OPTIMALISASI PEMASARAN PRODUK UMKM DESA KAJANG MELALUI WEBSITE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN
Abstract
UMKM merupakan salah satu penopang perekonomian Indonesia, melalui UMKM semua aspek yang berkaitan dengan kehidupan manusia bersumber. Desa Kajang merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun. Desa Kajang memiliki beberapa produk unggulan UMKM yaitu molen, keripik tempe, untir-untir, kue kacang dan sambel pecel. Saat ini proses pemasaran produk UMKM masih dilakukan dengan cara konvensional yaitu melalui pasar desa dan pameran produk UMKM yang diadakan pemerintah Kabupaten Madiun. Strategi konvensional ini menjadi salah satu kendala dalam memasarkan sehingga produk UMKM Desa Kajang menjadi kurang dikenal secara luas. Berdasarkan kondisi diatas maka tujuan dilaksanakan kegiatan pengabdian ini adalah membuat website UMKM Desa Kajang dan memberikan pelatihan administrator website untuk mengoptimalkan pemasaran produk UMKM. Berdasarkan hasil evaluasi menunjukkan bahwa peserta pelatihan diatas 60% mampu menggunakan fitur-fitur yang dimiliki oleh website UMKM Kajang
References
Bukit, F. R. A., A.S, G. G., Irvan, I., & Fahmi, F. (2019). Pembuatan Website Katalog Produk UMKM Untuk Pengembangan Pemasaran dan Promosi Produk Kuliner. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(2), 229. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i2.4317
Christian, A., Hesinto, S., & Agustina, A. (2018). Rancang Bangun Website Sekolah Dengan Menggunakan Framework Bootstrap ( Studi Kasus SMP Negeri 6 Prabumulih ). Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 7(1), 22–27. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v7i1.278
Mariana Kristianti. (2015). Media pemasaran produk-produk unggulan UMKM di di kota Semarang. . . . Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM), 13(2), 186.
Nastiti, P., & Prima Negara, J. G. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Digital Sebagai Media Optimasi Marketing UMKM Paring Spirulina. Komatika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 07–11. https://doi.org/10.34148/komatika.v2i1.464
Retno, A., Hayati, T., Vista, C. B., Sabilla, W. I., Ed, H., & Asmara, R. A. (2022). Workshop Optimalisasi Digital Marketing Untuk Pelaku. 5(1).
Setiawan, I., Nirwan, S., & Amelia, F. M. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Marketplace Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Berbasis Web (Sub Modul : Pembelian). Jurnal Teknik Informatika, 10(3), 37–43.
Susilo, M. (2018). Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan), 2(2), 98–105. https://doi.org/10.30743/infotekjar.v2i2.171
Syarif, Birgantoro, B. A., Hermawan, A., Gani, M. A., Sugiyanto, S., & Maddinsyah, A. (2022). Optimalisasi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Makanan Dengan Pemanfaatan Whatsapp. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 54–66. https://doi.org/10.51805/jpmm.v2i1.56
Wahyudi, S. T., Rosalin, S., Septian, M. D., Laksono, S., Vokasi, P., Brawijaya, U., Ilmu, F., & Universitas, A. (2019). Awareness Produk UMKM Kabupaten Kediri Melalui Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, 2(2), 61–73.
Yaya, R., & Dananjoyo, R. (2022). Optimalisasi Kinerja Bumdes Dengan Penggunaan Website. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 1566–1577. https://doi.org/10.18196/ppm.44.900
Copyright (c) 2023 Sri Anardani, Kelik Sussolaikah, Muh.Nur Luthfi Azis, Vicky Aji Pamungkas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.