PENDAMPINGAN MAHASISWA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DALAM UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LITERASI DAN NUMERASI
Institut Seni Budaya Indonesia, Bandung, Indonesia.
Abstract
Kegiatan pengabdian ini mengenai pendampingan mahasiswa program Kampus Mengajar dalam upaya peningkatan pembelajaran literasi dan numerasi yang dilaksanakan di SDN Dukuh 1 Kecamatan Ciasem Kabupaten Subang. SDN Dukuh 1 merupakan sekolah sasaran program Kampus Mengajar Angkatan 3 yang memiliki permasalahan diantaranya adalah pembelajaran yang terdampak pandemi Covid-19, kurangnya guru dan staf administrasi, kurangnya sarana dan prasarana dan masih minimnya media pembelajaran. Kampus Mengajar salah satu kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan yaitu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek. Program ini melibatkan mahasiswa yang turun langsung melaksanakan kegiatan di sekolah yang didampingi oleh guru pamong sekolah dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Hasil program literasi dan numerasi yang sudah dilaksanakan mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa yang dapat dilihat berdasarkan hasil pre-test dan post-test AKM kelas. Adanya program kampus mengajar juga dapat memberikan perubahan yang baik bagi siswa, pihak sekolah dan mahasiswa.
References
Aeni, N. (2021). Pandemi COVID-19: Dampak Kesehatan, Ekonomi, & Sosial. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 17(1), 17–34. https://doi.org/10.33658/jl.v17i1.249
Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 52–58. https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.25916
Baharuddin, M. R., Sukmawati, S., & Christy, C. (2021). Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Pecahan. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 90–101.
Aeni, N. (2021). Pandemi COVID-19: Dampak Kesehatan, Ekonomi, & Sosial. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 17(1), 17–34. https://doi.org/10.33658/jl.v17i1.249
Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 52–58. https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.25916
Baharuddin, M. R., Sukmawati, S., & Christy, C. (2021). Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Pecahan. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 90–101.
Fahmi, A. R., & Nopianti, H. (2021). Pendampingan Mahasiswa Dalam Kegiatan Program Kampus Mengajar. Applicable Innovation of Engineering and Sciene Research, XIII, 27–28.
Hamzah, R. A. (2021). Pendampingan Program Kampus Mengajar Angkatan II Tahun 2021 di SDN 101 Inpres Ujung Kabupaten Maros. Aptekmas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 159–163.
Kemendikbud. (2022a). Buku Panduan Kampus Mengajar. Program Kampus Mengajar, 63.
Kemendikbud. (2022b). Buku Saku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Program Kampus Mengajar.
Mardaweni, R. (2023). Pendampingan Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Upaya Peningkatan Literasi dan Numerasi Siswa di SD Negeri Sodong II. Dimastek: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Teknologi, 3(1), 19–26.
Swatika Sari, E., & Pujiono, S. (2017). Budaya Literasi Di Kalangan Mahasiswa FBS UNY. LITERA, 16(1), 105–113.
Yanti, N., Hadi, A., Nasyuha, Setiawan, F., Lusiyanti, & Al Hafiz, A. (2023). Upaya Peningkatan Pembelajaran Siswa SDN 173324 Lumbanjulu Lintong Nihuta Lewat Program Kampus Mengajar. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).
Copyright (c) 2023 Teguh Gumilar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.