PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL JADID MLANDINGAN SITUBONDO

  • Winarto Winarto STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Kemajuan Zaman Milenium tehknoligi sangat mempengaruhi reformasi ilmu pendidikan dan pengajaran, sehingga menjadi pemikiran para ahli di bidang pendidikan dan pengajaran untuk memenuhi harapan masyarakat yang begitu maju. Berfungsinya pendidikan nasional untuk mengembangkan keterampilan dan membentuk jaman. Dan peradaban martabat bangsa dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa (UU No. 20 Tahun 2003). Tujuan peneliti adalah 1. Untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran Kooperatif Talking Stick pada mata pelajaran IPS (Ekonomi) kelas VII tahun pelajaran 2011/2012 2. Mengetahui penyajian ketuntasan siswa MTs Nurul Jadid Mlandingan Situbondo dalam pembelajaran model kooperatif. Kelas VII Tongkat Berbicara pada mata pelajaran IPS (ekonomi) tahun 2011/2012. Responden survei siswa MTs Nurul Jadid Mlandingan Situbondo kelas VII sanpling dipilih secara purposif. Data dikumpulkan dalam bentuk Ulangan Harian I dan II serta wawancara yang dilakukan selama masa penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto Suharsini. 2006 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Situbondo
http ://blogspot.com/2009/10/metode pembelajaran. Diakses pada tanggal 13 Nopember 2010
J. Mapes James. 2006. Quantum Leap Thinking. Surabaya. Surabaya: Ikon Teralitera
J. Moleong Lexy.2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nur Wahyudi Rohmadi. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: CV Arya Duta
Nursalam, 2007. Strategi Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Resum Materi. Situbondo
Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana
Sudrajat, Akhmad. Peran Guru Dalam Proses Pendidikan. (Online). (http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/11/06/peran-guru-dalam-proses-pendidikan/, diakses pada tanggal 10 Oktober 2008)
Suherman, Erman. Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. (Online)(http://pkab.wordpress.com/2008/04/29/model-belajar-dan-pembelajaran berorientasi-kompetensi-siswa/, Diakses pada tanggal 11 Nopemeber 2010)
Syaiful Bahri, Djamara, dan Zain, Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Tirtarahardja, Umar. 2007. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif dan Progesif. Jakarta: Prenata Media
Zainab Aqib. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Yrama Widja
Published
2013-07-20
How to Cite
Winarto, W. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL JADID MLANDINGAN SITUBONDO. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 1(1), 45-66. Retrieved from https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/PKWU/article/view/85
Section
Articles