EMPOWERMENT OF KEDUNGDOWO VILLAGE YOUTH THROUGH TRAINING IN MAKING BOUQET SNACKS AND DIGITAL MARKETING TO INCREASE SKILLS AND REDUCE UNEMPLOYMENT

PEMBERDAYAAN REMAJA DESA KEDUNGDOWO MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN BOUQET SNACK DAN PEMASARAN SECARA DIGITAL UNTUK MENAMBAH KETERAMPILAN DAN MENGURANGI PENGANGGURAN

  • Indah Yana STKIP PGRI Situbond, Indonesia
  • Siti Dwi Amriani STKIP PGRI SITUBONDO
  • Peggy Ayu Sabella STKIP PGRI SITUBONDO
  • Mathori Mathori STKIP PGRI SITUBONDO
Keywords: bouquet snack, pemasaran Digital, Kewirausahaan

Abstract

Bouquet snack merupakan rangkaian makanan ringan yang dihias dan dirangkai lebih menarik dan menyerupai seperti bouquet bunga pada umumnya. Kurangnya kemampuan dalam membuat kerajinan bouquet yang memiliki nilai jual serta pemasaran produknya, menjadi kendala yang dihadapi. Selain itu, pemanfaatan limbah kertas di lingkungan Desa Kedungdowo juga belum maksimal. Kegiatan pemberdayaan dan pelatihan pembuatan bouquet snack kepada remaja putri desa Kedungdowo yang selaras dengan tujuan desa yakni desa digital menjadi salah satu solusi atas permasalahan yang dihadapi sehingga diharapkan dapat menjadi peluang usaha yang dapat menambah pendapatan keluarga. Metode pada pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan pemaparan materi tentang kewirausahaan, pemasaran di era digital serta praktek langsung pembuatan bouquet snack. Hasil dari kegiatan ini adalah, adanya peningkatan kemampuan dalam membuat kerajinan bouquet snack, inovasi baru serta bertambahnya kemampuan dalam pemilihan media digital untuk memasarkan produk.

References

Ashary, L. (2016). Optimalisasi Pemberdayaan Karang Taruna Dalam Pengembangan Desa Silomukti Kabupaten Situbondo. Optimalisasi Pemberdayaan Karang Taruna Dalam Pengembangan Desa Silomukti Kabupaten Situbondo, 725–738.

Pkk, P. (2023). PEMBERDAYAAN IBU-IBU PKK KELURAHAN TOMANG MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN BOUQUET SNACK DAN PEMASARAN SECARA DIGITAL. 7, 752–757.

Ridwan, Muh. I., Asfar, A. M. I. T., Erwing, & Jamaluddin. (2020). Pelatihan Pembuatan Buket Bunga dan Snack Sebagai Kado Wisuda. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 2, 51–58.

Nurhosen, N., Sayyinul, S., Iskandar, R., Balqis, M., & Surur, M. (2024). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 2(2), 81-96.

Santika, D. (2022). Pemberdayaan Remaja Putri Melalui Pelatihan Tata Rias Kecantikan Di Kelurahan Malimongan Tua Kecamatan Wajo Kota Makassar. 1–10.

Sukmasetya, P., Apriyani, H., Wahyuni, T., Wulan, B. S., Nugroho, W., & Ardiyansah, A. H. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Digital Branding dan Digital Marketing Pada Kuliner Kampung Kali Paremono. Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 4(3), 322–328.

Surur, M., Rakhman, F., Rahmawati, W. K., Yana, I., & Warda, W. (2023). PELATIHAN PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI MISALAFIYAH SYAFI’IYAH AL-AMIEN RAJEKWESI KENDIT SITUBONDO. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2690-2697.

Surur, M., Sugianto, R., Jannah, S., & Udzri, K. R. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1), 85–98.

Yuhertiana, I., Pranoto, S., & Priono, H. (2015). Perilaku disfungsional pada siklus penganggaran pemerintah: Tahap perencanaan anggaran. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, 19(1), 25–38. https://doi.org/10.20885/jaai.vol19.iss1.art3

Published
2024-05-02
How to Cite
Yana, I., Amriani, S., Sabella, P., & Mathori, M. (2024). EMPOWERMENT OF KEDUNGDOWO VILLAGE YOUTH THROUGH TRAINING IN MAKING BOUQET SNACKS AND DIGITAL MARKETING TO INCREASE SKILLS AND REDUCE UNEMPLOYMENT. Journal of Community Empowerment and Innovation, 3(1), 24 -32. https://doi.org/10.47668/join.v3i1.1231
Section
Articles