Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Produk di Bebeke Om Aris Cabang Bogor

  • Ikhsanti Nuru Dinnisa Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor
  • Syifa Az Zahra Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor
  • Intan Nurmaharani Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor
  • Salma Maulida Ahda Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor
  • Ade Trisna Iswanda Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor
  • Ahmad Rifqi Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor
  • Khoirul Aziz Husyairi Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor
  • Tina Nur Ainun Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor
Keywords: kepuasan konsumen, kualitas produk, Bebeke Om Aris

Abstract

This study analyze consumer satisfaction with product quality at the 'Bebeke Om Aris' restaurant in Bogor.  The analytical method used is Importance Performance Analysis (IPA) and Cartesian diagrams. Respondents used were 96 respondents with the convenience sampling method. The results showed that the highest consumer satisfaction was found in the display attribute of food presentation with a conformity level of 98.99%.  The lowest consumer satisfaction is found in the texture attribute of the duck that is not tough with a suitability level of 80.67%. Quadrant A shows important attributes but not as expected by consumers which is the delicious aroma of food.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, L. D., Daeranto, P., & Ikasari, D. M. (2015). Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index the Analysis of Consumer Perception Used Importance Performance Analysis Method and. Jurnal Industri, 4(2), 74–81.

Astuti, D.P., Mulyono, K.B., & Rahman, Y.A. (2021). Proceedings of the 4th International Conference on Economics, Business and Economic Education Science, ICE-BEES 2021, 27-28 July 2021, Semarang, Indonesia: Ice-Bees 2021. Semarang: EAI Publishing.

Doloksaribu, Y., Indriani, Y., & Kalsum, U. (2016). Sikap, Kepuasan, Dan Loyalitas Konsumen Produk Olahan Bebek (Kasus Di Rumah Makan Bebek Belur Di Bandar Lampung). Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 4(3), 101886.

Faradiba, F., & Tri Astuti, S. R. (2013). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN (Studi pada Warung Makan “Bebek Gendut” Semarang). Diponegoro Journal of Management, 0, 59-69. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/3206

Haryanto, R. A. (2013). strategi promosi, kualitas produk, kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada restoran mcdonaldâ€TM s manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4).

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182.

Iswari, I. A. I. M., Wiranatha, A. A. P. A. S., & Satriawan, I. K. (2015). Analisis kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan dan jasa dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (studi kasus di Restoran Warung Subak, Peguyangan Denpasar). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri, 3(3), 51–60.

Kurniati, E., Silvia, E., & Efendi, Z. (2016). Analisis kepuasan konsumen terhadap kue baytat Bengkulu. Jurnal Teknologi Dan Industri Pertanian Indonesia, 8(2), 67–75.

Liliani, P. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Makanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Behavioral Intention Restoran Top Yammie. Jurnal Bina Manajemen, 8(2), 18–48. https://doi.org/10.52859/jbm.v8i2.85

Mandasari, D., Mulyani, S., & Sadyasmara, C. A. B. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Dan Pelayanan Mangsi Grill and Coffee Denpasar. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 7(3), 336.

Mustakim, S. A. (2019). Analisis Pengaruh Word Of Mouth, Brand Awareness Dan Region Of Origin Terhadap Keputusan Pembelian Di Warung Lesehan Bebek Goreng Asli Gunung Kidul. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Perbankan), 5(1), 20–29. https://doi.org/10.21070/jbmp.v5i1.1893

Ningsi, B. A. (2018). Analisis Kepuasan Pelanggan Atas Kualitas Produk dan Pelayanan Dengan Metode SEM-PLS. Jurnal Statistika Dan Aplikasinya, 2(2), 8–16.

Pranata, M. N., Hartiati, A., & Sadyasmara, C. A. B. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Produk dan Pelayanan di Voltvet Eatery and Coffee menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri ISSN, 2503, 488X.

Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 127–146. https://doi.org/10.36406/jam.v16i01.271

Shabrina, N., Darmadi, D., & Sari, R. (2020). Pengaruh Motivasi dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV. Muslim Galeri Indonesia. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 3(2), 164–173. https://doi.org/10.33753/madani.v3i2.108

Siregar, S. (2017). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Siyamto, Y. (2017). Kualitas Pelayanan Bank Dengan Menggunakan Metode IPA Dan CSI Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam Vol., 14(1), 63–76.

Wahyuni, D., Andiny, I. S., Wahdini, M., Rahmadina, S., & Putra, R. B. (2022). Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk dan Pelayanan Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Resto Dan Cafe Bebek Sawah Padang. Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 1–4.

Yola, M., & Budianto, D. (2016). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan dan Harga Produk pada Supermarket dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Optimasi Sistem Industri, 12(1), 301. https://doi.org/10.25077/josi.v12.n1.p301-309.2013

Yunitasari, E., Triningsih, A., & Pradanie, R. (2020). Analysis of Mother Behavior Factor in Following Program of Breastfeeding Support Group in the Region of Asemrowo Health Center, Surabaya. NurseLine Journal, 4(2), 94. https://doi.org/10.19184/nlj.v4i2.11515

Published
2023-06-29
How to Cite
Dinnisa, I., Zahra, S., Nurmaharani, I., Ahda, S., Iswanda, A., Rifqi, A., Husyairi, K., & Ainun, T. (2023). Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Produk di Bebeke Om Aris Cabang Bogor. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(3), 948 - 960. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i3.919
Section
Articles