, Nomor 1, April 2017

Burman, R., Dubey SK Roy, JP. Sharma, K. Vijayaragavan, V. Sangeetha, dan Ishwari Singh, 2013, Dinamika Informasi untuk Merancang Model Ekstensi Cyber untuk Pembangunan Pertanian, Jurnal Mobilisasi Masyarakat dan Pembangunan Berkelanjutan, Vol. 8, No. 2, hlm.182-185, Juli-Des 2013

Ferdiansyah, H., D.Suganda, E. Novianti, dan UL Khadijah, 2020, Penanganan Mitigasi Krisis Pariwisata Akibat Pandemi Covid-19 dalam Menghadapi Fase New Normal (Studi Kasus di Desa Wisata Nglanggeran Yogyakarta), Media Pengembangan Ilmiah Vol.15, No.3, hh. 4133-4140.

Peraturan Pemerintah no. 47 Tahun 1997. Tentang Rencana Tata Ruang Nasional Indonesia

Rahmat, H. (2019). Pengaruh promosi pariwisata terhadap minat wisatawan berkunjung ke Indonesia. Jurnal Perhotelan dan Pariwisata, 7(2), 117-127.

Hamzah Ritchi, Reza M. Zulkarnaen, Zulyan Dewantara and Yogi Prayogi. 2018. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Upaya Meningkatkan Aksesibilitas UKM (Desa Wisata) Terhadap Pasar Di Lokasi Wisata Pangandaran Dan Sekitarnya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2, No. 1, Februari 2018: 36 – 40

Kuswinardi, W. 2017. Pelatihan Pemanfaatan Web Tourism Sebagai Pendukung Implementasi Etourism Bagi Badan Pariwisata Di Kabupaten Banyuwangi. Prosiding Pengembangan Masyarakat. Jilid 1 (2017): 279-283; DOI:https://doi.org/10.30874/comdev.2017.33

Lestari, E., & Setiawan, MI (2015). Strategi promosi pariwisata Indonesia melalui media sosial sebagai alat pemasaran modern. Jurnal Pariwisata Terapan, 2(1), 49-60.

Mingkid, E. 2015. Pemanfaatan Media Komunikasi Promosi Pariwisata Oleh Pemerintah Kota Manado. Sosiohumaniora, Volume 18 No. 3 November 2015: 188 – 192

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2021). Rencana Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2020-2024. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Prayogo, D. (2018). Peran promosi dalam pengembangan pariwisata di Indonesia. Jurnal Pariwisata Terapan, 6(1), 52-62.

Rachmawati, D., & Sari, DP (2019). Analisis penggunaan media sosial dalam promosi pariwisata di Indonesia. Jurnal Perhotelan dan Pariwisata, 5(1), 1-11.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2010 tentang Badan Usaha Milik Desa, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia

Sari, DM, & Kartika, M. (2020). Pengaruh promosi pariwisata terhadap kunjungan wisatawan di Kabupaten Kudus. Jurnal Pariwisata dan Sains Terapan, 3(1), 25-34.

Sari, Humas, & Kurniawan, Y. (2017). Implementasi digital marketing dalam promosi pariwisata Indonesia. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 1(1), 65-76.

Setyawati, E., & Haryono, A. (2017). Analisis persepsi wisatawan terhadap promosi pariwisata Indonesia melalui media sosial. Jurnal Pariwisata Indonesia, 12(2), 182-194.

Suharto, T. (2013). Promosi Pariwisata Indonesia. Perpustakaan Utama Gramedia.

Rasyid, H. (2014). Strategi promosi pariwisata Indonesia di era globalisasi. Jurnal Studi Pariwisata, 2(1), 63-72.

Published
2023-07-13
How to Cite
Tulodo, R., Wibowo, A., & Ujianto, N. (2023). The Pemanfaatan Teknologi Informasi wisata Slumpring. Journal of Community Empowerment and Innovation, 2(2), 61-68. https://doi.org/10.47668/join.v2i2.913
Section
Articles