PENERAPAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS GAME BLOOKET TINGKAT SD/MI DI DESA TREBUNGAN

  • Tri Astindari STKIP PGRI Situbondo
  • Raudatul Jannah STKIP PGRI Situbondo, Indonesia
  • Wahidi Muhtar STKIP PGRI Situbondo, Indonesia
  • Shinta Noviana Dewi STKIP PGRI Situbondo, Indonesia
  • Moh. Aditia STKIP PGRI Situbondo, Indonesia
Keywords: pembelajaran inovatif, game blooket, pembelajaran interaktif, media pembelajaran

Abstract

Dalam era digital, pembelajaran interaktif mengalami transformasi signifikan dengan integrasi teknologi dalam proses belajar mengajar. Melalui observasi awal dari satu SD dan satu MI desa Trebungan dan dari hasil pengamatan, kami menemukan tantangan bahwa penerapan dalam proses pembelajaran mayoritas masih menggunakan media papan tulis dan buku, yang membuat siswa kurang aktif dan cepat bosan, adapun tujuan dari pengabdian ini adalah , yang pertama untuk mengetahui apakah game blooket ini layak untuk di terapkan di sekolah dasar, yang ke dua untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran inovatif berbasis game blooket ini. Adapun sasaran media pembelajran ini yaitu ditujukan untuk sekolah dasar, untuk sasaran utamanya adalah guru dan siswa, untuk jumlah peserta dalam sosialisasi media pembelajaran inovatif berjumlah 9 orang. Kami menggunakan metode sosialisasi dan pelatihan yang bertujuan untuk membantu guru mengenal dan menerapkan media pembelajaran yang menarik untuk diterapkan pada peserta didik mereka. Dari hasil sosialisasi kami menyimpulkan bahwa tingkat ketertarikan mayoritas guru menunjukkan ketertarikan yang tinggi terhadap penggunaan Blooket, menganggapnya sebagai alat yang inovatif dan menarik yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran

References

Al-Azawei, A., Parslow, P., & Lundqvist, K. (2019). Barriers and Opportunities of E-Learning Implementation in Iraq: A Case of Public Universities. The International Review of Research in Open and Distributed Learning, 20(5), 42-58.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasan, S., Hashim, I., & Smith, M. J. (2020). The Use of Digital Technologies in Education: The Complexity of Teachers’ Everyday Practice. Learning, Media and Technology, 45(1), 64-77.

Nugroho, F. H., & Romadhon, S. (2022). ‘Minat Peserta Didik MTsN 3 Banyuwangi dalam Gim Blooket pada Pembelajaran Bahasa Indonesia’. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 10(2), 153-162.

Nurdyansyah, Nurdyansyah (2019) Media Pembelajaran Inovatif. Umsida Press, pp. 1-2. ISBN 978-602-5914-71-3

Sardiman A.M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.

Susanti, L. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi. Elex Media Komputindo.

Uno, H. B. (2021). Teori motivasi dan pengukurannya. Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.

Published
2024-07-19
How to Cite
Astindari, T., Jannah, R., Muhtar, W., Dewi, S., & Aditia, M. (2024). PENERAPAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS GAME BLOOKET TINGKAT SD/MI DI DESA TREBUNGAN. Journal of Community Empowerment and Innovation, 3(2), 64 - 72. https://doi.org/10.47668/join.v3i2.1372
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)