Keunggulan dan Kelemahan Manajemen Mutu Pembelajaran di SMA Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya
Abstract
Tujuan pembahasan ini adalah untuk menemukan keunggulan dan kelemahan manajemen mutu pembelajaran yaitu: (1) Perencanaan pembelajaran, (2) Pelaksanaan pembelajaran dan (3) Evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah mixmethod sequential explanatory. Penelitian dilakukan secara secara berurutan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Sitiung, Kabupaten Dharmasraya. Subjek penelitian meliputi; Kepala Sekolah, 4 orang Wakil Kepala Sekolah dan 49 orang guru. Teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakan angket kemudian dianalisis menggunakan persentase Manajemen Mutu Pembelajatran (MMP). Teknik pengumpulan data kualitatif dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan data collection (triangulasi data), reduksi data, data display (penyajian data), dan conclusion (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian, deskripsi keunggulan dan kelemahan manajemen mutu pembelajaran. Keunggulan komponen perencanaan; pada sub komponen persiapan penyusunan perangkat pendukung pembelajaran, penyusunan silabus, persiapan bahan ajar dengan mengadakan workshop KTSP. Lemah pada sub komponen; penyusunan RPP, sumber belajar, menyiapkan alat evaluasi, menyiapkan format penilaian. Keunggulan komponen pelaksanaan; pada sub komponen pembelajaran aktif dan efektif, ada literasi dalam proses, pembelajaran nyaman, aman, dan bersih. Lemah pada sub komponen; belum menggunakan strategi/metode pembelajaran, belum mengaitkan materi ajar dengan kontek siswa, belum optimal memanfaatkan sarana/prasarana. Keunggulan komponen evaluasi; telah maksimal melakukan evaluasi proses pembelajaran. Lemah pada sub komponen pemahaman tentang pentingnya penilaian (sikap, pengetahuan, dan keterampilan), kurangnya pelaksanaan remedial dan pengayaan karena kurangnya waktu, kurangnya pemahaman tentang tujuan melaksanakan evaluasi hasil belajar. Direkomendasikan untuk penelitian selanjutnya tentang strategi peningkatan manajemen mutu pembelajaran.
Downloads
References
Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 55–65. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12197
Ebook:, R., & Kampungsunnah.org. (2013). tafsirfull-light Ibnu katsir تفسير القرآن العظيم.
Fadillah, R., Surur, M., Elfrianto, Roziqin, A. K., Suhaili, A., Handayani, R. A., Mufid, A., Purwanto, A., Muhajir, & Fahmi, K. (2020). the influence of leadership style on innovation capabilities of islamic school teachers in organizational learning perspective during covid-19 pandemic. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(7). https://doi.org/10.31838/srp.2020.7.83
Fahmi, A., & Haedari, A. (2020). Strategi Peningkatan Mutu Madrasah Melalui Manajemen Berbasis Madrasah di MI Swasta Al Wasliyah Sumber. Edulead : Journal of Education Management, 2(2), 1–13.
Handayani, T., & Rasyid, A. A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 264–277. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6342
Harahap, T. K., Issabella, C. M., Hasibuan, S., Yusriani, Y., Hasan, M., Musyaffa, A. A., Surur, M., & Ariawan, S. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan. TAHTA MEDIA GROUP.
Herawan, E., & Suryadi, S. (2019). Efektivitas Manajemen Mutu Pembelajaran Guru Bidang Produktif di Sekolah Menengah Kejuruan. Pedagogia, 17(1), 55. https://doi.org/10.17509/pdgia.v17i1.13980
Hidayah, I., & Sugiarto. (2015). Model of Independent Working Group of Teacher and its Effectiveness towards the Elementary School Teacher’s Ability in Conducting Mathematics Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 214(June), 43–50. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.591
Kemendikbudristek. (2021). Nomor Sekolah / Madrasah dan Badan Akreditasi. KRITERIA DAN PERANGKAT AKREDITASI PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH.
Kurniawati, W. (2021). Desain Perencanaan Pembelajaran. An-Nur Ilmu Pendidikan Islam, 7(1), 1–10.
Mulyasa, H. E. (2019). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah (7th ed.). PT Bumi Aksara.
Nurlailiyah, S. (2019). Manajemen Mutu Pembelajaran Di Sd Kreatif Muhamadiyah Gombong Kebumen. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 4(2), 45–67.
Nurpina, S. (2016). Pengaruh Penghargaan (Reward) Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Kerja Guru Sma Negeri Di Kabupaten Sukabumi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 1337. https://doi.org/10.21009/jmp.07205
Priyatna, M. (2017). Manajemen Pembelajaran Program Program Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI). Jurnal Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 17–38.
Safrul, S., Doho, Y. D. B., Ghazali, A., & Surur, M. (2021). The Managerial Ability of the Principal in Improving Teacher Motivation and Performance. … Institute (BIRCI-Journal) …, 9113–9121. http://bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/2911f
Solikah, A. (2015). Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Unggulan (1st ed.).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi (Y. Yuniarsih, Ed.; 1st ed.). CV Alfabeta.
Sumartana. (2016). Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dalam Melaksanakan Supervisi Akademik. Manajer Pendidikan, 10(2), 194–199. https://doi.org/10.23917/varidika.v31vi2i.10218
Surur, M. (2021). Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Teori dan Implementasi. In PERENCANAAN PEMBELAJARAN (p. 39).
Copyright (c) 2023 Rini Susila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal allows anyone to compose, correct, and do derivative works, even for commercial purposes, as long as they credit for the original work. This license is the freest. It is recommended for maximum distribution and use of licensed material.
The submitted paper is assumed not to contain any proprietary materials that are not protected by patent rights or patent applications; The responsibility for technical content and protection of proprietary materials rests with the authors and their organizations and not the responsibility of journal or its editorial staff. The primary (first/appropriate) author is responsible for ensuring that the article has been viewed and approved by all other authors. The author's responsibility is to obtain all necessary copyright waivers to use any copyrighted material in the manuscript before submission.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share a copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt a remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.