PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI MENDELEY DALAM MENULIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS

  • Indah Muzdalifah Lancang Kuning University
  • Elvira Asril
Keywords: Mendeley; Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Menulis telah menjadi bagian dan kewajiban dari seorang guru. Keahlian menulis merupakan salah satu empat skill yang harus dikuasai dalam ilmu Bahasa. Sehingga menulis sebuah penelitian menjadi kewajiban bagi seorang guru yang akan naik pangkat atau golongan. Dalam hal ini, telah menjadi syarat mutlak bagi guru yang mengurus kepangkatan ke golongan IVA untuk menulis sebuah penelitian Tindakan kelas. Namun banyak ditemukan permasalahan dilapangan, beberapa diantaranya guru yang enggan belajar menulis dikarenakan kurangnya pembiasaan dalam menulis karya ilmiahm banyak guru yang berdalih sudah berumur, hingga guru yang meminta bantuan joki untuk memudahkan pekerjaan mereka. Kegiatan ini memberikan solusi berupa penggunaan aplikasi Mendeley dalam menulis PTK. Metode kegiatan ini dilakukan dengan dua tahap yaitu teori berupa penjelasan tentang PTK dan aplikasi Mendeley dan praktik langsung dilapangan penggunaan Mendeley dalam menulis PTK. Adapun hasil yang ditemukan dalam kegiatan ini bahwa guru menyambut positif kegiatan penulisan PTK dengan menggunakan aplikasi Mendeley. Sehingga guru dapat terbantu dalam mengutip sumber dan referensi yang sering digunakan dalam penulisan karya tulis ilmiah khususnya PTK.

References

Afandi, M. (2014). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 1–19.

Hadi, A. R., & Saifudin, A. (2013). Bimbingan Penelitian Tindakan Kelas pada Guru-Guru SMP Negeri 1 Tulungagung. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 9–12.

Harared, N., & Iriyansah, M. R. (2021). Mendeley: Sitasi Dalam Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Bereputasi. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 381. https://doi.org/10.30651/aks.v5i3.3511

Harared, N., Wahyudi Utomo, F., Somba, S., Pendidikan Bahasa Inggris, cJurusan, & Bahasa, F. (2022). The Implementation Of The Three Missions Of Universities At Nasional University. Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(3), 160–165. https://edumediasolution.com/index.php/society

Hudriati, A., Rusdiah, Patak, A. A., & Basri, M. (2018). Assessing Indonesian University Students’ preferences on Mendeley reference manager for scientific writing. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 8(5), 2211–2218. https://doi.org/10.18517/ijaseit.8.5.6671

Iskandar, & Patak, A. A. (2019). The significance of Mendeley usage on the accuracy of citation and references. International Journal of Humanities and Innovation (IJHI), 2(4), 108–114. https://doi.org/10.33750/ijhi.v2i4.51

Nurwahyu, N., & Nafisah, S. (2021). Efektivitas Mendeley sebagai Software Bantu untuk Manajemen Referensi. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 5(1), 45–76. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v5i1.45-76

Patak, A. A., & Tahir, M. (2019). Avoiding plagiarism using mendeley in Indonesian higher education setting. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(4), 686–692. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i4.20268

Purba, A., Ananda, P., & Figna, H. P. (2022). SOSIALISASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU-GURU SMK AL-MAKSUM 2 PULAU KAMPAI. 3(1), 1–7.

Ramadhan, K., Hafid, F., & Nurfatimah, N. (2021). Dominasi Mendeley sebagai Manajer Referensi pada artikel Ilmiah di Indonesia. Publishing Letters, 1(1), 20–25. https://doi.org/10.48078/publetters.v1i1.6

Sihotang, H. T., Simangunsong, A., & Manurung, J. (2020). Bimbingan PTK Pada Guru-Guru SMP Se-Kelurahan Simalingkar B Medan Pendahuluan. 3(1), 26–30.

Soejoto, A., Fitrayati, D., Ghofur, M. A., Sholikhah, N., & Prakoso, A. F. (2017). Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (Ptk). Jurnal ABDI, 2(2), 51. https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p51-59

Sukanti, S. (2014). Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1786

Suswandari, M., Siwi, D. A., Mahendra, M., & Mulyati, S. (2020). Mendeley Dekstop Training For Improving Elementary School Teacher Competence In SDN 1 Wadunggates Klaten. International Journal of Public Devotion, 3(1), 14. https://doi.org/10.26737/ijpd.v3i1.1950

Verma, S. (2021). Evaluating the Association between Citation Counts and Mendeley Readership: A Case Study of Highly Cited Papers in E-Learning. Journal of Indian Library Association, 57(3). https://www.ilaindia.net/jila/index.php/jila/article/view/691

Published
2022-11-12
How to Cite
Muzdalifah, I., & Asril, E. (2022). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI MENDELEY DALAM MENULIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Journal of Community Empowerment and Innovation, 1(2), 76-89. https://doi.org/10.47668/join.v1i2.613
Section
Articles