Keunggulan dan Kelemahan Manajemen Mutu Pembelajaran di SMA Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya

  • Rini Susila Universitas Islam Negegri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia
Keywords: Keunggulan, Kelemahan, Manajemen Mutu Pembelajaran

Abstract

Tujuan pembahasan ini adalah untuk menemukan keunggulan dan kelemahan manajemen mutu pembelajaran yaitu: (1) Perencanaan pembelajaran, (2) Pelaksanaan pembelajaran dan (3) Evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah mixmethod sequential explanatory. Penelitian dilakukan secara secara berurutan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Sitiung, Kabupaten Dharmasraya. Subjek penelitian meliputi; Kepala Sekolah, 4 orang Wakil Kepala Sekolah dan 49 orang guru. Teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakan angket kemudian dianalisis menggunakan persentase Manajemen Mutu Pembelajatran (MMP). Teknik pengumpulan data kualitatif dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan data collection (triangulasi data), reduksi data, data display (penyajian data), dan conclusion (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian, deskripsi keunggulan dan kelemahan manajemen mutu pembelajaran. Keunggulan komponen perencanaan; pada sub komponen persiapan penyusunan perangkat pendukung pembelajaran, penyusunan silabus, persiapan bahan ajar dengan mengadakan workshop KTSP. Lemah pada sub komponen; penyusunan RPP, sumber belajar, menyiapkan alat evaluasi, menyiapkan format penilaian. Keunggulan komponen pelaksanaan; pada sub komponen pembelajaran aktif dan efektif, ada literasi dalam proses, pembelajaran nyaman, aman, dan bersih. Lemah pada sub komponen; belum menggunakan strategi/metode pembelajaran, belum mengaitkan materi ajar dengan kontek siswa, belum optimal memanfaatkan sarana/prasarana. Keunggulan komponen evaluasi; telah maksimal melakukan evaluasi proses pembelajaran. Lemah pada sub komponen pemahaman tentang pentingnya penilaian (sikap, pengetahuan, dan keterampilan), kurangnya pelaksanaan remedial dan pengayaan karena kurangnya waktu, kurangnya pemahaman tentang tujuan melaksanakan evaluasi hasil belajar. Direkomendasikan untuk penelitian selanjutnya tentang strategi peningkatan manajemen mutu pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 55–65. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12197

Ebook:, R., & Kampungsunnah.org. (2013). tafsirfull-light Ibnu katsir تفسير القرآن العظيم.

Fadillah, R., Surur, M., Elfrianto, Roziqin, A. K., Suhaili, A., Handayani, R. A., Mufid, A., Purwanto, A., Muhajir, & Fahmi, K. (2020). the influence of leadership style on innovation capabilities of islamic school teachers in organizational learning perspective during covid-19 pandemic. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(7). https://doi.org/10.31838/srp.2020.7.83

Fahmi, A., & Haedari, A. (2020). Strategi Peningkatan Mutu Madrasah Melalui Manajemen Berbasis Madrasah di MI Swasta Al Wasliyah Sumber. Edulead : Journal of Education Management, 2(2), 1–13.

Handayani, T., & Rasyid, A. A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 264–277. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6342

Harahap, T. K., Issabella, C. M., Hasibuan, S., Yusriani, Y., Hasan, M., Musyaffa, A. A., Surur, M., & Ariawan, S. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan. TAHTA MEDIA GROUP.

Herawan, E., & Suryadi, S. (2019). Efektivitas Manajemen Mutu Pembelajaran Guru Bidang Produktif di Sekolah Menengah Kejuruan. Pedagogia, 17(1), 55. https://doi.org/10.17509/pdgia.v17i1.13980

Hidayah, I., & Sugiarto. (2015). Model of Independent Working Group of Teacher and its Effectiveness towards the Elementary School Teacher’s Ability in Conducting Mathematics Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 214(June), 43–50. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.591

Kemendikbudristek. (2021). Nomor Sekolah / Madrasah dan Badan Akreditasi. KRITERIA DAN PERANGKAT AKREDITASI PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH.

Kurniawati, W. (2021). Desain Perencanaan Pembelajaran. An-Nur Ilmu Pendidikan Islam, 7(1), 1–10.

Mulyasa, H. E. (2019). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah (7th ed.). PT Bumi Aksara.

Nurlailiyah, S. (2019). Manajemen Mutu Pembelajaran Di Sd Kreatif Muhamadiyah Gombong Kebumen. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 4(2), 45–67.

Nurpina, S. (2016). Pengaruh Penghargaan (Reward) Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Kerja Guru Sma Negeri Di Kabupaten Sukabumi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 1337. https://doi.org/10.21009/jmp.07205

Priyatna, M. (2017). Manajemen Pembelajaran Program Program Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI). Jurnal Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 17–38.

Safrul, S., Doho, Y. D. B., Ghazali, A., & Surur, M. (2021). The Managerial Ability of the Principal in Improving Teacher Motivation and Performance. … Institute (BIRCI-Journal) …, 9113–9121. http://bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/2911f

Solikah, A. (2015). Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Unggulan (1st ed.).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi (Y. Yuniarsih, Ed.; 1st ed.). CV Alfabeta.

Sumartana. (2016). Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dalam Melaksanakan Supervisi Akademik. Manajer Pendidikan, 10(2), 194–199. https://doi.org/10.23917/varidika.v31vi2i.10218

Surur, M. (2021). Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Teori dan Implementasi. In PERENCANAAN PEMBELAJARAN (p. 39).

Published
2023-05-29
How to Cite
Susila, R. (2023). Keunggulan dan Kelemahan Manajemen Mutu Pembelajaran di SMA Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(3), 840 - 863. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i3.880
Section
Articles